7 Pengertian Metode Karyawisata Menurut Para Ahli

By | Juli 8, 2020

Metode karyawisata merupakan cara belajar yang menyenangkan karena kita bisa belajar di luar sekolah sehingga mendapat pengalaman baru. Sebagai contoh penuis pernah mengikuti pembelajaran karyawisata di sebuah pabrik teknologi untuk melihat proses pembuatan mesin dan aplikasi. Namun sebenarnya apasih pengertian metode karyawisata?, berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

pengertian metode karyawisata
metode karyawisata via safariwest.com

Pengertian metode karyawisata menurut para ahli

Berdasarkan pendapat Basyiruddin Usman (2002: 53), metode karyawisata mengajak siswa pergi keluar sekolah untuk belajar berkaitan dengan pokok bahasan.

Menurut pendapat Nana (2005: 87), metode field trip yakni metode mengajar dimana berbeda dengan wisata pada umumnya dikarenakan dalam karyawisata, peserta didik keluar sekolah dalam rangka belajar.

Baca Juga: pengertian metode ceramah menurut ahli

Menurut pendapat Pupuh (2007: 62), menjelaskan bahwa metode karyawisata yakni mengajak siswa atau peserta didik keluar sekolah untuk tujuan belajar secara langsung dan bukan rekreasi.

Berdasarkan pendapat Roestiyah (2001: 85), metode karyawisata atau field trip adalah cara mengajar dimana peserta didik diajak keluar sekolah misalnya ke pabrik, bengkel, peternakan, perkebunan ataupun tempat lain untuk mempelajari sesuatu secara langsung.

Menurut pendapat Syaiful Sagala ( 2006: 214), metodekarya wisata merupakan pesiar yang dilakukan oleh siswa untuk tujuan pengalaman belajar hal tertuntu yang sesuai dengan kurikulum sekolah.

Berdasarkan pendapat Winarno (1980: 115), metode karyawisata adalah metode belajar dengan mengajak peserta didik kesuatu tempat dengan tujuan untuk belajar. Jadi metode ini berbeda dengan wisata atau tamasya karena tujuannya untuk tugas belajar.

Berdasarkan pendapat Zakiyah Daradjat (1996: 164), metode karyawisata merupakan kunjungan siswa keluar sekolah dengan tujuan tempat tertentu yang mana terkait dengan kegiatan dalam rangka mencapai mencapai tujuan pendidikan.

Baca Juga  5 Pengertian Metode Ceramah Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Dari berbagai pendapat diatas maka dapat ditegaskan bahwa metode karyawisata atau field trip  merupakan cara dalam mengajar dimana guru mengajak peserta didik atau siswa mengunjungi tempat diluar sekolah untuk tujuan belajar.

Tempat yang bisa dikunjungi seperti pabrik, peternakan, perkebunan, bengkel, kebun binatang, tempat wisata bersejarah dengan tujuan utama mencari ilmu yang terkait dengan kurikulum.

Baca Juga: pengertian metode drill menurut ahli.

Daftar Pustaka:

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Pupuh Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Winarno. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. Jakarta: PT Gramedia.

Zakiyah Daradjat. 1996. Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Demikianlah pengertian metode karyawisata semoga dapat menambah informasi bagi anda dan bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang metode pembelajaran seperti pengertian metode demonstrasi.

Anda juga dapat membaca artikel lainnya tentang pendidikan di blog ini. Penulis juga mempersilahkan bagi anda yang ingin membagikan artikel ini kepada orang lain, namun jangan lupa untuk menyertakan sumber yakni blog ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *