5 Pengertian Metode Ceramah Berdasarkan Pendapat Para Ahli

By | Juli 5, 2020

Kali ini membagikan pengertian metode ceramah yang merupakan metode yang sangat umum digunakan dalam menyampaikan materi. Walaupun sudah sangat tua dan lama namun metode ini tetap eksis dan relevan dalam menerangkan sesuatu. lalu apa pengertian metode ceramah?

Ini dia 5 pengertian metode ceramah menurut para ahli:

pengertian metode ceramah
Ilustrasi metode ceramah via facultyfocus.com

Berdasarkan pendapat Wina Sanjaya (2006: 147), menjelaskan bahwa metode ceramah merupakan cara penyampaian pembelajaran dengan penuturan secara lisan ataupun penjelasan secara langsung kepada peserta didik. Metode ini adalah cara mengimplementasikan strategi pembelajaran ekspositori.

Berdasarkan pendapat Hamdani (2011: 278), metode ceramah merupakan cara pembelajaran yang suudah sangat lama diterapkan oleh guru, dengan penyampaian secara lisan kepada peserta didik. Metode ini digunakan untuk materi pelajaran yang memerlukan banyak penjelasan.

Baca Juga: Pengertian metode demonstrasi menurut ahli

Menurut pendapat Muhibbin Syah (2002: 205), pengertian metode ceramah yakni cara mengajar dengan penyajian informasi secara lisan kepada peserta didik atau siswa. Metode ini dapat dikatakan sebagai metode yang ekonomis dan efektif dalam mengatasi literatur atau rujukan yang langka.

Menuurut pendapat Djamarah (2010: 97), metode ceramah menyampaikan informasi materi pembelajaran secara lisan kepada siswa. Dan merupakan metode tradisional yang sejak dahulu telah digunakan dalam proses pembelajaran. Namun demikian metode ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena apalagi pada sekolah-sekolah yang ada di pedesaan dengan fasilitas yang minim.

Berdasarkan pendapat Murwani (2006: 64), metode ceramah banyak digunakan oleh guru pada berbagai situasi serta tujuan pembelajaran. Dalam metode ini guru berperan menyampaikan informasi di depan, sedangkan peserta didik duduk untuk mendengarkan.

Baca Juga: Pengertian metode praktik menurut ahli

Daftar Pustaka:

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Murwani Elika Wati. 2006. Peran Guru Dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Demikianlah pengertian metode ceramah menurut para ahli, anda juga bisa membaca pengertian metode drill. Jangan lupa membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca, terima kasih.

Baca Juga  Mirip tetapi berbeda: Perbedaan Guru dan Pendidik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *