5 Hal Pentingnya Melatih Kewirausahaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

By | Februari 12, 2021

Kewirausahaan merupakan suatu proses usaha dalam menerapkan ide untuk mengatasi masalah yang ada disekitar dan sekaligus bisa menjadi peluang bisnis. Sedangkan wirausaha adalah orang yang mampu membuka suatu usaha secara mandiri.

Pembelajaran kewirausahaan sangat penting dilatih sejak dini pada semua orang termasuk anak berkebutuhan khusus. Terlebih lagi di Indonesia para wirausahawan sangat sedikit. Hal tersebut bisa menjadi solusi di tengah sulitnya untuk mencari kerja saat ini sehingga paling tidak seseorang bisa melanjutkan hidup dengan lebih layak.

Ilmu kewirausahaan sangat penting bagi anak berkebutuhan khusus karena didalamnya terdapat ilmu-ilmu yang mengajarkan kreativitas dan kemampuan mengambil peluang ataupun kesempatan. Memang anak berkebutuhan khusus terdiri dari berbagai macam kekhususan dan hambatan. Namun dengan pelatihan yang sesuai dengan potensinya tentu bisa dilakukan.

pentingnya melatih kewirausahaan bagi anak berkebutuhan khusus
ilustrasi anak menjual minuman lemon via readbrightly.com

Ada banyak contoh latihan kewirausahaan yang bisa diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus yang disesuaikan dengan potensi anak, namun tentunya hal tersebut perlu dukungan berbagai pihak baik sekolah maupun keluarga.

Lalu apa pentingnya melatih kewirausahaan bagi anak berkebutuhan khusus? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda

Alasan Pentingnya Melatih Kewirausahaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Membekali anak tentang ilmu kewirausahaan

Ilmu kewirausahaan sangat penting bagi seseorang karena didalamnya menyangkut kemampuan-kemampuan seperti salah satunya mengambil peluang. Paling tidak anak mengerti tentang mainset kewirausahaan yang bisa dan bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan.

Contoh: Ada anak berkebutuhan khusus yang sering membantu membajak sawah ketika hari libur.

Melatih kemandirian anak

Dengan belajar kewirausahaan, anak berkebutuhan khusus bisa menjadi mandiri misalnya saja belajar berjualan yang mana hasilnya bisa digunakan untuk menambah pemasukan atau sekedar membeli barang yang disukai.

Contoh: Terdapat siswa SLB yang aktif berjualan produk melalui sosial media untuk menambah uang jajan.

Baca Juga  Rekomendasi: 5 Tempat Yang Menjual Kursi Roda Bekas

Mengembangkan kreativitas

Kemampuan kewirausahaan selain bisa mencari pelunang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan ilmu kewirausahaan juga bisa melatih anak berkebutuhan khusus (ABK) mengembangkan kreativitas seperti penemuan hal ataupun produk yang unik dimana bisa bermanfaat untuk orang lain dan belum terpikirkan.

Contoh: Di SLB biasanya siswa berkebutuhan khusus dilatih keterampilan tertentu misalnya saja merangkai bunga hingga yang sulit seperti membatik.

kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK)
lnfografik kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK)

Menghindarkan pada perilaku yang konsumtif

Dengan pembelajaran kewirausahaan, anak bisa lebih menghargai uang dikarenakan tidak mudah untuk mendapatkan. Sehingga membuat anak terbiasa untuk menghindari pola perilaku yang konsumtif yang mana bisa merugikan diri sendiri.

Meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia

Bukan tidak mungkin dengan pembelajaran kewirausahaan bisa menghasilkan anak berkebutuhan khusus yang bisa menjadi seorang wirausaha dikemudian hari. Hal demikian dimungkinkan karena di internet sudah ada para disabilitas yang sukses dengan bidang tertentu. Terlebih lagi jumlah wirausaha di Indonesia sangat sedikit. Oleh karena itu dengan semakin banyak wirausahawan pasti pengangguran akan berkurang.

Tentu tidak mudah dalam melatih anak berkebutuhan khusus tentang ilmu kewirausahaan sehingga perlu kesabaran dan dorongan agar mereka dapat berkembang dengan baik.