6 Pengertian Metode Problem Solving (pemecahan Masalah) menurut ahli

By | Juni 26, 2021

Pengertian metode problem solving atau di Indonesia dikenal dengan istilah metode pemecahan masalah merupakan salah satu cara pembelajaran dimana peserta didik aktif mencari penyelesaian masalah yang disajikan dan diselesaikan menggunakan langkah yang ilmiah. Pada metode ini peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran.

Berikut ini pengertian lainnya mengenai metode problem solving yang dijelaskan oleh beberapa ahli berikut ini.

Metode Problem Solving

Pengertian Metode Problem Solving
Anak sedang berfikir via greenchildmagazine.com

Martinis Yamin, (2008:164), menjelaskan pengertian metode pemecahan masalah yakni metode yang memancing peserta didik berfikir dan memakai pengetahuan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh peserta didik. Disini guru hanya melihat arah pikiran yang disampaikan peserta didik maupun motivasi peserta didik dalam mengeluarkan pendapat dan guru wajib menghargai apa yang disampaikan peserta didik.

Baca Juga: Pengertian metode role playing menurut ahli

Nurul Ramadhani Makarao, (2009:164), menjelaskan pengertian metode Problem Solving merupakan cara mengajar yang mengarah pada pencarian secara logis/masuk akal, kritis, dan analitis menuju suatu kesimpulan yang meyakinkan. Metode ini menitik beratkan pada terpecahkannya masalah secara logis, tepat, serta rasional.

Syaiful Bahri Djamarah, (2010: 91) berpendapat bahwa metode problem solving (pemecahan masalah) tidak hanya sekedar metode mengajar namun juga lebih kepada suatu metode berfikir, karena dalam metode ini bisa memakai metode yang lainnya, dimulai dari pencarian data hingga tahap menarik kesimpulan.

Utomo Dananjaya, (2013: 129) menjelaskan mengenai Metode Problem Solving yakni usaha peningkatan hasil dengan proses yang ilmiah untuk menilai, menganalisa, serta memahami keberhasilan. Maka dari itu, untuk menyelesaikan suatu permasalah seseoranag harus membiasakan berpikir secara mandiri.

Wina Sanjaya, (2006: 214) menguraikan metode pemecahan masalah atau problem solving yakni sebagai rangkaian kegiatan pengajaran yang lebih menekankan pada proses penyelesaian suatu masalah yang ditemui secara ilmiah

Baca Juga  5 Tips Membuat Presentasi Power Point Untuk Sidang (Ujian) Skripsi

W.Gulo, (2002:111) menguraikan pengertian metode Problem Solving yakni suatu metode yang mengajarkan penyelesaian masalah melalui pemberian penekanan pada selesainya suatu masalah dengan menalar.

Demikian pengertian metode pemecahan masalah, semoga bermanfaat dan menambah informasi anda. Baca juga artikel lainnya mengenai pendidikan di situs ini.

Baca Juga: Pengertian metode diskusi menurut ahli

Daftar Pustaka:

Dananjaya, Utomo, 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Nurul Ramadhani Makarao, 2009, Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan; Disertai Contoh-Contoh Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan, serta Metode Mengajar Interaktif, Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yamin, Martinis. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.