Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Mulai Populer di Indonesia Saat Ini

By | Mei 27, 2019

Pendidikan Luar Biasa (PLB) bisa menjadi pilihan bagi anda yang berminat untuk menjadi pendidik atau guru. Artikel ini menjelaskan secara rinci mengenai PLB serta berbagai hal yang ada dilamanya, spesifik pada jenjang pendidikan S1. Artikel ini ditulis supaya dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin mengabdikan diri dalam dunia anak berkebutuhan khusus.

Pendidikan Luar Biasa

Apa sih Pendidikan Luar Biasa?

Pendidikan luar Biasa disingkat PLB adalah layanan pendidikan untuk mencetak calon-calon pendidik bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Di jurusan ini nantinya mahasiswa dibekali kemampuan untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kekhususan antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, ABBS,  slow learner, maupun anak berbakat. Sehingga nantinya ABK dapat berkembang sesuai potensinya, bahkan dapat berprestasi.

Mengapa memilih jurusan ini?

Di Indonesia jumlah anak berkebutuhan khusus menurut Badan Pusat Statistik  mencapai 1,6 juta, apabila dilihat dari angka tersebut merupakan jumlah yang cukup besar. Dari data tersebut ada anak berkebutuhan khusus yang sudah mendapatkan akses pendidikan, tetapi banyak juga belum mendapatkan akses pendidikan.

Saat ini semua anak berhak mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali, termasuk anak berkebtuhan khusus. Dari data banyaknya ABK yang dijelaskan sebelumnya, perlu diimbangi tenaga pendidik yang kompeten dibidangnya untuk mengembangkan ABK agar berkembang sesuai potensi dan mencapai kemandirian. Oleh sebab itu jurusan ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengabdikan diri dalam mendidik anak berkebutuhan khusus.

Bagaimana untuk bisa kuliah di jurusan Pendidikan Luar Biasa

Untuk bisa kuliah di jurusan PLB anda dapat mendaftar atau ikut seleksi penerimaan mahasiswa di kampus baik Universitas maupun Institut yang memang membuka jurusan tersebut. Kemudian jalur masuknya antara lain bisa Bidikmisi, SNMPTN, SBNPTN, Seleksi Mandiri, Jalur prestasi, atau jalur lain sesuai kebijakan kampus masing-masing.

Apa saja mata kuliah yang dipelajari?

Pendidikan Luar Biasa mempelajari mata kuliah tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus antara lain pendidikan anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, autis, ABBS, slow learner, dan anak berbakat. Selain itu PLB juga merupakan multidisiplin ilmu, didalamnya dipelajari sedikit tentang psikologi, kedokteran, tumbuh kembang anak.

ABK

Prospek kerja jurusan ini

Prospek jurusan ini sangat baik mengingat di Negara Indonesia semua anak wajib memperoleh akses untuk bersekolah termasuk anak berkebutuhan khusus. Saat ini banyak orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus semakin mengerti bahwa anak berkebutuhan khusus dapat berkembang dan berprestasi. Oleh karena itu dibutuhkan pendidik-pendidik yang kompeten pada bidangnya.

Baca Juga  Suka Duka Menjadi Mahasiswa PLB (Pendidikan Luar Biasa)

Setelah lulus PLB, bisa kerja apa?

Pada dasarnya lulusan PLB dipersiapkan untuk menjadi pendidik bagi Anak Berkebutuhan Khusus utamanya di Sekolah Luar Biasa (SLB), namun selain itu juga dapat bekerja menjadi Guru pembimbing khusus (GPK) di sekolah inklusi, Penerjemah misalnya bahasa isyarat atau braille, Pengajar les ABK, dan pekerjaan lainnya.

Pendidikan Luar Biasa

Perguruan tinggi yang membuka PLB

Berikut ini adalah perguruan tinggi baik Universitas maupun Institut yang membuka jurusan PLB:

UNIMED

Universitas Negeri Medan merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri yang ada di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang. Kampus ini sebelumnya merupakan IKIP Medan yang saat ini sudah menjadi Universitas. Bila anda tertarik masuk di jurusan PLB, UNIMED dapat menjadi kampus tujuan.

UNP

Universitas Negeri Padang merupakan perguruan tinggi Negeri yang berada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kampus ini berdiri sejak tahun 1954, saat ini memiliki beberapa fakultas dan banyak jurusan. PLB merupakan salah satu jurusan yang terdapat di UNP dan mungkin dapat menjadi pilihan bagi anda utamanya yang bertempat tinggal di daerah Sumatera Barat dan sekitarnya.

