5 Rekomendasi Olahraga untuk Anak Down Syndrome

By | Agustus 10, 2021

Keterbelakangan mental dan fisik tidak serta merta menjadikan anak dengan sindrom down atau Down syndrome harus dikurung dirumah tanpa melakukan aktivitas apa-apa. Anak tersebut juga perlu beraktivitas untuk menstimulasi diri layaknya anak-anak yang lain, salah satunya dengan olahraga. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi olahraga untuk anak Down syndrome.

Olahraga untuk Anak Down Syndrome
Anak down syndrome sedang berolahraga via downsyndrome.org.au

Manfaat Olahraga untuk Anak Down syndrome

Sebelum membahas mengenai rekomendasi olahraga untuk Down syndrome, ada baiknya kita mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Adapun manfaat olahraga tersebut diantaranya:

1. Melatih kekuatan otot

Anak dengan Down syndrome mempunyai kekuatan otot yang lemah dibandingkan anak sebayanya. Oleh sebab itu, kemampuan motorik kasar mereka lebih lambat. Kemampuan tersebut mencakup kemampuan tengkurap, merangkak, duduk berdiri, berjalan dan juga berlari.

2. Memperkuat jantung

Mayoritas anak Down syndrom mengalami kelainan jantung. Berolahraga bisa membantu peredaran darah menjadi lancar, terutama pada jantung. Meskipun tidak menyembuhkan, namun olahraga bisa menjadikan oksigen yang masuk dalam jantung sangat cukup.

3. Mencegah obesitas

Penderita Down syndrome cukup rentan mengalami obesitas. Ada baiknya Anda memperkenalkan olahraga sedini mungkinagar terbiasa untuk membakar kalori.

4. Meminimalisir infeksi

Penderita Down syndrome juga rentan terkena infeksi. Dengan berolahraga bisa meminimalisir terkena infeksi karena sistem imun yang bagus.

5. Bersosialisasi

Olahraga, terutama yang dilakukan secara beregu bisa melatik anak untuk bersosialisai bersama teman seusianya baik dengan sesama anak Down syndrome maupun yang tidak menyandang.

6. Melatih keseimbangan

Beberapa latihan keseimbangan dapat menjadi bagian paling menyenangkan untuk anak Down syndrome. Misalnya kegiatan untuk menyeimbangkan satu kaki dan tangan diletakkan pada pinggul dengan mata tertutup maka akan sangat menantang koordinasi serta perencanaan motorik anak.

Baca Juga  15 Contoh Soal Latihan Try Out PPPK Guru SLB Untuk Persiapan Seleksi

Baca Juga: Down syndrome bisa sembuh? simak artikel ini

Rekomendasi Olahraga untuk Anak Down syndrome

Tidak sembarang jenis olahraga dianjurkan untuk penyandang sindrom Down ini. Adapun rekomendasi olahraga untuk anak Down syndrome yang paling tepat adalah sebagai berikut:

1. Renang

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa melatih kesehatan jantung dan banyak otot di dalam tubuh. Hal ini karena, ketika berenang maka otot ekstremitas bawah, atas dan otot pernapasan akan ikut terlibat dan anak pun bisa berkembang sesuai usianya.
Disamping itu, berenang juga bisa membantu membakar kalori yang lebih besar dibandingkan degan jenis olahraga lain. Ini tentunya cukup efektif untuk menurunkan resiko obesitas.

2. Menari

Rekomendasi olahraga untuk anak Down syndrome berikutnya adalah menari. Mengikuti musik dan irama bisa melatih pendengaran dan otot dalam tubuh. Belajar menari serta mengikuti alunan musik bisa meningkatkan kekuatan otot, melatih kemampuan pendengaran dan melatih keseimbangan anak penyandang sindrom Down.

3. Sepak bola

Olahraga beregu ini bisa melatih anak yang menyandang sindrom Down untuk bersosialisasi. Mereka bisa belajar menerima kekalahan serta bersikap dengan rendah hati kekika memperoleh kemenangan.Dengan demikian, kedepannya anak tersebut bisa lebih menerima kekurangan ketika ada di lingkungan kerja atau lainnya.

4. Bocce

Bocce merupakan olahraga yang sering dimainkan dan dipertandingkan oleh tunagrahita khususnya down syndrome. Olahraga ini dimainkan dengan menggelindingkan beberapa bola pada target.

Baca Juga: Bayi down syndrome seperti apa? simak disini

5. Gobak sodor

Gobak sodor adalah permainan tradisional yang termasuk populer dimainkan di Indonesia. Permainan ini juga bisa menjadi sarana olahraga bagi anak tunagrahita down syndrome yang sangat seru dan menyenangkan.

Baca Juga  Sejarah Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Dunia dan Indonesia

Selain melakukan olahraga, terdapat aktivitas lain yang bisa dilakukan, contohnya bermain boneka yang bisa membantu mereka berinteraksi dengan teman atau orang lain. Aktivitas membaca buku, bermain pasir kinetik dan lainnya juga bisa menjadi opsi bagi orang tua.

Anak-anak dengan Down syndrome tidak harus dibatasi ruang geraknya dengan berlebihan. Meskipun secara umum nampak berbeda dengan anak yang lain, namun mereka memiliki hak yang sama.

Jadi, pastikan Anda mengajak anak-anak untuk selalu bergerak aktif, misalnya dengan melakukan berbagai rekomendasi olahraga untuk anak Down syndrome yang sudah disebutkan di atas.

2 thoughts on “5 Rekomendasi Olahraga untuk Anak Down Syndrome

  1. Pingback: Tanda Bayi Mengalami Down Syndrome; Jangan Sampai Lengah

  2. Pingback: Kenali 5 Perbedaan Antara Down Syndrome dan Autisme

Comments are closed.