5 Tips Membuat Presentasi Power Point Untuk Sidang (Ujian) Skripsi

By | Desember 25, 2017

Skripsi merupakan salah satu tugas penelitian yang harus dilaksanakan sebagai syarat untuk meraih gelar S1 atau strata satu. Pada kegiatan tersebut mahasiswa menjadi peneliti untuk melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan prodi yang dijalani. Peneliti melaksanaan penelitian biasanya berlangsung antara dua bulan atau lebih. Setelah penyusunan skripsi selesai, penelitian akan dihadapkan pada ujian atau sidang skripsi dihadapan dosen penguji untuk mempertanggungjawabkan hasil penelitian yang dilaksanakan.

Ilustrasi sidang skripsi

Ilustrasi sidang skripsi via www.ethos3.com

Berbagai hal tentunya harus dipersipkan untuk menghadapi sidang tersebut, salah satunya adalah membuat file presentasi agar peneliti mudah dalam menyampaikan hasil penelitian kepada dewan penguji. Lalu bagaimana cara membuat file presentasi yang baik?, berikut ini tips membuat presentasi atau power point ujian atau sidang skripsi:

Tampilan

Tampilan power poin

Tampilan power poin via cms-assets.tutsplus.com

Tampilan merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena menentukan kesan pertama bagi orang yang melihat. Kesederhanaan merupakan salah satu rekomendasi bagi kamu dalam membuat tampilan power point. Terlalu banyak hiasan bukan merupakan ide yang baik karena hal tersebut akan membuat orang yang melihat lelah atau bahkan malah sulit untuk memahami isi power point. Teman-teman harus selalu memegang prinsip bahwa tujuan teman-teman membuat power point adalah menyampaikan informasi agar orang yang melihat dapat dengan mudah memahami isi.

Pewarnaan

Pewarnaan

Pewarnaan via festival.org

Tips bagi teman-teman ketika membuat power point untuk penelitian adalah memilih dan mempertimbangkan warna yang digunakan. Usahakan isi materi power point mudah dibaca karena umumnya ketika sidang atau ujian berlangsung. Dewan pengguji rata-rata adalah dosen yang sudah agak tua dengan penghlihatan yang tidak seperti anak yang masih muda. Untuk itu pilihlah warna gelap seperti hitam untuk font, dan putih atau warna terang lainnya untuk backgroundnya.

Baca Juga  5 Tantangan Dalam Menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Tata letak

Tata letak

Tata letak via ninjaforms.com

Kerapian akan membuat orang yang melihat merasa nyaman. Sehingga aturlah tampilan power point teman-teman serapi mungkin. Mintalah pertimbangan orang lain mengenai power point yang telah teman-teman buat.

Font

Ilustrasi font

Ilustrasi font via cdn0.tnwcdn.com

Tips untuk pemilihan font atau huruf untuk power point yang formal gunakan huruf yang umum digunakan seperti times new roman, arial, atau calibri. Penggunaan huruf yang rumit akan menyebabkan orang yang melihat sulit untuk memahami. Penggunaan huruf tersebut juga akan membuat tampilan power point rapi dan elegan.

Tidak terlalu banyak menggunakan gambar bergerak

Sederhana tidak rumit

Sederhana tidak rumit via i.pinimg.com

Beberapa orang tentu menganggap file presentasi dengan banyak gambar bergerak (animasi) itu keren, tetapi yang berlebihan pasti kurang baik. Terlalu banyak gambar bergerak dapat memecah konsentrasi audien yang melihat data yang disajikan di power point karena cenderung terbayang bayang pada gambar yang bergerak. Sebaiknya menempatkan gambar bergerak di beberapa slide tertentu saja. Atau apabila anda tidak memberikan gambar bergerak (animasi) juga tidak masalah yang penting adalah data poin-poin yang anda sajikan.

Demikian tips membuat power point di sidang atau ujian skripsi, semoga bermanfaat bagi anda yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *