4 Sekolah Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Yang Bisa Jadi Pilihan

By | Maret 20, 2021

Sekolah Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan mendidik anak seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, atau kekhususan lainnya agar supaya mereka mampu mandiri sesuai dengan potensi dan kemampuannya.

Saat ini terdapat beberapa jenis sekolah yang bisa menjadi pilihan untuk belajar. Demikian pula sekolah anak berkebutuhan khusus terdapat berbagai jenis. Untuk mana yang terbaik maka dapat dikatan semua baik, sekarang bergantung pada kemampuan kondisi anak, serta pertimbangan lain misalnya jarak sekolah dengan rumah.

Sekolah untuk ABK
Sekolah untuk ABK via alleducationschools.com

Bagi anda orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) dan ingin menyekolahkannya. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis sekolah yang bisa menjadi pilihan atau paling tidak menjadi pertimbangan dan gambaran sebelum anda memutuskan.

Jenis Sekolah Untuk ABK

1. SLB Umum

Sekolah Luar Biasa (SLB) umum merupakan sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus dengan berbagai latar belakang ketunaan dalam satu sekolah. Di dalam SLB umum terdapat berbagai jurusan antara lain jurusan A=tunanetra (hambatan penglihatan), B=tunarungu (hambatan pendengaran), C=tunagrahita (hambatan intektual), D=tunadaksa (hambatan fisik), E=tunalaras (hambatan perilaku), autis (hambatan interaksi sosial), serta hambatan yang lain.

Sekedar informasi, sebagian besar SLB yang berstatus Negeri merupakan SLB umum, dimana ada hampir di setiap kabupaten di Indonesia. Ketika bersekolah di SLB umum memungkinkan anak bisa berinteraksi dengan teman dari berbagai jenis ketunaan.

2. SLB Khusus

Bila SLB umum menerima berbagai latar belakang ketunaan. Maka SLB khusus merupakan sekolah yang menerima peserta didik hanya salah satu ketunaan misalnya sekolah khusus autism aka dalam sekolah tersebut hanya menerima siswa dengan kondisi autis.

Di Indonesia banyak SLB khusus yang berstatus swasta beberapa contohnya seperti SLB Autis Dian Amanah, SLB A (tunanetra) Yaketunis, SLB B (tunarungu) Pangudi Luhur, Ataupun SLB khusus yang ada di daerah anda.

Baca Juga  5 Homeschooling Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

3. Sekolah Inklusi

Sekolah Inklusi merupakan jenis sekolah yang tergolong baru di Indonesia. Sekolah ini memungkinkan siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dan siswa umum belajar dalam satu sekolah. Sekarang ini sudah mulai banyak juga SD yang berstatus sekolah Inklusi.

Tidak semua anak berkebutuhan khusus bisa bersekolah di sekolah inklusi. Bergantung dengan kondisi dan kemampuan siswa apakah dimungkinkan anak bisa mengikuti pembelajaran atau tidak. Apabila tidak bisa mengikuti akan lebih baik bila bersekolah di SLB.

4. Homeschooling

Homeschooling atau sekolah rumah adalah pendidikan jalur informal yang dilakukan di rumah. Sekarang ini homeschooling tidak hanya bagi anak umum, tetapi sudah ada pula lembaga yang membuka untuk anak berkebutuhan khusus. Sehingga memungkinkan ABK belajar di rumah.

Demikian sekolah untuk ABK (anak berkebutuhan khusus). Semoga bermanfaat dan bisa menjadi gambaran bagi anda orang tua yang ingin menyekolahkan anak anda atau saudara yang memiliki kebutuhan khusus.

One thought on “4 Sekolah Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Yang Bisa Jadi Pilihan

  1. Pingback: 5 Tantangan Guru SLB Saat Pertama Kali Mengajar di Sekolah

Comments are closed.