7 Contoh Kegiatan Motorik Halus untuk Anak TK Yang Bermanfaat

By | Januari 5, 2021

Kesuksesan tumbuh kembang anak dalam proses tumbuh kembangnya dapat diwujudkan salah satunya dengan kemampuan motorik halus untuk anak TK yang baik dan mumpuni. Untuk bisa demikian, perlu adanya kegiatan atau aktivitas yang merangsangnya dengan tepat supaya otot-otot kecil anak, tangan dan matanya dapat koordinasi dengan baik.

Kenyataan yang terjadi pada saat ini adalah semakin berkembangnya teknologi semakin banyak mempengaruhi anak-anak tak terkecuali anak usia 4 hingga 6 tahun untuk menjadi generasi touchsreen.

motorik halus untuk anak TK
motorik halus pada anak via educatall.com

Bahkan dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan layar sentuh lebih dari 60 menit/minggu akan berkemampuan motorik halus lemah dibanding mereka yang sama sekali tidak menggunakannya. Dan sesungguhnya keberhasilan anak di sekolah itu ditentukan oleh oleh 3 keterampilan, dan salah satunya adalah keterampilan motorik halus.

Kegiatan motorik halus untuk anak usia TK (4 hingga 6 tahun)

Aktivitas atau kegiatan yang dibiasakan untuk merangsang motorik halus untuk anak sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangannya. Banyak sekali kegiatan-kegiatan mudah dan praktis yang bisa dilakukan untuk melatihnya. Apa saja ya?

Coba perhatikan dengan seksama 7 contoh kegiatan motorik halus untuk anak kecil usia tk di bawah ini:

1. Menggunting

Menggunting untuk usia anak taman kanak-kanak tidak lagi berbahaya asalkan selalu mendapatkan pengawasan. Bahkan kegiatan yang cukup mudah ini memberikan manfaat yakni melatih otot tangan si anak.

Tidak hanya itu, manfaat lainnya yakni membantunya mengenal arah, meningkatkan keterampilan motorik halus untuk anak serta melatih fokus. Jangan selalu takut akan ketajaman gunting tersebut, cukup pahamkan bahwa gunting hanya digunakan untuk memotong kertas.

Baca Juga: Pengertian metode mind mapping menurut ahli

2. Menyobek kertas

Kegiatan motorik halus untuk anak di masa TK selanjutnya adalah dengan mengumpulkan semua benda berupa kertas bekas yang ada di rumah dan kemudian mengajak anak untuk menyobeknya pelan satu per satu. Pertama bisa menyobek dengan ukuran besar dan dilanjutkan untuk ukuran kecil.

Baca Juga  Berbagi Pengalaman: 7 Tips Lulus UKMPPG

Setelah itu, kumpulkan keseua kertas yang telah disobek dan masukkan ke dalam air, nah ajak si kecil untuk remas-remas kertas sobekan tersebut. Dengan demikian, otot jari-jari tangan anak akan menjadi lebih kuat.

3. Finger painting (melukis dengan jari)

Mencampur dan mengeksplorasi warna bisa merangsang motorik halus untuk anak di masa TK yakni koordinasi mata dan tangan serta menperkuatkan tangan serta otot jari-jarinya. Banyak sekali bukan keuntungannya?

4. Permainan Playdough

Permainan playdough sangat bermanfaat melatih keterampilan motorik halus untuk anak TK dengan kegiatan mencubit serta membentuk benda. Dengan adonannya yang lembut, permainan ini juga dapat mengenalkan tekstur adonan dengan indera peraba anak.

5. Mengancingkan baju

Mengancingkan baju dengan memasukkan serta mengeluarkan kancing baju bisa membuat stimulus motorik halus untuk anak taman kanak-kanak. Ketika melakukan egrakan tersebut, otot-otot jari anak akan terlatih dan bekerja. Selain itu, terjadi juga koordinasi antara tangan dan mata dalam aktivitas berikut.

6. Memungut benda-benda kecil

Memungut benda kecil atau dikenal dengan istilah mengutip merupakan salah satu aktivitas yang mampu merangsang motorik halus untuk anak dengan gerakan menjepit dari kedua jari tangannya. Jika hal ini dilakukan secara berulang-ulang mampu melatih kedisiplinan serta konsentrasi anak.

Baca Juga: Agar anak menyukai PR

7. Mewarnai gambar

Ketika aktivitas mewarnai terjadi, di situ terdapat gerakan menggenggam spidol, pensil warna, krayon maupun yang lain. Selain itu, juga ada gerakan memutarkan pergelangan tangan serta menguatkan genggamannya. Semua gerakan itu merupakan salah satu aktivitas untuk merangsang motorik halus untuk anak di saat TK.

Cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja kan? Masih mau menunda-nunda untuk mengajarkan aktivitas untuk menstimulus motorik halus untuk anak TK? Coba sekarang aja dan siaplah anak Anda menjadi hebat!