6 Pengertian Penelitian dan Pengembangan (R&D) Menurut Ahli

By | September 2, 2022

Penelitian dan Pengembangan atau istilah lainnya yakni Research and Development (R&D) merupakan hal yang cukup baru dalam bidang pendidikan. Hasil dari penelitian dan pengembangan sendiri tidak hanya sebatas mengenai media, alat, atau bahan ajar semata. Namun lebih dari itu juga mencakup prosedur, metode, hingga pengelolaan kelas.

Lalu apa pengertian penelitian dan pengembangan (R&D)? berikut ini adalah ulasan lengkapnya menurut ahli. Dalam referensi ini sudah disertai dengan tahun, halaman, hingga daftar pustakanya.

Pengertian penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D)

pengertian penelitian dan pengembangan
Ilustrasi penelitian dan pengembangan via unsplash

Gall, Gall dan Borg (2003: 569) mendefinisikan penelitian dan pengembangan adalah model pengembangan pendidikan untuk merancang produk atau prosedur baru. Dengan dites di lapangan secara sistematis, dievaluasi, kemudian diperbaiki maka akan diperoleh keefektifan, kualitas, ataupun standar yang sama.

Gay, Mills, dan Airasian (2009: 18) menguraikan tujuan penelitian dan pengembangan bukan sekedar menguji atau merumuskan teori, namun untuk menciptakan produk baru yang efektif untuk digunakan di sekolah-sekolah.

Nana Syaodih Sukmadinata (2015: 164) mengemukakan pendapat mengenai pengertian penelitian dan pengembangan yakni metode penelitian yang ampuh untuk memperbaiki praktik. Penelitian ini merupakan prosedur untuk membuat produk atau mengembangkan produk yang ada supaya menjadi lebih baik.

Produk yang dihasilkan tidak hanya berbentuk fisik seperti buku, alat, atau media, tetapi juga program komputer untuk pengelolaan data, pengelolaan kelas, perpustakaan, dll.

bannerartikel

Sugiyono (2015: 407) menjelaskan penelitian pengembangan (R&D) secara sederhana yakni merupakan metode penelitian untuk menghasilkan suatu produk tertentu, serta menguji efektifitas produk tersebut.

Trianto (2011: 206) menjelaskan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) adalah rangkaian prosedur untuk membuat produk baru ataupun menyempurnakan produk yang sudah ada supaya bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga  15 Universitas Yang Membuka Jurusan Desain Interior di Indonesia

Adapun produk yang dihasilkan bisa bermacam-macam bisa perangkat keras seperti alat, modul, buku, maupun perangkat lunak seperti program untuk pembelajaran, laboratorium, perpustakaan, evaluasi dll.

Zainal Arifin ( 2011: 126) menjelaskan pengertian penelitian dan pengembangan (R&D) adalah suatu metode untuk mengatasi kesenjangan antara penelitian terapan dan penelitian dasar. Seringkali dalam penelitian ditemukan kesenjangan antara hasil penelitian yang bersifat teoritis dengan hasil penelitian yang bersifat praktis. Maka penelitian pengembembangan dapat mengatasi kesenjangan tersebut.

Demikianlah pengertian penelitian dan pengembangan atau R&D, semoga artikel ini bisa menambah referensi ada. Anda bisa mengutip artikel ini namun jangan lupa untuk menyertakan sumbernya, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Borg, W R & Gall, M D. 2003. Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2009). Educational research : competencies for analysis and applications (9th ed.). Upper Saddle River

Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.

Tinggalkan Komentar