3 Manfaat Utama Menerapkan Minimalis Parenting

By | Januari 13, 2021

Para orang tua yang ingin membesarkan anaknya dengan minimal stress dan penuh ketengana maka wajib tahu mengenai apa itu minimalis parenting. Istilah tersebut adalah pola asuh minimalis yang diterapkan sebagai pola asuh untuk menyingkirkan hal-hal tidak penting dan fokus pada prioritasnya.

Dengan menerapkan pola asuh tersebut, tentu saja Anda sebagai orang tua akan lebih fokus dalam melakukan aktivitas serta dapat menerapkan pola asuh yang sesuai dengan pola piker dan nilai kehidupan yang ingin ditanamkan pada anak. Pola asuh tersebut juga dapat menjadikan psikis anak menjadi tidak stress sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dengan lebih baik.

minimalis parenting
ilustrasi ibu menemani anak via mycanopy.org

Tentu saja pola asuh yang satu ini sangat menarik bukan? Agar Anda mengetahui lebih jauh mengenai pola asuh minimalis parenting, maka simak berbagai manfaat saat menerapkan pola asuh tersebut berikut.

Manfaat Menerapkan Pola Asuh Minimalis Parenting

Sebagai orang tua, Anda tentu mengetahui betapa tidak mudahnya mengurus anak dan urusan rumah sekaligus. Untuk itu, agar Anda dapat dengan mengurus anak tersebut maka ada baiknya untuk menerapkan pola asuh yang satu ini.

Minimalis parenting merupakan pola asuh yang perlu Anda terapkan sebagai orang tua untuk mengasuh anak-anaknya. Berikut beberapa manfaat dari pola asuh tersebut:

1. Sebagai orang tua, Anda tidak perlu terlalu multitasking

Tentu tidak sedikit para orang tua yang mengeluh dan merasa capek saat mengurus keluarga setiap harinya. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa mengurus keluarga termasuk mengurus anak juga bukan hal yang mudah.

Belum lagi mengurus pekerjaan rumah seperti mengurus rumah, mengatur keuangan, dan memastikan kebutuhan si kecil tercukupi. Baik itu dari segi pendidikan, sederet tugas yang dibebankan, maupun gizi yang perlu tercukupi.

Baca Juga  7 Tips Agar Anda Sukses Menghadapi Ujian Nasional ( UN )

Dengan menerapkan pola asuh yang satu ini, Anda akan lebih mudah dalam mengurus keluarga. Bahkan dengan cara yang lebih praktis dan sederhana sekalipun. Nantinya, Anda akan dituntut untuk menyingkirkan 50% barang fisik serta 40% aktivas dalam jadwal sehari-harinya. Yakni dengan memilah beberapa jadwal yang memang benar-benar penting dan harus ditinggalkan.

Baca Juga: Pengertian metode eksperimen menurut ahli

2. Minimalis parenting dapat membuat kesehatan mental anak lebih baik

Setiap orang tua tentu menginginkan setiap anaknya untuk terus unggul dalam bidang akademis maupun persaingan pekerjaan nantinya. Akan tetapi hanya sedikit saja orang tua yang menerapkan sikap pola asuh yang tepat. Dengan menerapkan pola asuh minimalis parenting, maka pola hubungan keluarga akan menjadi lebih hangat serta kesehatan mental anggota keluarga menjadi lebih berkualitas.

Anda bisa menerapkan pola asuh tersebut dengan memprioritaskan komunikasi serta contoh nyata untuk menanamkan pola pikir serta nilai hidup pada anak. Seperti dengan mengajak diskusi bersama orang tua saat beraktivitas.

3. Potensi diri anak akan berkembang dengan lebih optimal

Dalam pola asuh minimalis, setiap orang tua akan didorong untuk tidak memaksa anak-anaknya memadatkan aktivitas dengan berbagai jadwal. Yakni jadwal yang memang tidak disukai dan diminati. Anak juga dituntut untuk membatasi jumlah mainan yang ada di ruma mereka demi mendukung perkembangan yang baik.

Baca Juga: Pengertian metode resitasi menurut ahli

Dengan berbagai manfaat diatas, Anda tentu semakin yakin untuk segera menerapkan pola asuh minimalis parenting tersebut. Sang anak pun akan lebih banyak waktu dalam menjelajahi lingkungan, menemukan hal baru sesuai dengan minat dan keinginannya, dan yang paling penting adalah lebih mengenal diri dan potensi diri dari anak itu sendiri.

Baca Juga  Gaya Belajar Balita, Ini Kenapa Balita Sering Melakukan Hal Aneh

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menerapkan pola asuh yang satu ini?