5 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

By | September 20, 2022

Pengertian demokrasi menurut para ahli ini menguraikan beberapa pengertian dari banyak sudut pandang mengenai pengertian tersebut. Didalamnya terdapat pula tahun, halaman, beserta daftar pustaka untuk memudahkan anda.

Demokrasi merupakan sistem pemerintah dimana kekuasaan berada ditangan rakyat. Sistem ini meruapakan angin segar pada masa dahulu kala dimana sebagian besar sistem pemerintahan menerapkan sistem monarki atau kerajaan.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

pengertian demokrasi menurut para ahli
Demokrasi via unsplash

Ubaedilah dkk (2011:36) menjelaskan bahwa asal kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani berarti kedaulatan atau kekuasaan, suatu sistem pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat. Sistem pemerintahan yang menerapkan demokrasi, dalam keputusannya selalu melibatkan masyarakat atau rakyat. Kemudian warga negara juga bisa memilih calon pemimpin yang dari rakyat dengan tujuan untuk kepentingan rakyat juga.

Dahl, (dalam Yudi Latif, 2011:395) mengemukakan pendapat bahwa demokrasi secara etimologis, berasal dari bahasa Yunani yakni“demos” atau rakyat dan “kratos/cratein” atau pemerintahan. Di Athena, Yunani, kata “demos” umumnya menunjuk pada seluruh rakyat.

Lorens bagus (1986: 134), arti demokrasi (pemerintahan oleh rakyat) mulanya dalam pemikiran yunani merupakan suatu bentuk politik yang mana rakyat sendiri memiliki dan menjalankan seluruh kekuasaan politik.

bannerartikel

Rosyada, dkk (2003:67) menjelaskan definisi demokrasi secara sederhana yakni sistem bermasyarakat, bernegara serta pemerintahan yang memberi penegasan pada keberadaan kekuasaan rakyat.

Magnis-Suseno (dalam Tamara dan Taher, 1996:125), demokrasi adalah sistem politik yang melambangkan kontrol pada pemerintah oleh rakyat atau kedaulatan rakyat, dan kewajiban pemerintah untuk memberi pertanggungjawaban kepada rakyat lewat sistem perwakilan

Daftar Pustaka:

A.Ubaedillah dan Abdul Rozak. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani, Edisi Ketiga). Jakarta: Prenada Media Group.

Latif, Yudi. 2011. Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lorens bagus. 1986. Kamus filsafat. Jakarta: gramedia pustaka utama.

Rosyada, Dede dkk. 2003. Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Magnis-Suseno, Franz. 1996. “Demokrasi: Tantangan Universal” dalam M. Nasir Tamara dan Elza Peldi Taher (Eds.), Agama dan Dialog Antar Peradaban. Cet. I; Jakarta: Paramadina.

Baca Juga  Marketing (Pemasaran): Prinsip, Merancang & Penerapan Harga

Tinggalkan Komentar