5 Tips Parenting Untuk Hindari Paksaan Terhadap Anak

By | Januari 3, 2021

Pernahkah Anda membaca atau mendapat tips parenting tentang paksaan terhadap anak untuk melakukan beberapa hal yang menurut Anda baik? Banyak hal yang terlihat positif sehingga Anda memaksa anak untuk melakukannya. Artikel ini akan membuka mata Anda dimana paksaan bukan salah satu bentuk kedisiplinan.

tips parenting
ilustrasi orang tua memarahi anak via imperfectfamilies.com

Cara menghindari paksaan terhadap anak

Memang tidak salah mendisiplinkan anak. Tetapi, usia anak berpengaruh dengan jenis tindakan yang harus mereka lakukan. Pada dasarnya, orang tua harus memperhatikan bahwa mereka jangan paksa anak untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Meminta Maaf

Permintaan maaf pasti menjadi tuntutan orang tua kepada anak yang berbuat salah. Memaksa anak meminta maaf sebenarnya telah mengusik kenyamanan anak, terutama saat mereka tidak siap. Anak terkadang harus meminta maaf saat masih banyak orang di sekitarnya.

Tentu hal ini akan membuatnya malu dan tertekan. Minta anak sampaikan maaf saat Anda sudah memiliki waktu berdua saja dan berikan alasan yang logis.

Baca Juga: melatih keterampilan sosial pada anak

2. Membaca

Anda terus memaksa anak membaca padahal mereka sudah terlanjur ‘lengket’ dengan gadget. Memperkenalkan pentingnya membaca kepada anak harus melalui contoh konkret. Ajak mereka sama-sama membaca, dan beri bacaan menarik.

Anda dapat membacakannya dengan intonasi yang menyenangkan. Anda pun harus memberi contoh. Jangan sampai Anda paksa anak membaca tetapi Anda sendiri asyik dengan gadget.

3. Berbagi

Mengajar untuk berbagi dapat dilakukan pada anak setelah berusia tiga tahun. Di bawah usia tersebut, anak masih ingin menikmati barang dan makanan miliknya.

4. Beraktivitas

Orang tua sering memaksa anak melakukan hobi yang hanya bagus menurut orang tua. Meskipun hobi tersebut positif, tetapi bukan berarti sesuai untuk semua anak. Orang tua biasanya melihat anak orang lain yang berhasil dengan hobi tersebut.

Baca Juga  5 Keterampilan modern zaman sekarang yang wajib dimiliki anak muda

5. Kedekatan fisik

Seringkah Anda meminta anak untuk mencium kerabat yang datang padahal kerabat tersebut berbeda jenis? Meski terlihat konyol, tetapi potensi terjadinya pelecehan seksual kerap terjadi dari kebiasaan ini.

Baca Juga: Supaya anak produktif di rumah

Tips parenting tersebut perlu menjadi bahan pertimbangan Anda. Anak dapat berperilaku positif tanpa paksaan, dengan komunikasi yang baik.