Perbedaan Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB (Sekolah Khusus)

By | Maret 12, 2021

Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB (Sekolah Khusus) mungkin sering kita dengar namun kita kurang mengetahui pengertiannya. Atau kita hanya mengenal salah satu saja namun tidak mengerti yang lainnya. Oleh karena itu melalui artikel ini akan dibahas pengertian masing-masing dari Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB sehingga kita bisa membedakannya.

Baik, langsung saja berikut ini adalah perbedaan perbedaan Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB yang merupakan jenis-jenis sekolah yang ada di Indonesia.

Perbedaan perbedaan Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB

Sekolah Umum Inklusi dan SLB
Suasana sekolah via wsls.com

Sekolah Umum

Sekolah umum atau biasa juga disebut sekolah regular adalah pendidikan tingkat dasar ataupun menengah yang berfokus pada perluasan pengetahuan bagi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Sekolah ini bisa berbentuk SD (sekolah dasar), SMP (sekolah menengah pertama) dan SMA (sekolah menengah atas). Pada sekolah ini umumnya tidak terdapat program khusus di dalamnya.

Sekolah Inklusi

Sekolah Inklusi merupakan jenis sekolah baru yang ada di Indonesia. Sekolah inklusi sendiri merupakan sekolah dimana anak umum dan anak yang berkebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunadaksa, autis, atau kekhususan lainnya, untuk belajar dalam satu kelas.

Pada umumnya di sekolah inklusi selain ada guru umum terdapat juga guru pembimbing khusus yang memiliki latar belakang jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dimana guru khusus tersebut berfokus pada anak berkebutuhan khusus agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Tidak semua anak berkebutuhan khusus bisa masuk di sekolah inklusi. Tentu ada kriterianya apakah siswa tersebut dengan bimbingan bisa mengikuti pembelajaran. Bagi yang memenuhi bisa masuk tetapi bila tidak memungkinkan, siswa tersebut akan lebih baik bila masuk ke sekolah luar biasa (SLB).

Baca Juga  7 Keterampilan Vokasional Yang Dapat Diajarkan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Sekolah Luar Biasa (SLB)

SLB (Sekolah Luar Biasa) juga biasa disebut sekolah khusus merupakan sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan anak berkebutuhan khusus baik tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, autis, dan kekhususan lainnya agar menjadi pribadi yang mandiri sesuai potensinya.

Di sekolah ini materinya berbeda dengan sekolah umum dimana bersifat akademik fungsional untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian di SLB anak dilatih supaya nantinya bisa mandiri sesuai dengan potensinya yang ada.

Itulah tadi perbedaan Sekolah Umum, Inklusi, dan SLB. Bagaimana, apakah anda sudah memahami perbedaanya?. Bila ada pertanyaan silahkan untuk berdiskusi di dalam kolom komentar. Baca juga artikel lainnya tentang dunia pendidikan di situs ini, terima kasih.