Kajian Pustaka: 6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

By | September 12, 2022

Sejarah merupakan cabang ilmu yang membahas manusia atau kejadian yang telah terjadi di masa lalu yang tercatat serta mempunyai bukti-bukti yang nyata. Berikut ini pengertian sejarah menurut ahli lainnya.

Sejarah sangat penting dipelajari oleh anak mudah supaya menjadikan pengingat atau motivasi dalam menjalani kehidupan pada masa sekarang.

Dalam pengertian ini didalamnya telah memuat juga tahun, halaman, serta daftar pustakanya sehingga dapat diperdalam dengan mencari sumber tersebut.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

pengertian sejarah menurut ahli
Ilustrasi sejarah via unsplash.com

Daldjoeni (1997: 71) menjelaskan pengertian sejarah secara sederhana yakni catatan mengenai berbagai hal yang pernah diperbuat atau dikatakan oleh manusia.

Sidi Gazalba (1981: 13) menjabarkan definisi sejarah yakni suatu gambaran pada masa lampau mengenai manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang mana ditata secara ilmiah serta lengkap, mencakup urutan fakta masa tersebut melalui penafsiran dan penjelasan, yang memberikan pengertian mengenai apa yang telah terjadi.

bannerartikel

Hugiono dan P.K. Poerwantana (1992: 9). Menjelaskan arti sejarah yakni suatu sistem yang meneliti kejadian sejak awal serta tertata dalam wujud kronologi. Di masa yang sama sejarah mmerupakan peristiwa masa dahulu yang memiliki catatan ataupun bukti-bukti yang konkrit.

Kuntowijoyo (1995: 18) mengemukakan pendapat bahwa sejarah adalah cabang ilmu yang mengulas secara runtut atau sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan serta dinamika dalam kehidupan manusia dengan segala aspek kehidupannya yang sudah terjadi di masa lampau.

Soewarso (2000: 26) menjelaskan pengertian dari sejarah merupakan biografi, setiap orang memiliki biografi, termasuk juga orang di masa lalu, namun yang dipelajari hanya biografi manusia yang memiliki peran penting yang tercatat pada sejarah. Kehidupan orang yang mempunyai peranan penting pada masa lalu itu yang akan ditiru generasi muda di masa saat ini.

Baca Juga  12 Universitas Swasta di Jogja Terbaik Dan Terkenal

Daftar Pustaka:

Daldjoeni. (1997). Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni.

Sidi Gazalba.1981. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta. Bharata

Hugiono dan P.K. 1992. Poerwantana, Pengantar Ilmu Sejarah , (Jakarta : PT Rineka Cipta.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya

Soewarso.2000. Cara-cara Penyampaian Pendidikan Sejarah Untuk Membangkitkan. Minat Peserta Didik Mempelajari Bangsanya. DEPDIKNAS

Tinggalkan Komentar