Perbedaan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Dan Sekolah Luar Biasa (SLB)

By | Juli 7, 2017
Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan Luar Biasa via education.fsu.edu

Pernahkah Anda mendengar istilah Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Mungkin sekilas kedua istilah tersebut terdengar hampir sama, namun sebetulnya istilah tersebut memiliki perbedaan. Akan tetapi baik PLB maupun SLB sama-sama bergerak dalam bidang penanganan anak berkebutuhan khusus atau difabel. Meskipun masih banyak orang-orang yang kurang berminat dalam penanganan anak berkebutuhan khusus, namun sebetulnya tugas ini merupakan tugas yang sangat mulia.

Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Bagi Anda yang ingin dan tertarik terjun dalam bidang anak berkebutuhan khusus, maka Anda bisa menempuh pendidikan terlebih dahulu dengan mengambil jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dalam pendidikan ini Anda akan diajarkan untuk mengetahui secara lebih lanjut mengenai seluk beluk anak berkebutuhan khusus serta berbagai pelajaran perihal anak-anak tersebut.

Selain itu, hal yang paling utama yang akan Anda pelajari dalam PLB adalah pembuatan kurikulum yang disesuaikan dengan kategori anak berkebutuhan khusus. Selanjutnya Anda akan memperoleh pelajaran mengenai cara memberikan metode pembelajaran kepada siswa berkebutuhan khusus sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga  6 Tips Melatih Anak Untuk Mengelola Keuangan Sendiri

Dalam Pendidikan Luar Biasa ini Anda akan mempelajari juga tentang psikologi anak yang berkebutuhan khusus karena nantinya masing-masing anak akan memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Dengan permasalahan atau kendala dari masing-masing anak yang berbeda itulah, maka Anda akan diberikan cara penanganan yang sesuai dengan karakteristik serta permasalahan yang dialami oleh masing-masing anak. Dengan memahami masing-masing materi serta praktik dalam Pendidikan Luar Biasa ini, maka Anda akan dipersiapkan menjadi seorang guru Sekolah Luar Biasa yang berkompeten.

Sekolah Luar Biasa

Sekolah Luar Biasa via Nusakini.com

Sekolah Luar Biasa (SLB)

Sedangkan Sekolah Luar Biasa atau Sekolah khusus merupakan jenis pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dari SLB inilah, maka anak-anak yang berkebutuhan khusus ini akan terbantu dan menjadi pribadi yang baik dan memiliki pengetahuan sesuai dengan karakteristik serta kemampuan belajar mereka. Hal ini tentu akan berbeda dengan sekolah formal pada umumnya yang lebih mengutamakan pada pengetahuan anak.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

Dengan mengikuti Sekolah Luar Biasa ini, maka seorang siswa akan belajar lebih mandiri, mampu berinteraksi dengan lingkungan serta tak merasa diasingkan. Bahkan banyak Sekolah Luar Biasa yang mampu melahirkan siswa-siswa berprestasi dalam berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Oleh karena itu, maka tak heran jika para guru Sekolah Luar Biasa merupakan guru yang telah benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin agar mereka mampu terjun dalam dunia pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Anda tak perlu berpikir panjang jika tertarik dengan dunia pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Karena selain menawarkan karir yang bagus, Anda juga akan menjadi seseorang yang lebih bersimpati, empati dan berjiwa kemanusiaan. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri Anda untuk menjadi mahasiswa PLB untuk nantinya dipersiapkan menjadi guru SLB yang mampu membimbing serta mendidik anak-anak berkebutuhan khusus menjadi pribadi yang mandiri dan unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *