Sering Dilombakan: 5 Olahraga untuk anak berkebutuhan khusus

By | Juni 17, 2020

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh supaya tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Saat ini jenis olahraga bermacam-macam baik yang bisa dilakukan secara individu misalnya saja lari, ataupun secara tim misalnya sepak bola.

Semua orang membutuhkan aktivitas olahraga, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Di dalam sekolah (SLB), pembelajaran olahraga dikemas dalam mata pelajaran Penjaskes atau pendidikan jasmani dan kesehatan.

olahraga untuk anak berkebutuhan khusus
olahraga untuk anak berkebutuhan khusus via paralympic.org

Selain bertujuan untuk kebugaran tubuh, olahraga merupakan sarana bagi seseorang untuk memperoleh prestasi melalui kejuaraan-kejuaraan. Dalam dunia pendidikan khusus juga terdapat perlombaan olahraga yang diikuti khusus oleh anak berkebutuhan khusus. Diamana terdapat seleksi di tingkat daerah hingga bisa mengikuti kejuaraan nasional.

Lalu olahraga apa saja yang bisa dilatihkan dan diajarkan bagi ABK? Berikut ini adalah olahraga untuk anak berkebutuhan khusus yang bisa diajarkan dan bila berbakat dapat mengikuti perlombaan kejuaraan untuk meraih prestasi, dengan catatan cabang olahraga disesuaikan dengan potensi dan kondisi anak berkebutuhan khusus.

Olahraga untuk anak berkebutuhan khusus

Renang

Renang merupakan cabang olahraga yang sering dipertandingkan dalam kejuaraan anak berkebutuhan khusus. Olahraga ini bisa diajarkan pada anak misalnya tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, maupun kekhususan lainnya. Biasanya pembelajaran renang ini dilakukan pagi hari dan anak langsung berangkat ke kolam renang.

Bocce

Bocce merupakan cabang olahraga yang populer diikuti oleh tunagrahita atau anak dengan hambatan mental. Olahraga ini sering dilombakan dan diikuti oleh anak tunagrahita. Teknis olahraga ini adalah menggelindingkan bola mendekati bola target. Olahraga ini tidak memerlukan lapangan yang luas, cukup tanah yang lapang dan dibuat dengan pembatas berupa tali.

Balap kursi roda

Balap kursi roda adalah jenis olahraga yang diikuti oleh anak berkebutuhan khusus tunadaksa. Teknisnya adalah anak tunadaksa berlomba mengayuh kursi roda untuk menjadi yang tercepat mencapapai garis finis. Olahraga ini kita tahu dilombakan juga dalam paralimpic (olahraga disabilitas tingkat dunia)

Baca Juga  5 Hal Yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Lari

Olahraga untuk anak berkebutuhan khusus selanjutnya adalah lari. Olahraga ini bisa dilatihkan pada ABK dengan berbagai kekhususan kecuali anak tunadaksa yang tidak memiliki anggota tubuh kaki yang tidak lengkap. Olahraga ini biasa dilombakan ketika terdapat kejuaraan olahraga yang diikuti ABK.

Sepak bola

Sepak bola merupakan olahraga beregu yang bisa dilatihkan pada anak berkebutuhan khusus termasuk anak tunanetra (hambatan penglihatan). Saat ini olahraga sepak bola untuk tunanetra sering dilombakan dimana bola dan gawangnya sudah disesuaikan supaya anak tunanetra bisa memainkan yakni dengan adanya bunyi.

Demikianlah pembelajaran Penjaskes olahraga untuk ABK yang bisa diajarkan atau dilatihkan di sekolah. Anda juga bisa membaca artikel tentang latihan sensomotorik untuk ABK. Jangan lupa pula untuk membagikan artikel ini bila anda rasa bermanfaat. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *