Pembelajaran Selingan Yang Menyenangkan Untuk ABK

By | Juli 15, 2021

Beberapa pembelajaran selingan ini bisa diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mengisi waktu luang. Karena menyenangkan, pembelajaran ini bisa membuat terkesan dan menjadi sarana refreshing supaya tidak bosan dengan pembelajaran di kelas.

Pembelajaran ini juga bisa menjadi solusi apabila pembelajaran belum aktif dimulai, ataupun materi pembelajaran sudah selesai diajarkan pada satu semester tetapi siswa masih masuk sekolah. Ingin tahu beberapa pembelajaran selingan tadi? Makanya simak selengkapnya dalam artikel ini.

6 Pembelajaran selingan untuk mengisi waktu luang pada anak berkebutuhan khusus (ABK)

Keterampilan membatik bagi ABK sebagai pembelajaran selingan
Keterampilan membatik bagi ABK via tribunnews.com

Jalan-jalan mengenal lingkungan

Pembelajaran selingan yang pertama yang bisa dilakukan supaya anak tidak bosan yakni dengan melaksanakan pengenalan lingkungan melalui kegiatan pengenalan lingkungan. Tidak perlu jauh-jauh, kegiatan bisa dilakukan hanya dengan berkeliling dilingkungan sekolah.

Disitu sambil jalan-jalan siswa dikenalkan dengan berbagai hal yang ada disepanjang jalan. Namun yang terpenting keamanan harus diperhatikan, terlebih lagi siswa disini adalah ABK yang mungkin lebih beresiko bila tidak didampingi.

Senam bersama

Kegiatan senam bersama bisa juga menjadi kegiatan pembelajaran supaya siswa tidak bosan. Kegiatan ini bisa dilakukan di depan sekolah dan diikuti oleh semua warga sekolah. Selain supaya tidak bosan dengan rutinitas pembelajaran yang begitu-begitu saja. Kegiatan ini juga bisa menambah kebugaran dan kesehatan semua warga sekolah.

Memainkan permainan tradisional

Ada banyak permainan tradisional yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang siswa. Semisal saja permainan  dakon, egrang, ular naga, gobak sodor, dll bisa membuat siswa senang dan menikmati permainan. Permainan tradisional juga dikenal memiliki manfaat utamanya pada kemampuan meningkatkan motorik kasar anak.

Melukis atau mewarnai

Melukis atau mewarnai bisa menjadi kegiatan pembelajaran selingan. Aktivitas ini bisa dilakukan bersama-sama di tempat yang cukup lapang . Guru hanya perlu mempersiapkan alat mewarnai maupun sketsa mengenai tema tertentu. Sebaiknya siapkan beberapa sketasa dari yang sederhana untuk ABK kelas kecil, hingga yang rumit untuk ABK kelas besar.

Baca Juga  Biaya Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (SLB) Di Indonesia

Baca Juga: ABK tidak berkembang? arahkan ke hal ini

Membuat kerajinan tertentu

Membuat kerajinan bisa menjadi aktivitas menyenangkan siswa untuk mengisi waktu. Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat mulai dari membuat sulak, gelang, anyaman, hingga yang cukup rumit seperti membatik, membuat kotak pensil, atau kerajinan lain yang bisa dibuat untuk anak berkebutuhan khusus.

Studi wisata

Kegiatan pembelajaran terakhir yakni studi wisata. Studi wisata adalah berkunjung ke suatu tempat dengan tujuan belajar. Kegiatan ini bisa diterapkan untuk ABK dengan mengunjungi ke suatu tempat misalnya saja ke pabrik roti untuk melihat proses membuat roti, maupun bisa berkunjung ke museum untuk belajar sejarah. Kegiatan ini biasanya dilakukan bisa sekali dalam satu tahun.

Demikian kegiatan pembelajaran untuk mengisi waktu luang siswa SLB. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Silahkan jug abaca artikel lainnya mengenai dunia anak berkebutuhan khusus di situs ini, terima kasih.