6 Jenis SLB Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

By | Desember 1, 2021

Anak berkebutuhan khusus sangat membutuhkan jenis sekolah yang mampu menunjang akademik untuk meningkatkan kualitas hidup. Jenis sekolah yang digunakan untuk sekolah anak berkebutuhan khusus adalah Sekolah Luar Biasa atau (SLB). Di Indonesia terdapat beberapa jenis SLB untuk anak berkebutuhan khusus yang wajib Anda ketahui.

Jenis SLB Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

SLB untuk anak berkebutuhan khusus
ilustrasi ibu dan anak berkebutuhan khusus via theconversation.com

Anak berkebutuhan khusus di Indonesia memiliki keistimewaan dalam memperoleh pendidikan karena memiliki lembaga khusus yang menaunginya. Anda wajib mengetahui informasi sekolah luar biasa yang terdapat di Indonesia. Nah berikut merupakan beberapa jenis SLB untuk anak yang berkebutuhan khusus.

SLB-A

SLB-A merupakan salah satu jenis SLB untuk tunanetra. Beberapa metode yang diajarkan untuk anak SLB-A yaitu dengan mengajarkan huruf dan tulisan braille, model benda, huruf timbul dan voice record. Beberapa alat yang digunakan akan menunjang belajar anak tunanetra.

SLB-B

SLB-B adalah jenis SLB untuk anak berkebutuhan khusus khususnya anak tunarungu. Tunarungu adalah gangguan untuk anak yang memiliki gangguan dalam pendengarannya. SLB-B ini akan mengajari anak belajar bahasa isyarat sekaligus gerakan bibir untuk lawan bicaranya untuk berkomunikasi. SLB-B juga memiliki alat bantu untuk anak tunarungu dalam hal belajarnya.

SLB-C

SLB-C adalah salah satu SLB untuk anak-anak penyandang tunagrahita atau anak yang mengalami keterbelakangan mental. Anak-anak penyandang tunagrahita ini memiliki IQ dibawah rata-rata jika dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya. SLB-C ini juga memiliki bebrapa alat yang digunakan untuk membantu metode belajar anak penyandang tunagrahita.

SLB-D

SLB-D merupakan salah satu jenis sekolah khusus untuk anak penyandang tunadaksa, dimana siswanya adalah anak yang mengalami gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan struktur tubuh. Gangguan tersebut dapat diakibatkan oleh kecelakaan maupun kondisi bawaan lainnya. Pengajar SLB-D akan memberikan beberapa edukasi untuk meningkatkan potensi diri.

Baca Juga  5 Fakta Mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

SLB-E

Baca juga: Mainan edukasi untuk tunanetra

SLB-E adalah salah satu jenis SLB yang diperuntukkan untuk anak penyandang tunalaras. Tunalaras yaitu kondisi dimana anak tidak mampu mengendalikan emosi diri dan bersikap tidak mematuhi aturan. Anak tunalaras ini akan bersikap tidak sopan dan suka mengganggu orang lain. SLB-E akan mengajarkan anak penyandang tunalaras untuk belajar mengendalikan emosi diri dan bersikap sopan.

SLB-E juga dapat mengajarkan anak bersikap jujur, baik terhadap sesame dan dapat mematuhi peraturan yang telah dibuat. Pengendalian emosional pada anak penyandang tunalaras sangat penting. Meskipun susah, namun pengajar memiliki metode khusus untuk mengajari siswanya. Selain disekolah peran orangtua juga sangat dibutuhkan untuk mendukung potensi anak.

SLB-G

SLB-G adalah salah satu jenis SLB untuk anak berkebutuhan khusus yaitu penyandang tuna gAnda. Tuna gAnda adalah salah satu kondisi dimana seseorang anak yang memiliki dua atau lebih kelainan yang terjadi pada dirinya. Misalnya anak penyandang tunanetra sekaligus tunagrahita dan sebagainya.

SLB-G disini akan memberikan metode pembelajaran akan disesuaikan dengan kelainan yang dialami oleh siswanya. Beberapa metode yang akan digunakan juga akan dilengkapi alat yang akan menunjang belajar siswa disekolah luar biasa. Kesabaran dan wawasan orangtua sangat diperlukan dalam mendidik anak berkebutuhan khusus.

Demikian jenis SLB yang dapat Anda jadikan referensi. Selain sekolah khusus peran orangtua dan lingkungan tumbuh anak berkebutuhan khusus akan berpengaruh terhadap perilaku dan kemampuannya bersosialisasi dilingkungan masyarakat seperti anak normal pada umumnya.