5 Pengertian Blended Learning Menurut Pendapat Para Ahli

By | Juni 20, 2021

Pengertian Blended Learning merupakan pembelajaran yang mencampurkan teknologi pembelajaran dan cara tradisional untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Pengertian lainnya mengenai model belajar tersebut akan dijelaskan secara rinci dan lengkap oleh beberapa ahli berikut ini.

Pengertian Blended Learning

pengertian blended learning
Ilustrasi pembelajaran berbasis teknologi via caverion.com

Driscol (2002) menjelaskan pengertian Blended learning yakni suatu pembelajaran dimana menggabungkan atau mengkombinasikan berbagai teknologi berbasis web demi mencapai tujuan pendidikan.

Baca Juga: Pengertian google classroom menurut ahli

Dwiyogo (2012) menguraikan arti blended learning yaitu suatu model pembelajaran yang menggabungkan tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi yang mana dapat diakses secara online maupun offline. Model pembelajaran tersebut memiliki kesamaan dengan elearning.

Thorne (2013) menjabarkan blended learning yaitu sebagai campuran dari teknologi elearning dan multimedia, diantaranya seperti streaming video, kelas virtual, teks animasi online yang dikombinasikan dengan bentuk-bentuk pembelajaran tradisional di kelas.

Graham (2005) menjelaskan pengertian blended learning secara sederhana merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan pembelajaran secara langsung yakni tatap muka atau face-to-face.

Mosa (dalam Rusman, 2011) menjelaskan blended learning mencampurkan adalah dua unsur utama yaitu pembelajaran di kelas dengan pembelajaran online (online learning). Pada pembelajaran online ini menggunakan jaringan internet yang di dalamnya terdapat pembelajaran berbasis web. Dalam pembelajaran ini memanfaatkan teknologi multimedia seperti streaming video, kelas virtual, email, dll.

Demikianlah pengertian blended learning, semoga artikel ini dapat memberikan tambahan referensi atau informasi bagi anda. Silahkan baca juga artikel lainnya mengenai dunia pendidikan di situs ini, terima kasih.

Baca Juga: Pengertian metode peer teaching menurut ahli

Daftar Pustaka

Driscoll, M. (2002) Blended Learning: Let’s Get beyond the Hype. IBM Global Services

Dwiyogo, Wasis D. 2016. Pembelajaran berbasis blended learning (mdel rancangan pembelaajaran). Malang : Wineka Media

Curtis J.Bonk, Charles R. Graham. (2006). The Handbook of Blended learning.USA:Pfeiffer

Thorne, Kaye.(2013). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. USA: Kogan Page Limited

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali.

Baca Juga  Biasakan Anak Produktif Di Rumah Dengan 5 Kegiatan Sederhana Ini