8 Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

By | Juli 11, 2022

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses melakukan sesuatu hal. Berikut ini pengertian lain menurut para ahli yang bisa kamu gunakan sebagai tambahan referensi.

Pengertian Teks Eksplanasi

pengertian teks eksplanasi
Seseorang menjelaskan sesuatu via onepercentbetter.com

Anderson & Anderson (2000: 80) mengungkapkan teks eksplanasi berujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia.

Barwick (2007: 50) teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses ataupun alasan sesuatu bisa terjadi di dunia ini.

Isnatun & Farida (2013: 80) menjelaskan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang menjabarkan mengenai proses terjadinya ataupun terbentuknya suatu fenomena, baik alam maupun sosial.

Knapp & Watkins (2005: 126) menjelaskan teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan mengapa dan menjelaskan bagaimana.

Kosasih (2014:177) Teks eksplanasi yakni teks yang memaparkan proses terjadinya sesuatu maupun hubungan peristiwa secara lengkap.

bannerartikel

Priyatni (2014: 82) menjabarkan teks ekplanasi yakni teks yang berisi penjelasan mengenai proses yang berkaitan dengan fenomena alam, budaya, sosial, ataupun lainnya.

Pardiyono (2007: 155) mengemukakan bahwa teks eksplanasi menjelaskan tentang suatu proses terjadi ataupun terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

Restuti (2013: 85) menjelaskan secara sederhana mengenai teks eksplanasi yaitu teks yang menjelaskan ataupun menerangkan proses atau peristiwa alam maupun sosial.

Demikianlah pengertian teks eksplanasi menurut para ahli, semoga bermanfaat. Kamu bisa mengambil referensi di artikel ini tetapi jangan lupa untuk menyertakan sumbernya, terima kasih.

Daftar pustaka

Anderson, M. and Anderson, K.. 2000. Text Types in English. Australia: Macmillan Education Australia Pty. Ltd.

Barwick, J. 2007. Targetting Text Photocopiable Unit Based On English text Types: Information Reports, Explanations, Discussion: Upper level. Australia: Blake Education

Isnatun dan Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaedah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya

Knapp, P dan Megan Watkins. 2005. Genre Text, Grammar: Technologies for. Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South. Wales Press Ltd

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa. Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: CV. Andi

Priyatni, E.T. 2014. Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi aksara.

Restuti. 2013. Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Baca Juga  Pembelajaran Daring, Luring, Campuran; Kelebihan, & Kelemahannya

Tinggalkan Komentar