Terapi Vokasional: Kreasi Kain Flanel Untuk Tunagrahita Ringan

By | Desember 21, 2017

Kreasi kain flanel adalah sebuah seni yang memanfaatkan kain flanel sebagai media untuk menyalurkan ide sehingga menghasilkan karya seni yang bernilai jual. Keterampilan tersebut cocok dilatih bagi siswa siswi di sekolah termasuk tunagrahita untuk melaih kemampuan sensomotorik. kain flanel sendiri merupakan salah satu jenis kain terbuat dari wol yang dalam pembuatannya tidak melalui proses tenun, (Eka Yunita, 2004: 2).

Kreasi kain flanel untuk tunagrahita ringan

Kreasi kain flanel untuk tunagrahita ringan via fatinia.com

PENGERTIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Anak tunagrahita ringan adalah anak yang mempunyai intelegensi (IQ) diantara 50-70, sedangkan kemampuan maksimalnya dalam berfikir setara dengan anak normal pada usia 9-13 tahun. Anak tunagrahita kategori ringan ini mampu untuk menempuh pendidikan umum pada tingkat sekolah dasar. Namun, dalam pengembangan anak tunagrahita kategori ringan ini lebih menekankan pada kemampuan ketrampilan yang akan menjadi bekal dalam anak melanjutkan kehidupan secara mandiri di kemudian hari.

SEJARAH KAIN FLANEL

Menurut (Dwi Redguntari, 2007: 1), Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M. Banyak bangsa yang memiliki legenda dalam kebudayaannya tentang pembuatan kain felt atau flanel ini. Legenda dari Sumeria mengklaim bahwa pembuatan flanel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi membuat kain felt juga masih dipraktikan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat permadani, tenda atau pakaian. Di Barat flanel jugadigunakan secara luas sebagai media untuk berekspresi dalam dunia seni tekstil seperti halnya seni desain.

Baca Juga  5 Penyandang Tunanetra Berprestasi dan Menginspirasi di Indonesia

KEGUNAAN FLANEL

Flanel digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Aneka kerajinan tangan dari flanel bisa bermacam – macam, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, tempelan kulkas, bross krudung ,jepitan rambut, kalung, bando dsb. Untuk mendapatkan kain flanel ada di toko-toko perlengkapan jahit. Yang menarik dari kain flanel, menurut saya adalah warnanya yang bermacam-macam dan lembut. Dan, karena lembut itu, kain flanel aman bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan.

MEMBUAT KREASI KAIN FLANEL

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Kain flanel
  2. Tusuk jarum
  3. Dakron
  4. Benang
  5. Lem tembak
  6. Gunting

Keterampilan yang dilatih:

  1. Melatih konsentrasi
  2. Mengembangkan kreatifitas anak
  3. Melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan
  4. Sambil memperkenalkan simbol-simbol yakni: angka, huruf,dll
  5. Warna yang bermacam-macam dapat melatiha anak dalam persepsi visual yaitu membedakan warna

Langkah-langkah pembuatan

  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Membuat desain
  3. Menggunting kain flanel sesuai desain
  4. Apabila kain sudah dipotong sesuai pola maka selanjutnya adalah tahap penjaitan
  5. Proses terakhir yakni finishing dengan merapikan jahitan maupun membersihkan bekas lem.

KREASI KAIN FLANEL SEBAGAI TERAPI BAGI ATG RINGAN

Kemampuan Kognitif

Pada kerajian kreasi kain flanel dapat melatih kemampuan kognitif anak yakni dengan memasukkan unsur-unsur pembelajaran antara lain sambil membuat kerajinan anak dilatih memahami simbol-simbol. Pada aspek ini dapat diintegrasikan dalam ,mata pelajaran matematika, maupun bahasa indonesia.

Kemampuan Sosial

Pada aspek ini guru mengarahkan anak untuk membagi kedalam kelompok-kelompok, sehingga setiap kelompok dapat saling bekerja sama dalam membuat kerajinan kain flanel. Dalam kegiatan tersebut tentunya anak akan saling membantu dan bekerja sama untuk menyelesaikan kerajinan kain flanel. Kebersamaan dan kerjasama merupakan hal yang penting dalam aspek sosial. Pelajaran yang terintegrasi dalam aspek sosial yakni mata pelajaran IPS, Pendidikan kekeluargaan, dll.

Baca Juga  RPP K13 Tunadaksa Kelas II SDLB Tema Keluargaku Di SLB

Kemampuan Motorik

Kreasi kain flanel sangat cocok sekali untuk mengembangkan motorik anak dalam hal ini motorik halus yaitu berkaitan dengan keterampilan tangan khususnya pada jari. Motorik halus anak akan terlatih ketika anak melakukan kegiatan menggunting, memotong, menjahit, mengelem, ataupun kegiatan yang lain. Kegiatan tersebut dapat diintegrasikan kedalam mata pelajaran SBK

DAFTAR PUSTAKA

Dwi Retguntari. 2007. Aneka Kreasi Flanel. Jakarta: Kultum Media.

Eka Yunita. 2004. Jakarta: Kreasi Unik Dari Kain Flanel. Jakarta:Puspa Swara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *