4 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Ahli

By | Januari 1, 2022

Pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) berikut ini dijabarkan menurut ahli. Adapun ahli-ahli yang ada di artikel ini sudah berkecimpung dalam bidang penelitian serta menulis buku-buku metodologi penelitian. Untuk mengetahui penjabaran mengenai pengertian PTK, langsung saja simak pada artikel ini hingga akhir.

Pengertian penelitian tindakan kelas
ilustrasi seorang guru sedang mengajar peserta didik atau siswa di dalam kelas via gcu.edu

Pengertian penelitian tindakan kelas

Wijaya Kusuma (2009: 9) menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) secara sederhana yakni penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas.

O’Brien dalam Endang Mulyatiningsih (2011: 60) mengemukakan bahwa PTK merupakan penemuan masalah pada siswa di kelas, yang mana kemudian guru sebagai peneliti menerapkan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Pengertian penelitian kualitatif menurut ahli

Suroso (2009: 30), pengertian PTK adalah suatu penelitian yang bersifat reflektif, untuk memperbaiki praktik pembelajara di kelas secara profesional dengan menggunakan tindakan-tindakan tertentu.

bannerartikel

Suharsimi Arikunto (2008: 3) berpendapat bahwa PTK adalah pencermatan pada aktivitas belajar berupa tindakan yang mana sengaja dimunculkan serta terjadi pada suatu kelas secara bersama.

Dari berbagai pendapat diatas maka dapat ditegaskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu jenis metode penelitian untuk memecahkan permasalahan siswa dikelas melalui tindakan.

Adapun permasalahan pada siswa antara lain prestasi belajar, motivasi belajar, minat belajar, dan masih banyak lainnya. Dari masalah yang nampak nantinya guru mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui penelitian.

Demikianlah pengertian PTK yang diuraikan oleh beberapa ahli. Semoga bisa menjadi referensi anda. Silahkan apabila ingin digunakan namun jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.

Baca Juga: Pengertian penelitian kuantitatif menurut ahli

Daftar Pustaka:

Kusuma, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research). Jogjakarta : Pararaton.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Silahkan bagikan artikel ini apabila anda rasa bermanfaat, terima kasih.

One thought on “4 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Ahli

  1. Pingback: 5 Pengertian Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Pendapat Para Ahli

Tinggalkan Komentar