8 Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

By | September 18, 2022

Pengertian teks deskripsi menurut para ahli bisa menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan. Didalam referensi ini sudah terdapat pula tahun, halaman, serta daftar pustaka sehingga bisa memudahkan anda.

Teks deskripsi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan obyek dengan rinci. Berikut ini pengertian teks deskripsi yang diuraikan oleh pendapat para ahli.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

pengertian teks deskripsi menurut ahli
Teks deskripsi via unsplash.com

Knapp & Watkins (2005:97) menjabarkan pengertian teks deskripsi yakni teks yang dipakai untuk menglasifikasikan ataupun mengkategorikan hal-hal yang didapat dari pengamatan, interaksi, maupun pengalaman.

Keraf (1981: 93) secara sederhana menjelaskan definisi deskripsi atau pemerian adalah suatu jenis tulisan yang bertalian untuk memberikan rincian-rincian dari obyek sasaran.

Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuchdi (1999: 167) menjabarkan teks deskripsi menguraikan suatu obyek lewat kata-kata. Adapun obyek yang digambarkan bisa orang, benda, tempat, peristiwa, ataupun lainnya.

Tarigan, (2008: 52) menjelaskan teks deskripsi adalah teks yang bertujuan untuk mengajak pembaca bersama-sama merasakan, menikmati, dan memahami obyek yang menjadi sasaran penulis dengan sebaik-baiknya.

bannerartikel

Enre (1988:158), teks deskripsi memiliki fungsi yakni membuat pembaca seolah-olah menyaksikan wujud sesungguhnya dari materi yang disajikan , sehingga kualitasnya yang khas bisa dikenal dengan jelas.

Nursisto (1999:40) menyatakan teks deskripsi artinya teks yang menggambarkan obyek sesuai keadaan yang sebenarnya sehingga para pembaca bisa melihat, mendengar, merasakan, ataupun mencium obyek yang digambarkan.

Dalman (2014:94-95) berpendapat bahwa teks deskripsi menggambarkan obyek atau kejadian dengan jelas, rinci, serta membuat pembaca seakan-akan merasakan ataupun mengalami obyek yang dijabarkan sehingga teks ini bisa dibilang berisi perincian obyek.

Sabarti Akhadiah, dkk, (1993: 131) pengertian teks deskripsi adalah usaha melukiskan melalui kata-kata wujud maupun sifat suatu obyek. Tujuannya yakni untuk memunculkan maupun menciptakan kesan mengenai seseorang, obyek, tempat, maupun benda tertentu.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Mendidik Anak Sesuai Usia Perkembangan

Daftar Pustaka:

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Knapp, P dan Megan Watkins. 2005. Genre Text, Grammar: Technologies for. Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South. Wales Press Ltd.

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Enre, Fachrudin. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Kanisius.

Rofi’udin, Ahmad dan Darmiati Zuchdi. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra. Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud

Nursisto, 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cita.

Tinggalkan Komentar