5 Pengertian Penelitian Survei (Survey) Menurut Ahli

By | September 3, 2022

Penelitian survei merupakan salah satu model dari penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data ataupun informasi dari suatu sampel untuk menggambarkan suatu populasi. Untuk mengumpulan datanya pun ada beberapa cara bisa menggunakan angket, maupun wawancara.

Lalu apasih pengertian lainnya dari penelitian survei? berikut ini pengertian menurut ahli yang disertai dengan tahun, halaman, serta daftar pustakanya, semoga bermanfaat.

Pengertian penelitian survei (survey) menurut ahli

pengertian penelitian survei menurut ahli
penelitian survei via unsplash

Fraenkel dan Wallen (Zainal Arifin, 2011: 64), menjelaskan pengertian penelitian survei yaitu penelitian dengan menghimpun informasi dari suatu sampel dengan menanyakan lewat angket maupun wawancara untuk menggambarkan berbagai aspek dari populasi.

Trianto (2011: 200) mengemukakan penelitian survei adalah penelitian yang bertujuan untuk menghimpun informasi mengenai variabel dari populasi atau sekelompok objek. Penelitian ini banyak digunakan untuk memecahkan masalah pada bidang pendidikan termasuk perumusan kebijakan.

Cohen dan Nomion (Sukardi, 2003: 193) mengungkapkan bahwa penelitian survei (survey) merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data dengan beberapa tujuan diantaranya mendeskripsikan keadaan apa adanya saat itu, mengidentifikasi keadaan saat ini untuk dibandingkan, serta menentukan hubungan sesuatu.

bannerartikel

Model penelitian ini sendiri paling baik untuk memperoleh dan menghimpun data original atau asli untuk mendeskripsikan populasi.

Rukaesih A. Maolani & Ucu Cahyana (2015: 81), menjelaskan pengertian penelitian survei yaitu penelitian tentang keadaan saat ini. Penelitian ini mengukur apa yang ada tanpa bertanya mengapa ada. Dalam pengumpulan datanya, survei menggunakan angket dan wawancara.

Nana Syaodih Sukmadinata (2015: 82) mengemukakan pendapat bahwa penelitian survei digunakan untuk menghimpun data atau informasi mengenai populasi yang besar menggunakan sampel yang relatif kecil. Penelitian ini digunakan untuk mendapatkan gambaran umum mengenai karakteristik populasi seperti usia, jenis kelamin, suku, pendidikan, agama, pekerjaan, dll.

Baca Juga  20 Jurusan Yang Menjanjikan Buat Kamu Yang Ingin Kuliah

Demikian tadi pengertian penelitian survei menurut beberapa tokoh ahli. Apabila anda rasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maolani & Ucu Cahyana. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara: Jakarta

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.

Tinggalkan Komentar