5 Alasan Pentingnya Komunitas Untuk Orang Tua Yang Memiliki ABK

By | Juni 28, 2021

Komunitas merupakan kumpulan individu ataupun orang yang mempunyai kesamaan, bisa kultur, ras, agama, geografi, maupun keadaan. Pada topik kali ini kita mengulas mengenai komunitas orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus tertentu.

Pentingnya komunitas untuk orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus penulis jabarkan dalam artikel ini. Oleh karena itu untuk mengetahuinya silahkan simak tulisan berikut ini.

Pentingnya Komunitas Untuk Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Pentingnya Komunitas Untuk Orang Tua Yang Memiliki ABK
Sebuah Komunitas via cct.org

1. Sebagai sarana diskusi

Komunitas dapat dimanfaatkan sebagai sarana diskusi. Dalam komunitas tertentu misalnya komunitas autis, para orang tua bisa saling berbagi pengalaman dalam mendidik anak autis. Dengan bertukar pengalaman, orang tua bisa memiliki lebih banyak referensi untuk diterapkan dalam menangani anak.

Baca Juga: Cara meningkatkan inisiatif pada ABK

2. Tempat belajar

Komunitas juga bisa menjadi sarana tempat belajar. Di komunitas, para orang tua bisa membuat agenda beberapa bulan sekali mengundang tenaga ahli untuk menjadi naraumber. Misalnya komunitas anak tunanetra bisa mengundang guru atau dosen yang ahli mengenai tunanetra. Disitu kita bisa belajar lebih mendalam dalam mengenal anak berkebutuhan khusus tertentu. Selain itu kita juga bisa aktif bertanya mengenai permasalahan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak.

3. Menambah relasi

Bergabung komunitas merupakan salah satu cara menambah relasi. Dalam komunitas terdapat beberapa atau banyak anggota yang bisa kita ajak untuk bertukar informasi maupun saling mendukung untuk perkembangan anak berkebutuhan khusus.

4. Tempat untuk saling memotivasi

Dengan adanya komunitas juga bermanfaat sebagai sarana tempat untuk saling mendukung dan memotivasi. Seringkali karena anggota komunitas memiliki keadaan yang sama yakni memiliki anak berkebutuhan khusus. Antar anggota menjadi lebih memahami satu sama lain dan bisa saling mendukung dan menguatkan.

Baca Juga  Lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Kerja Apa? Simak 5 Peluang ini

5. Tempat untuk bersosialisasi

Komunitas bisa menjadi ajang bersosialisasi. Selain melakukan kegiatan yang bersifat edukasi, bisa juga melakukan kegiatan yang sifatnya rekreasi bersama misalnya mengadendakan dalam beberapa bulan sekali berkunjung ke tempat wisata yang menarik. Dalam kegiatan tersebut jangan lupa untuk mengikutsertakan anak supaya anak dapat juga bersosialisasi dengan teman-temannya.

Baca Juga: Jangan ucapkan ini pada ABK

Demikianlah alasan pentingnya komunitas untuk orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus (ABK). Apabila artikel ini anda rasa bermanfaat, silahkan bagikan juga pada orang lain, terima kasih.