Beranda Dunia PLB Sekolah Inklusi Atau SLB: Dimana Sebaiknya ABK Bersekolah

Sekolah inklusi atau SLB? Pertanyaan tersebut mungkin muncul pada anda para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) atau anak disabilitas.

Hal tersebut sangatlah wajar karena tentunya orang tua ingin menyekolahkan anaknya di tempat yang paling tepat. Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita akan mengulas terlebih dahulu sekolah inklusi dan SLB.

Anak berkebutuhan khusus merupakan siswa yang mengalami hambatan pada sensori, motorik, mental intelektual, maupun masalah perkembangan lain sehingga membutuhkan layanan khusus untuk mengembangkan segala potensinya supaya optimal.

sekolah inklusi atau SLB

Beberapa anak yang tergolong dalam anak berkebutuhan khusus diantaranya seperti tunanetra, tunarungu, autis, tunagrahita, tunadaksa, anak berkesulitan belajar spesifik, tunalaras, maupun tunaganda.

Perlu diketahui umumnya anak berkebutuhan khusus bersekolah di SLB dan di sekolah inklusi. Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan sekolah yang menerima semua ABK untuk dididik dan dikembangkan sesuai potensinya. Arah pembelajaran di SLB lebih menekankan pada penguasaan keterampilan tertentu, sedangkan akademinya diarahkan pada akademik fungsional.

Sedangkan Sekolah Inklusi adalah sekolah yang berisi anak umum dari berbagai latar belakang dan ABK atau disabilitas belajar bersama dalam satu kelas. Umumnya di sekolah inklusi terdapat Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang fokus pada perkembangan ABK di sekolah tersebut.

Sekolah inklusi atau SLB?

Lalu dimana sebaiknya anak berkebutuhan khusus bersekolah, di sekolah Inklusi atau SLB? Maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tergantung. Memang ada jenis kekhususan siswa ABK yang akan jauh lebih baik bersekolah di SLB, namun ada juga siswa ABK yang akan berkembang di sekolah inklusi.

ABK di Sekolah Inklusi

Anak berkebutuhan khusus yang memungkinkan bersekolah di Sekolah Inklusi yakni diantaranya tunanetra, tunarungu, tunalaras, maupun anak berkesulitan belajar spesifik. Dengan dukungan dari GPK sejak dini akan membuat para siswa tersebut memiliki modal untuk belajar di sekolah inklusi.

Hal tersebut karena beberapa kekhususan tadi tidak memiliki hambatan mental intelektual yang berarti, sehingga dimungkinkan belajar di sekolah Inklusi. Keunggulan sekolah inklusi adalah, ABK belajar dan bergaul bersama dengan anak umum, sehingga pola pikir ABK mau tidak mau terdorong untuk berkembang sesuai usia perkembangan anak pada umumnya.

Baca Juga: Cerita pendek singkat untuk anak

ABK di SLB

SLB pada dasarnya adalah tempat yang cocok untuk mengembangkan semua jenis kekhususan anak berkebutuhan khusus. Disini anak dididik bersama anak berkebutuhan khusus lainnya. Keunggulan di SLB adalah anak dididik berbagai keterampilan hidup serta pembelajaran akademik yang bersifat fungsional.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan menambah informasi anda para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga  15 Soal IPAS SMALB (IPA dan IPS) di SLB
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search