9 Kegiatan Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak

By | September 28, 2020

Mengembangkan motorik halus pada anak merupakan hal yang sangat penting dilakukan sejak dini. Motorik halus sendiri merupakan gerakan yang melibatkan otot-otot kecil. Semakin baik kemampuan motorik halus anak, maka kemampuan berkreasi anak juga akan semakin baik.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembangkan motorik halus pada anak dimulai dari aktivitas yang sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah di rumah, diantaranya sebagai berikut:

mengembangkan motorik halus pada anak
ilustrasi anak meronce via educatall.com

Kegiatan untuk mengembangkan motorik halus pada anak

1. Memegang benda dengan tangan

Kegiatan atau aktivitas untuk mengembangkan motorik halus pada anak yang pertama dan paling sederhana adalah memegang benda. Kegiatan ini bisa dilatih pada anak yang masih sangat muda atau balita dengan memberikan benda tertentu untuk dipegang, mulai dari benda yang cukup besar hingga kecil. Namun kegiatan ini orang tua harus selalu mengawasi karena ditakutkan benda tersebut malah ditelan karena anak penasaran.

2. Menebalkan garis titik-titik

Kegiatan menebalkan merupakan cara mengembangkan motorik halus pada anak yang sangat sederhana. Kegiatan ini bisa dilatihkan pada anak pada usia-usia sebelum memasuki taman kanak-kanak. Pertama kita buat garis titik-titik dari yang paling sederhana misalnya garis lurus untuk kemudian meminta anak untuk menebalkannya bisa menggunakan pensi atau pena. Untuk selanjutnya bisa dikembangkan ke garis yang lebih sulit seperti melengkung ataupun zigzag.

3. Menggunting pola pada kertas

Kegiatan atau aktivitas untuk mengembangkan motorik halus pada anak yang ketiga adalah menggunting pola pada kertas. Langkahnya adalah dimulai dengan membuat pola garis yang nantinya akan dipotong. Yang terpenting mulai dari pola atau garis sederhana, bila anak sudah mahir kemudian buat pola yang lebih sulit.

Baca Juga  Tips Mendidik: 10 Cara Mengurangi Perilaku Manja Pada Anak

Baca Juga: Cara sederhana menemukan passion anak

4. Kegiatan menempel

Menempel disini merupakan aktivitas merekatkan suatu benda ke benda. Kegiatan ini sebetulnya bisa dipadukan dengan menggunting, misalnya suruh anak untuk menggunting pola untuk selanjutnya memintanya menempel pada tempat yang sudah ditentukan. Kegiatan ini bisa melatih kemampuan motorik halus dan koordinasi mata dan tangan, selain itu juga bisa melatih konsentrasi anak.

5. Melipat kertas

Melipat kertas merupakan kegiatan yang menyenangkan yang bisa dilakukan anak. Bila anak sudah cukup besar bisa dilatih membuat lipatan misalnya membuat pesawat kemudian diterbangkan. Melipat kerta merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus.

6. Mewarnai gambar

Kegiatan ini sangat disukai anak dimana anak mewarnai dengan crayon atau pensil warna. Sebaiknya dipilih gambar-gambar yang anak sangat sukai sehingga bersemangat dalam mewarnai. Bila gambar sudah diwarnai dengan baik, hasil karya bisa dipajang sehingga anak bangga dengan karyanya.

7. Meronce

Meronce mungkin adalah kata cukup asing bagi beberapa orang. Namun bagi seorang guru, kata ini sudah sangat umum didengar. Meronce sendiri merupakan keterampilan merangkai benda dengan bantuan tali atau benang, contoh kegiatan ini adalah membuat gelang atau tasbih.

8. Membentuk dengan playdoh

Membentuk dengan playdoh juga merupakan aktivitas menyenangkan pada anak karena sambil bermain juga melatih motorik halus melalui kegiatan memegang, meremas dan membentuk menyerupai suatu bentuk misalnya hewan atau benda lain yang disukai anak.

9. Memasang dan melepas kancing baju

Memasang dan melepas kancing baju bisa dilatihkan di rumah misalnya setelah anak mandi. Kegiatan ini selain melatih motorik halus anak juga mengajarkan kemandirian anak sejak dini dalam hal memakai pakaian sendiri.

Baca Juga  7 Program Pembelajaran Pengembangan Bina Diri Bagi Tunagrahita

Demikianlah kegiatan atau aktivitas untuk mengembangkan motorik halus pada anak, bila dirasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih.

One thought on “9 Kegiatan Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak

  1. Pingback: Kegiatan Sederhana Mengembangkan Motorik Kasar Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *