5 Pengertian Pendidikan Inklusi Menurut Pendapat Ahli

By | Juli 17, 2022

Pengertian pendidikan inklusi menurut ahli ini bisa menjadi tambaha referensi anda. Saat ini pendidikan inklusi sedang mengemuka dikarenakan perkembangan dan tantangan jaman yang semakin maju. Oleh sebab itu penting bagi kita semua untuk mengetahui istilah dari pengertian tersebut.

Pengertian pendidikan inklusi menurut ahli

pengertian pendidikan inklusi
pendidikan inklusi via www.unicef.org

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Permendiknas No. 70 Tahun 2009,

Berikut ini beberapa pengertian dari pendidikan inklusi yang diuraikan oleh pendapat ahli yang bisa dijadikan rujukan dalam tulisan atau karya tulis lainnya. Dalam tulisan ini juga disertai daftar pustaka.

Staub dan Peck (Effendi, 2013: 25) menjelaskan pendidikan inklusif yaitu menempatkan anak berkebutuhan khusus baik ringan, sedang maupun berat secara penuh di kelas umum atau regular.

Hildegun Olsen (Tarmansyah, 2007;82), menjelaskan pendidikan inklusi secara mendalam yakni sekolah yang harus mengakomodasi semua peserta didik tanpa
melihat fisik, kecerdasan (intelektual), sosial emosi, bahasa maupun kondisi
lainnya. Pengertian Ini mencakup berbagai peserta didik baik penyandang disabilitas, berbakat, anak jalanan, anak terpencil, anak dari etnis minoritas, bahasa, hingga anak yang termajinalisasi

Ilahi (2013: 24) menjelaskan pengertian pendidikan inklusif yakni sebuah konsep yang menampung semua peserta didik yang mengalami berkebutuhan khusus (ABK) ataupun anak yang memiliki masalah seperti kesulitan membaca ataupun menulis. Semua peserta didik tanpa terkecuali dapat secara mudah mendapatkan pendidikan yang tepat.

bannerartikel

Garnida (2015: 48) mendefinisikan pendidikan inklusif yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang punya keterbatasan tertentu dan peserta didik lainnya yang dijadikan satu dengan tanpa menimbang keterbatasan masing-masing.

Baca Juga  RPP Tematik Tunadaksa "Indahnya Kebersamaan" Kelas V di SLB

Lay Kekeh Marthan (2007:145), Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan untuk siswa yang memiliki kebutuhan pendidikan khusus di sekolah umum atau regular baik di tingkat SD, SMP, SMU, dan SMK yang termasuk luar biasa baik dalam arti kesulitan belajar, lamban belajar, maupun siswa berkelainan.

Demikianlah pengertian pendidikan inklusi menurut ahli, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Effendi, Muhammad. 2013. Perspektif Pendidikan Inklusi. Malang: Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dadang Garnida, 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama.

Marthan, Lay Kekeh.2007.Manajemen Pendidikan Inklusi.Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Tinggalkan Komentar