Beranda Dunia PLB Modul Ajar Matematika Menimbang Berat Untuk SMALB di SLB
A bigger challenge than losing weight is keeping it off for more than a year. (Dreamstime)

Modul ajar matematika menimbang ini bisa digunakan untuk mengajarkan siswa SLB baik tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, maupun ABK lainnya.

Pembelajaran menimbang berat ini masuk dalam materi pengukuran dimana sebelum belajar pada pengukuran berat, terlebih dahulu sudah dipelajari mengenai pengukuran panjang dengan satuan cm dan m.

Nah untuk pengukuran berat ini, satuan yang digunakan dalam kegiatan menimbang hanya spesifik pada satuan Kg atau kilogram dan satuan g atau gram.

Diharapkan dengan pembelajaran ini anak menjadi terampil dalam melaksanakan kegiatan menimbang dimana dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya apabila anak suatu saat ingin menjadi pedagang.

Modul Ajar Matematika Menimbang

Sebelum masuk pada contoh modul ajarnya, berikut ini diuraikan terlebih dahulu CP (capaian pembelajaran) dan capaian per elemen yang didapat dari situs kemendikbud.

Capaian Umum

Pada akhir Fase E, peserta didik dapat melakukan operasi hitung bilangan asli (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dalam penyelesaian masalah pada kehidupan sehari-hari, mengenal bilangan desimal satu angka dibelakang koma 0,1 sampai 1,9, menunjukkan bentuk persen, menghitung bentuk persen dengan alat bantu hitung. Peserta didik dapat menentukan satuan panjang, satuan berat benda, dan satuan volume dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan benda konkret menunjukkan satuan luas (cm2 dan m2), menghitung luas bangun datar (persegi, persegi panjang dan segitiga) dengan menggunakan satuan luas. Peserta didik dapat mengidentifikasi daftar tabel dalam kaitannya dengan kegiatan keterampilan vokasional, membuat daftar tabel kebutuhan uang untuk belanja barang.

Capaian per Elemen

Pengukuran

Pada akhir Fase E, peserta didik dapat menentukan satuan panjang benda dengan menggunakan alatukur, menentukan berat benda (gram dan kg), menentukan volume (liter dan ml) dalam kehidupan sehari-hari.

Modul ajar matematika pengukuran (menimbang berat) untuk siswa SMALB

Berikut ini contoh modul ajar pengukuran berat untuk ABK di SLB dengan jenjang SMALB, semoga bermanfaat dan menambah referensi anda.

Demikianlah contoh modul ajar matematika untuk SMALB di SLB. Silahkan baca juga contoh modul ajar SLB sesuai kurikulum merdeka dalam situs ini, jangan lupa juga bagikan pada orang lain agar dapat menjangkau lebih banyak lagi pembaca, terima kasih.

Baca Juga  5 Cara Agar Anak Berkebutuhan Khusus Betah Belajar Di Kelas
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search