UML

Universitas Muhammadiyah Lampung adalah salah satu perguruan tinggi Swasta yang berada di Provinsi Lampung, tepatnya Kota Bandar Lampung. Bagi anda yang berminat masuk di jurusan PLB di kampus Swasta, maka Universitas Muhammadiyah Lampung dapat menjadi salah satu pilihan.

UNTIRTA

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Universitas Negeri yang berada di daerah barat pulau Jawa, tepatnya Provinsi Banten. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang didalamnya membuka jurusan PLB. Anda dapat melihat lebih detail informasi mengenai jurusan PLB UNTIRTA dengan mengunjungi di situs resminya.

UNJ

Universitas Negeri Jakarta berlokasi di Kota Jakarta Timur tepatnya di Rawamangun. Kampus ini sudah sejak tahun 1964, juga merupakan kampus yang membuka jurusan PLB. Dapat menjadi pilihan bagi anda yang berminat masuk PLB.

UNINUS

Universitas Islam Nusantara berada di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang membuka jurusan PLB.

Baca Juga  16 Bentuk Kegiatan Latihan Koordinasi Sensomotorik

UPI

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu Kampus Pendidikan terbaik di Indonesia yang membuka jurusan PLB. Kampus ini letaknya berada di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri yang ada di Indonesia.

UNY

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan perguruan tinggi Negeri yang berada kota pelajar yakni Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus ini berdiri pada tahun 1964, dahulu merupakan IKIP Yogyakarta merupakan salah satu kampus yang juga membuka jurusan PLB.

UPY

Universitas PGRI Yogyakarta merupakan perguruan tinggi Swasta yang dapat menjadi pilihan bagi anda bila ingin kuliah di jurusan PLB. Kampus ini berada di Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

UNS

Universitas Sebelas Maret adalah Perguruan tinggi Negeri yang berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Kampus ini terdiri dari berbagai fakultas, dan banyak jurusan. Salah satu jurusan yang terdapat di UNS adalah PLB.

UNESA

Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri di Surabaya, Jawa Timur. Dahulu sebelum menjadi Universitas, UNESA merupakan IKIP Surabaya. Di Kampus ini terdapat jurusan PLB yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang tinggal di daerah Jawa Timur.

UM

Universitas Negeri Malang merupakan perguruan tinggi Negeri yang berada di Malang, Jawa Timur. Kampus ini juga salah satu yang membuka jurusan PLB di daerah Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan anda.

IKIP PGRI Jember

IKIP PGRI Jember adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Jember, Jawa Timur. Tidak Banyak perguruan tinggi swasta yang membuka jurusan PLB, tetapi kampus ini salah satu yang membuka jurusan tersebut.

UNLAM

Universitas Lambung Mangkurat biasa disingkat ULM atau UNLAM merupakan perguruan tinggi yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Kampus ini adalah perguruan tinggi yang membuka jurusan PLB di daerah Kalimantan.

UNIMA

Universitas Negeri Manado merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara. Kampus ini merupakan perguruan tinggi yang membuka jurusan PLB di daerah Sulawesi bagian utara.

UNM

Universitas Negeri Makassar berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Kampus ini merupakan perguruan tinggi Negeri yang membuka jurusan PLB di daerah Sulawesi bagian selatan.

Cerita alumni PLB

Pendidikan Luar Biasa mewujudkan  long live education dan education for all. Dimana semua manusia tanpa terkecuali berhak mendapatkan pendidikan sepanjang hayat.

Hariski Agung Nugroho

Anak berkebutuhan khusus jangan selalu dipandang sebelah mata, mereka lahir dari sang pencipta yang sama, mereka mempunyai hak yang sama, mereka bagaikan emas di hati orang tuanya, janganlah mereka diletakkan dibelakang kita, akan tetapi mereka ditampilkan didepan kita, agar semua orang paham dan jangan memandang mereka berbeda.

Nausyad Em’a I

Ke PLB itu jurusan multitalent, karena mengajarkan semua pelajaran untuk mengembangkan bakat anak-anak luar biasa.

Warih Dwi C T

Belajar di Jurusan Pendidikan Luar Biasa, mengajarkan saya untuk selalu bisa lebih bersyukur.

Krisnanto Try S

Sumber:

kemdikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *