5 Nasehat Keuangan Untuk ABK Yang Perlu Ditanamkan Sejak Dini

By | Desember 11, 2021

Nasehat keuangan untuk ABK menjadi topik tulisan kali ini. Pemahaman tentang uang sangat penting, namun sayangnya pelajaran mengenai keuangan ini jarang atau bahkan sedikit sekali kita dapatkan ketika sekolah. Umumnya sejak kecil kita hanya dikenalkan mengenai kegiatan menabung. Padahal banyak hal lain mengenai pemahaman tentang uang atau finansial yang perlu kita ketahui.

Semua orang wajib melek atau paham mengenai keungan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, hingga anak cerdas istimewa juga harus dikenalkan mengenai kemampuan mengatur keuangan melalui nasehat yang bisa dilakukan orang tua berikut ini.

Nasehat keuangan untuk ABK

Nasehat keuangan untuk ABK
anak memegang uang via getrawenergy.co

Rajin menabung

Sejak anak masih kecil orang tua perlu melatih dan menasehati anak supaya rajin menabung. Melalui kegiatan menabung dapat membuat seseorang lebih tenang dalam menjalankan kehidupan mendatang. Dengan tabungan yang cukup maka seseorang anak berkebutuhan khusus bisa membeli barang yang dibutuhkan, atau ketika anak menginjak dewasa bisa melanjutkan hidup dengan mandiri.

Tidak berhutang

Orang tua penting untuk melatih ABK agar tidak berhutang. Bukanya menyelesaikan masalah, seringkali berhutang malah akan menimbulkan masalah yang baru. Karena seseorang berhutang bukan untuk sesuatu yang sifatnya produktif. Untuk itu orang tua perlu memberikan pemahaman pada ABK untuk tidak berhutang.

bannerartikel

Orang tua juga perlu menghindarkan perilaku seperti membiarkan ABK mengambil dagangan di warung tetangga dekat rumah kemudian orang tua baru menyusul membayar setelah mendapat laporan pemilik warung. Hal tersebut merupakan perilaku tidak mendidik pada anak.

Membeli karena butuh

Orang yang bijak adalah orang yang membeli karena memang butuh dan bukan karena keinginan semata. Hal tersebut juga harus dipahamkan pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Jangan sampai nantinya anak boros menghabiskan uang karena banyak keinginan dengan tujuan yang tidak jelas.

Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Mulai Populer di Indonesia Saat Ini

Baca Juga: Mainan edukasi untuk tunanetra

Investasi

Nasehat keuangan untuk ABK selanjutnya adalah mengenai investasi. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kehidupan di masa mendatang. Sebaiknya ajarkan anak sejak kecil untuk berintestasi di instrument yang aman. Hal ini akan dirasakan manfaatnya dimasa depan, mungkin untuk biaya pendidikan anak.

Uang penting tapi bukan segalanya

Hal terakhir yang sangat penting adalah menanamkan pada anak bahwa uang memang penting tetapi bukan segalanya. Ada banyak hal yang perlu disyukuri seperti kesehatan, keluarga yang bahagia, kehidupan dll.

Demikianlah nasehat keuangan untuk ABK. Memang ABK memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda beda, namun bisa saja kok diberikan nasehat baik secara verbal maupun contoh berupa perilaku orang tua yang dapat langsung dilihat atau dirasakan oleh anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah referensi bagi anda, terima kasih.

Tinggalkan Komentar