4 Pengertian Problem Based Learning Menurut Para Ahli

By | Oktober 13, 2020

Problem Based Learning (PBL) atau di Indonesia dikenal juga pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran dimana menyuguhkan suatu masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan bagi siswa atau peserta didik untuk berfikir kritis dan menemukan alternatif pemecahan masalah. Pembelajaran ini menuntut siswa untuk belajar dengan mandiri dan juga aktif.

Lalu apa saja pengertian lainnya tentang Problem Based Learning? Berikut adalah pengertian lainnya yang diuraikan oleh beberapa ahli

problem based learning
ilustrasi orang berdiskusi via classcraft.com

Pengertian Problem Based Learning Menurut Para Ahli:

Pendapat Arends

Arends (2007: 43) menjelaskan bila pada dasarnya PBL menyajikan berbagai situasi bermasalah yang autentik serta memiliki makna kepada siswa, yang mana bisa berfungsi sebagai batu pijakan untuk melakukan kegiatan investigasi serta penyelidikan.

PBL ini dirancang untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta keterampilan problem solving atau menyelesaikan masalah, dan menjadi pembelajar yang mandiri.

Baca Juga: Pengertian metode karyawisata

Pendapat Barrett

Barrett (2011: 4) menguraikan bahwa PBL merupakan pembelajaran yang dihasilkan dari suatu proses pemecahan masalah yang disajikan di awal proses pembelajaran. Siswa belajar dari masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari, mengorganisasi, merencana, serta memutuskan apa yang dipelajari dalam kelompok kecil.

Pendapat Boud

Boud (2010: 285) menjelaskan PBL yakni pendekatan pembelajaran yang mengarah pada pelibatan siswa dalam mengatasi masalah belajar dengan praktik nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Pendapat Tan

Tan (2003: 22) menguraikan bahwa PBL merupakan suatu pembelajaran yang mana penerapannya bukan sekedar memasukkan masalah dalam kelas, namun juga dalam kegiatannya memberi kesempatan pada peserta didik untuk aktif membentuk pengetahuan lewat interaksi serta penyelidikan dengan kolaborasi.

Dari berbagai pendapat tersebut maka dapat ditegaskan bahwa PBL atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mana siswa disajikan suatu masalah nyata yang dekat dengan kehidupan, selanjutnya siswa mencari alternatif penyelesaian masalah dalam kelompok kecil.

Baca Juga  Menguraikan Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan

Baca Juga: Pengertian metode demonstrasi

Daftar Pustaka:

Arends, Richard I. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies

David Boud. (2010). Problem-based Learning in Education for the Professions. Higher Education Research and Development Society of Australia

Tan, Oon-Seng. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to. Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning

Terry Barrett. (2011). New Approaches to problem based learning. Dublin: University College Dublin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *