6 Tips Melatih Anak Untuk Mengelola Keuangan Sendiri

By | Agustus 4, 2017
6 Tips Melatih Anak Untuk Mengelola Keuangan Sendiri

6 Tips Melatih Anak Untuk Mengelola Keuangan Sendiri via kompas.com

Bagi para orang tua yang sering memberikan uang jajan kepada buah hati sebaiknya juga sedikit demi sedikit melatih mereka agar mampu mengelola keuangan sejak dini. Tak dapat dipungkiri masih banyak orang tua yang justru membiarkan anak menggunakan semua uang mereka miliki untuk membeli apapun yang mereka inginkan. Padahal kebiasaan tersebut akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang boros dan tidak bijak dalam menggunakan uang.

Dengan melatih anak mengelola keuangan sendiri sejak dini, maka orang tua juga ikut mengajarkan anak untuk menghargai uang sehingga kelak ketika dewasa mereka bisa menggunakan uang dengan baik. Bagi para orang tua yang ingin melatih buah hatinya dalam mengelola keuangan, maka berikut ini akan dijelaskan tips melatih anak untuk mengelola uang sendiri yang dimiliki.

1. Memberi uang sebagai tanggung jawab
Dengan memberikan uang kepada buah hati, maka Anda akan membantu anak untuk mengenal uang serta belajar pula untuk menggunakannya. Selain itu, buah hati Anda juga akan belajar untuk mengerti, bahwa setiap orang memiliki jumlah uang yang berbeda sehingga buah hati Anda akan belajar bersyukur dengan uang yang mereka peroleh dan miliki.

2. Ajarkan untuk menabung
Meskipun masih dini, namun sebaiknya buah hati Anda harus tahu, bahwa uang merupakan alat transaksi yang sah digunakan untuk membeli segala sesuatu. Selain itu, tanamkan pula kebiasaan menabung pada anak sehingga kelak tabungan tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan nanti. Dengan menabung mereka akan terbiasa menyisihkan sebagian uang dan tidak dihabiskan sehingga mencegah dari sifat boros.

Baca Juga  Konsep Dasar Mengenai Motivasi Belajar Pada Siswa

3. Ajarkan untuk berbagi kepada sesama
Sebagai ungkapan rasa syukur atas uang yang dimiliki, maka ajarkan pada buah hati untuk berbagai kepada sesama terutama pada orang-orang yang membutuhkan. Dengan berbagai, maka buah hati akan diajarkan pula tentang kasih sayang dan menghindarkan mereka dari sifat pelit dan egois.

4. Belajar mencatat segala transaksi yang dilakukan oleh buah hati
Anda bisa memberikan kebebasan kepada buah hati untuk menggunakan uang jajannya, namun harus tetap dicatat setiap transaksi pengeluaran yang dilakukan. Buah hati juga akan dididik untuk belajar menjadi pribadi yang jujur, teliti dan disiplin.

5. Ajaklah buah hati untuk ikut campur dengan keuangan keluarga
Sejak dini sebaiknya libatkan buah hati untuk mengelola keuangan keluarga sehingga mereka akan terbiasa untuk memberikan pendapat dalam pengambilan keputusan dalam keluarga.

6. Tidak boleh berhutang
Sebagai orang tua Anda harus membiasakan buah hati agar bijak dalam menggunakan uang. Dalam kondisi mendesak, buah hati boleh menggunakan uang tabungan mereka dan tidak untuk berhutang. Selain itu, bantulah buah hati untuk menentukan kebutuhan mereka yang penting dan memangkas kebutuhan yang tidak penting.

Baca Juga  Melatih Berhemat Sejak Dini: 10 Cara Agar Anak Anda Tidak Jajan Boros

Itulah penjelasan mengenai tips melatih anak untuk mengelola keuangan sendiri. Berdasarkan penjelasan di atas kini para orang tua tak perlu khawatir jika ingin mengajarkan pengelolaan uang karena tips di atas mudah untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *