Kajian Teori: 9 Pengertian Metode Role Playing Menurut Ahli

By | November 14, 2020

Pengertian metode role playing menurut ahli merupakan topik bahasan pada artikel kali ini. Metode ini bisa disebut juga bermain peran atau sosio drama, yang bisa ditemukan utamanya di pembelajaran taman kanak-kanak atau siswa kecil. Lalu apa pengertian dari metode tersebut? Berikut ini ulasan rincinya untuk anda.

metode role playing menurut ahli
metode role playing via theinspiredclassroom.com

Pengertian metode role playing menurut ahli:

Endang Mulyatiningsih, (2011: 236) Menjelaskan bahwa metode Role Playing ataupun bermain peran dalam penerapannya dilakukan dengan cara yakni mengajak siswa untuk menirukan suatu aktifitas di luar atau mendramatisasikan situasi, ide, maupun suatu karakter tertentu.

Hamdani, (2011: 87), Menjelaskan pembelajaran role playing yakni suatu metode menguasai suatu materi-materi pelajaran dengan mengembangkan imajinasi dan penghayatan peserta didik.

Baca Juga: Pengertian metode demonstrasi menurut ahli

Nurul Ramadhani Makarao (2009:121) menjelaskan bahwa Role Playing merupkan metode pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk bermai peran pada skenario tertentu. Peserta didik diberikan kartu peran (role card) untuk dipelajari kemudian dipraktikkan dalam suatu situasi permainan peran sesuai dengan skenario yang telah ditentukan sebelumnya.

Syaiful  Bahri Djamarah dan Aswan Zain, (2002:101) menjelaskan bahwa Role playing atau istilah lain disebut sosio drama adalah salah satu dalam metode pembelajaran yang bisa mendorong siswa bermain peran pada suatu topik atau materi tertentu. Pada dasarnya, sosiodrama mendramatisasikan tingkah laku yang memiliki hubungannya dengan masalah sosial.

Moedjiono dan Moh. Dimyati (1992: 81)  menyatakan bila metode bermain peran ataupun Role Playing yakni memainkan peran dari peran-peran yang sudah pasti didasarkan pada kejadian terdahulu, yang mana dimaksudkan untuk menciptakan kembali situasi peristiwa atau sejarah pada masa lalu.

Sumiati dan Asra (2009 : 100) mengemukakan pendapat bahwa metode Role Playing atau bermain peran ini menggambarkan suatu peristiwa, bisa yang telah terjadi di masa lampau ataupun mungkin juga yang terjadi di masa mendatang, metode ini adalah bagian dari simulasi yang bisa diartikan sebagai proses pembelajaran dengan melakukan tingkah laku secara tiruan.

Baca Juga  6 Pengertian Metode Demonstrasi Menurut Para Ahli

Baca Juga: Pengertian metode ceramah menurut ahli

Sugihartono (2007: 83) menjelaskan metode role playing mengembangan imajinasi serta penghayatan siswa yakni dengan jalan siswa memerankan suatu misal tokoh hidup ataupun benda mati.

Uno Hamzah, (2008: 26) menyatakan “Role Playing” (bermain peran) merupakan suatu model pembelajaran yang memiliki tujuan yakni membantu peserta didik menemukan jati diri di dunia sosial  serta memecahkan masalah dengan bantuan kelompok.

Wina Sanjaya (2010:  161) menjelaskan metode bermain peran merupakan metode pembelajaran yang mana sebagai bagian dari bentuk simulasi yang didorong untuk mengkreasi peristiwa masa lalu atau sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual, maupun kejadian-kejadian yang akan muncul di masa depan atau masa mendatang.

Demikianlah tadi pengertian metode role playing menurut ahli, anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang dunia pendidikan di situs ini. Apabila dirasa artikel ini  bermanfaat jangan ragu untuk membagikan kepada orang lain disertai dengan sumber yakni situs ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga: Pengertian metode drill menurut ahli

Daftar Pustaka:

Endang Mulyatiningsih. 2011.Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.  Yogyakarta UNY

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurul Ramadhani Makarao.(2009).Metode Mengajar Dalam Bidang Kesehatan. Bandung:Alfabeta

Moedjiono & Moh. Dimyati. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Uno Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *