Kajian Teori: 8 Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

By | Desember 22, 2020

Pengertian mind mapping menurut para ahli adalah bahasan kita pada hari ini. Mind mapping (peta pikiran) atau peta konsep merupakan salah satu metode atau cara mengajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Dengan metode ini daya ingat siswa mengenai materi dapat lebih lama dan mudah disimpan.

Lalu apa pengertian mind mapping menurut ahli? Berikut ini ulasannya untuk anda.

pengertian mind mapping menurut para ahli
mind mapping via learningfundamentals.com.au

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Andri Saleh (2008: 100), mengungkapkan bahwa mind mapping adalah diagram yang dipakai untuk memvisualisasikan atau menggambarkan sebuah tema, ide, ataupun gagasan utama dalam sebuah materi pembelajaran.

Baca juga: Pengertian metode demonstrasi

Tony Buzan (2004:4) metode Mind Mapping merupakan cara menulis yang efektif, kreatis serta secara makna “memetakan” pikiran seseorang. Mind map merupakan langkah yang mudah untuk meletakkan informasi kedalam otak maupun mengambil informasi keluar otak kita.

Jensen dan Makowitz (2002: 64) mengemukakan pendapat bahwa mind mapping merupakan cara memvisualisasi verbal ke dalam visual atau gambar yang mana dapat mempermudah menyimpan, memperkuat, serta mengingat kembali suatu informasi yang telah dipelajari.

Caroline Edward (2009; 64), menjelaskan Mind Mapping adalah metode yang sangat efektif serta efisien untuk menyimpan dan mengeluarkan kembali data atau informasi dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak manusia, sehingga potensi dan kapasitas otak pada manusia dapat optimal.

Zampetakis dan Tsironis (2007: 35) mengemukakan bila mind mapping yakni cara yang bisa membuat tugas yang membosankan menjadi menyenangkan serta menarik, sehingga bisa mengoptimalkan konsentrasi dan daya ingat. Dengan mind mapping maka kemampuan keativitas dan mengingat siswa menjadi meningkat.

Bobbi De Porter, Mike Hernacki (2003: 153) menjelaskan bahwa Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah cara mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak, dengan memanfaatkan keseluruhan otak melalui cirta visual dan grafis lainnya untuk membentuk kesan dan melibatkan otak kanan dan kiri.

Baca Juga  Contoh Soal PPG Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Tipe HOTS

Baca juga: Pengertian metode ceramah

Bagus Taruno Legowo, (2009: 5) mengungkapkan Mind Map yakni cara alternatif kegiatan berfikir menyeluruh pada otak terhadap pemikiran linear. Mind map meraih ke berbagai arah serta merangkai berbagai pikiran dari segala sisi. Mind map merupakan cara yang mudah untuk meletakkan informasi ke otak maupun mengambil infromasi ke luar otak.

Susanto Windura (2008:16) menjelaskan secara sederhana bahwa Mind map yakni suatu teknik grafis yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak untuk keperluan berpikir dan belajar.

Daftar Pustaka:

Buzan, T. 2004 . Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning

Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas.Yogyakarta: Sakti

Legowo, Bagus Taruno. 2009. FreeMind Mind Mapping Software. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Markowitz, K.& Jensen, E.. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa.

Saleh, Andri. 2008. Kreatif Mengajar dengan Mind Map. Bandung: Tinta Emas Publishing

Windura, Susanto. 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia

Zampetakis, Leonidas A and Tsironis, Loukas. 2007. Creativity Development in Engineering Education : The Case of Mind Mapping. Journal of Management Development.

Baca juga: Pengertian metode drill

Demikian pengertian metode mind mapping menurut para ahli, anda juga bisa melihat pengertian metode pembelajaran lainnya di situs ini. Terima kasih.