7 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

By | September 19, 2022

Pengertian kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas fisik yang membutuhkan ketahanan ataupun kekuatan.

Berikut ini pengertian lain kebugaran jasmani yang diuraikan oleh para ahli. Didalamnya terdapat pula tahun, halaman, serta daftar pustakanya sehingga memudahkan anda dalam menulis referensi.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli
ilustrasi orang sedang berlari via unsplash

Bawiling, Adiputra, & Tirtayasa (2014: 151) menjelaskan pengertian kebugaran jasmani yaitu kemampuan pada fisik seseorang untuk melakukan kegiatan dengan waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan berarti.

Brian J. Sharkey (2003: 354), kebugaran jasmani artinya kombinasi dari kemampuan aerobik, kekuatan, dan ketahanan yang memantapkan kesehatan serta kualitas hidup.

Tri Nurharsono (2006: 52) mendefinisikan kesegaran atau kebugaran jasmani yakni kemampuan fisik individu untuk melakukan pekerjaan ataupun sehari-hari dengan total tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai sisa energi untuk mengerjakan hal-hal darurat yang tidak terduga.

Djoko Pekik Irianto, (2004: 2) kebugaran jasmani artinya yakni kapabilitas individu melakukan kegiatan atau kerja sehari-hari dengan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti sehingga masih bisa menikmati waktu luang.

bannerartikel

Lutan, Tomoliyus, & Hartoto (2002: 42) pengertian kebugaran jasmani yakni kemampuan individu untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan.

Sadoso Sumosardjuno (1992: 19), kesegaran atau kebugaran jasmani merupakan kemampuan individu untuk menyelesaikan tugas harian dengan mudah, tidak mengalami lelah berlebih serta masih memiliki sisa tenaga untuk menikmati waktu luang serta melakukan kegiatan yang bersifat mendadak.

Sumintarsih (2007: 26), menjelaskan maksud kebugaran jasmani secara umum yakni kemampuan individu beraktivitas sehari-hari dengan efisien tanpa mengalami kelelahan berlebih sehingga masih bisa menikmati waktu luang.

Daftar Pustaka:

Baca Juga  5 Pengertian Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Pendapat Para Ahli

Brian J. Sharkey, PhD. 2003. Kebugaran dan Kesehatan.Jakarta: Raja Grafindo.

Bawiling, N.S., Adiputra, N., dan Tirtayasa, K. 2014. Pelatihan Senam Ayo Bergerak, Senam Bugar Indonesia Lebih Meningkatkan Kebugaran Fisik Daripada Senam Ayo Bersatu Pada Wanita Anggota Klub Senam Lala Studio Denpasar. Bali: Sport and Fitness Journal Volume 2 Nomer 1.

Irianto, Djoko Pekik. 2004. Bugar dan Sehat dengan Olahraga. Yogyakarta: Andi.

Lutan, Rusli Hartoto., Tomoliyus. (2002). Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan Sepanjang Hayat. Jakarta: Penerbit Departemen Pendidikan Nasional.

Nurharsono, Tri. 2006. Tes Pengukuran Pendidikan Jasmani dan Tes Kesegaran Jasmani Atlet. Semarang: PJKR FIK UNNES.

Sadoso Sumosardjuno. (1998). Kesehatan Olahraga. Penerbit PT. Grafidian Jaya. Jakarta.

Sumintarsih. (2007). Kebugaran Jasmani untuk Lanjut Usia. Olahraga. Vol. 13, Th. XIII, No. 1. Hlm. 26-40.

Tinggalkan Komentar