Mengubah Perilaku Buruk Anak Dengan Teknik Token Ekonomi

By | Januari 10, 2019

Seriangkali bagi kita orang tua, guru, ataupun pengasuh merasa kesulitan dalam mendidik anak, terlebih bila anak tersebut cenderung berperilaku buruk seperti nakal, sering menangis, suka menyakiti temannya, tidak mau duduk tenang, maupun berbagai masalah lain. Sehingga tidak hanya merugikan anak tersebut namun merugikan pula bagi orang lain.

teknik token ekonomi
ilustrasi guru mendidik anak via icebreakerideas.com

Perilaku buruk anak yang tidak dikehendaki tentunya harus ditangani bila tidak ingin menjadi semakin parah. Banyak metode yang dapat digunakan sebagai sarana mengubah atau memodifikasi perilaku buruk anak, token ekonomi merupakan salah satunya.

Token ekonomi sendiri secara sederhana merupakan wujud modifikasi perilaku dengan cara mengurangi serta mengubah perilaku yang tidak dikehendaki menjadi perilaku yang dikehendaki dengan token atau tanda yang dapat ditukarkan. Apabila tanda yang sudah dikumpulkan memenuhi target pada rentang waktu tertentu maka dapat ditukarkan dengan benda yang disukai anak.

Berikut ini adalah salah satu media yang digunakan pada penerapan teknik token ekonomi yakni media papan bintang, lalu bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Simak saja pada keseluruhan artikel dibawah ini.

Papan Bintang

a. Deskripsi

Media papan bintang ini digunakan sebagai wujud modifikasi perilaku yang dirancang untuk meningkatkan perilaku yang dikehendaki dan pengurangan perilaku yang tidak dikehendaki menggunakan Tokens (tanda-tanda) berupa stiker bintang. Token itu dikumpulkan dan ditempelkan pada papan bintang. Pada akhir minggu, yang mendapat token paling banyak akan mendapat stiker lucu yang disuki anak.

b. Tujuan

Media ini bertujuan menempelkan token bintang. Tujuan pemberian token ini untuk meningkatkan perilaku yang dikehendaki dan pengurangan perilaku yang tidak dikehendaki sehingga kelas menjadi tertib dan siswa menjadi disiplin dalam mengikuti pembelajaran. Media pada kasus ini digunakan pada setting kelas tetapi bisa pula diterapkan di rumah.

Baca Juga  RPP Tematik K13 Untuk ABK dan Siswa Umum Dalam Satu Kelas Di Sekolah Inklusi

c. Pembuatan media

Bahan:

Media papan bintang dibuat dengan menggunakan kertas ivory ukuran A3 dan sterofom.

Cara membuat:

  1. Desain gambar menggunakan coreldraw baik desain papan tempel dan bintangnya,
  2. kemudian print pada kertas ivory ukuran A3,
  3. Rekatkan layout papan tempel dengan sterofom,
  4. Potong bintang-bintang yang akan ditempelkan pada papan tempel,
  5. Tempelkan papan tempel pada dinding yang dapat dilihat namun tidak dapat dijangkau anak.

d. Cara penggunaan media

  1. Memberi penjelasan kepada anak mengenai media papan bintang. Setiap hari anak akan mendapat bintang jika berbuat baik.
  2. Bintang itu dikumpulkan dan ditempelkan pada papan. Pada akhir minggu, yang mendapat token (bintang) paling banyak akan mendapat stiker lucu atau benda apapun yang sekiranya anak tertarik.

Artikel mengenai token ekonomi ini merupakan karya Krisnanto Try S dan Agustiani Viki yang disusun untuk memenuhi tugas lokakarya pendidikan inklusi pada Program Profesi Guru (PPG) SM3T, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *