Kajian Teori: Pengertian Debat Menurut Pendapat Para Ahli

By | Februari 15, 2021

Pengertian debat merupakan salah satu metode pembelajaran dimana terdapat dua pihak yang saling berargumentasi dan saling mempertahankan pendapatnya dengan pemikiran yang masuk akal yang bisa membuat pihak lawan sulit berkata-kata. Metode ini melatih siswa pada kemampuan berargumentasi atau menyampaikan pendapat.

Berikut ini adalah pengertian debat menurut para ahli yang bisa menambah sudut pandang kita mengenai metode tersebut, semoga bermanfaat.

pengertian debat
ilustrasi debat via theschoolrun.com

Pengertian debat menurut para ahli

Semi (1994:75), debat merupakan bentuk keterampilan berargumentasi dengan cara membandingkan maupun mengadu pendapat secara berhadapan. Metode ini menekankan kepada kemampuan mempertahankan pendapat dengan logis atau masuk akal. Dalam metode ini yang ditampakkan adalah kepintaran dalam mencari alasan dan permainan kata sehingga lawan tidak berkutik.

Tarigan (2008: 92) menjelaskan metode debat adalah suatu pendapat untuk menentukan baik ataupun tidaknya gagasan tertentu yang didukung satu pihak yang mana dinamakan pendukung atau afirmatif, dan ditolak atau disangkal oleh pihak lawan yang mana dinamakan penyangkal atau negative.

Iman (2017: 94) Metode debat merupakan cara penyajian gagasan atau ide diantara dua pihak yang saling berseberangan dimana masing-masing berusaha mempertahankan pendapat mereka.

Inoue, (2009:3 Debat merupakan sebuah komunikasi dimana peserta berdebat dan menentang tema yang diberikan.

Handayani (2017: 139) Menjelaskan bahwa dalam debat dimungkinkan siswa memaparkan pemahaman mereka mengenai suatu topik, mempertanyakan pendapat orang lain, berpendapat, mengklarifikasi pendapat, serta mengevaluasi orang lain

Jimenez dalam (Wang & Buck, 2018: 30) menjelaskan bahwa metode debat merupakan salah satu cara pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan berpendapat karena melibatkan bantahan-bantahan diantara orang-orang yang berbeda, biasanya saling bertolak belakang atas topik yang dipertanyakan.

DAFTAR PUSTAKA

SEMI , M . Atar. 1994. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wang, Jianlan; Buck, Gayle. (2018). “Exploring the use of debate to enhance elementary teacher candidates’ argumentation skills”. A New Waves-Educational Research and Development Journal, v21 n1 p30-47 Aug 2018.

Iman, Jaya Nur. 2017.. Debate instruction in efl classroom: impacts on the critical thinking and speaking skill. International Journal of Instruction, v10 n4 p87-108 Oct 2017.

Handayani, Reli. 2017. “Students critical thinking skills in a classroom debate”. LLT Journal Vol. 19 No.2 ISSN 1410-7201 page 132—140.

Baca Juga  4 Pengertian Problem Based Learning Menurut Para Ahli