6 Tips Mendidik Anak yang Memiliki Kebutuhan Khusus

By | November 16, 2021

Anak merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita rawat dan kita jaga sepenuh hati bagaimanapun kondisinya. Untuk itu diperlukan pendekatan karakter dan emosional untuk mendidiknya. Begitupula dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus, tentu saja membutuhkan perhatian yang lebih. Anda perlu informasi tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Tips Mendidik Anak yang Memiliki Kebutuhan Khusus

tips mendidik anak
Ilustrasi ABK atau anak berkebutuhan khusus via sunrisemedical.com

Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus umumnya memiliki perilaku yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus antara lain yaitu tunanetra, tunarungu, tunalaras, tunadaksa, tunagrahita, cerebral palsy, gifted, autism, Asperger disorder (AD), retss’ disorder, ADHD, anak lamban belajar dan anak yang memiliki kesulitan dalam belajar hal tertentu.

Berikut ini beberapa tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus yang bisa diterapkan.

1. Persiapkan Lingkungan yang Nyaman

Tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus pertama yaitu Anda harus menggunakan ruangan yang nyaman di sekolah (bagi guru) dan ruangan belajar yang nyaman (bagi orangtua). Lingkungan yang nyaman untuk belajar akan meningkatkan respons anak yang memiliki kebutuhan khusus. Lingkungan yang naman dibuat dengan membuat suasana yang tenang dan harmonis.

Lingkungan yang nyaman untuk belajar bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Misalnya untuk anak autis atau down syndrome, Anda dapat merancang ruangan dimana hanya di gunakan karpet dan menjauhkan benda berbahaya di dalamnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

bannerartikel

2. Mengajak Bicara Menggunakan Artikulasi dan Nada yang Jelas

Anda perlu mengajak anak berkebutuhan khusus untuk berbicara secara pelan-pelan dengan menggunakan artikulasi dan nada yang jelas. Hal tersebut akan membantu anak dalam memahami apa yang dikatakan oleh orangtua kepadanya. Kesabaran orangtua harus ekstra ketika mendidik anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga  Tanda Bayi Mengalami Down Syndrome; Jangan Sampai Lengah

3. Mengajarinya untuk Selalu Bersikap Positif

Orangtua dan guru menjadi panutan yang akan ditiru oleh anak, begitupun bagi anak berkebutuhan khusus. Anda harus memberikan perilaku-perilaku positif yang dilakukan kepada semua orang di kegiatan sehari-hari. Hal tersebut dapat membentuk karakter atau kepribadian yang baik bagi anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Tips memilih tempat studi wisata SLB

4. Belajar Menggunakan Berbagai Metode

Tidak ada salahnya Anda mempelajari berbagai metode yang digunakan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Anda dapat memilih mana metode terbaik yang dapat Anda lakukan pada anak Anda. Orangtua yang memiliki wawasan yang lebih akan menjadi nilai tambah untuk menambah pengetahuan mendidik anak berkebutuhan khusus.

5. Ajari Anak dengan Efektif dan Efisien

Pengajaran yang efektif dan efisien merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Cukup berikan pengajaran yang dibutuhkan saja pada waktu yang cukup pula. Pengajaran yang dilakukan untuk syndrome stAndarnya adalah aktif, inovatif, kreatif, dan belajar yang menyenangkan.

6. Ajak Anak Berbagi Pengalaman

Mendidik anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan berbagi cerita dari pengalaman yang pernah Anda alami. Pengalaman yang Anda ceritakan adalah pengalaman yang positif dan dapat menghibur anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri secara emosional dengan anak yang berkebutuhan khusus.

Tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus di atas dapat Anda lakukan dengan menggabungkannya dengan beberapa teknik khusus lainnya. Tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus tersebut sangat mudah dilakukan dan diterapkan dikehidupan sehari-hari.

Demikian merupakan beberapa informasi mengenai tips mendidik anak yang memiliki kebutuhan khusus. Beberapa tips tersebut dapat Anda jadikan referensi untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Perlu Anda tanamkan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang harus Anda jaga sebaik-baiknya.

Baca Juga  5 Fakta Tentang Tunagrahita Yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Komentar