Apakah Tunanetra Bisa Sembuh? Simak Ulasan Berikut Ini

By | Juni 19, 2021

Tunanetra bisa sembuh?. Pertanyaan tersebut mungkin pernah terbersit pada anda orang tua yang memiliki anak dengan hambatan penglihatan. Oleh karena itu simak pada artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Siapa Tunanetra?

tunanetra bisa sembuh?
Ilustrasi anak penyandang tunanetra (buta) via thetimes.co.uk

Tunanetra merupakan seseorang yang mengalami hambatan penglihatan yang diakibatkan oleh rusaknya indra sensori penglihatan sehingga berdampak pada kemampuan seseorang dalam menangkap informasi berupa visual. Dengan layanan dan pendidikan khusus, anak tunanetra dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan potensinya.

Dalam klasifikasinya, tunanetra terbagi menjadi dua yakni buta total dan low vision. Bila buta total sama sekali tidak dapat melihat cahaya, maka pada low vision masih dapat melihat setelah digunakan alat bantu tertentu.

Penyebab tunanetra antara lain genetik, infeksi, virus, dampak obat-obatan, terpapar zat-zat berbahaya, selama kehamilan, hingga faktor dari luar seperti penyakit mata maupun dampak kecelakaan yang menyebabkan trauma pada syaraf mata.

Baca Juga: Hindari ucapan ini pada ABK

Apakah Bisa Sembuh?

Lalu apakah tunanetra bisa sembuh? Hal tersebut bergantung kondisi penyandang apakah sejak lahir, karena penyakit, ataupun trauma yang mengakibatkan rusaknya organ penglihatan. Memang ada hambatan penglihatan yang bisa disembuhkan, tetapi ada pula yang tidak bisa disembuhkan karena rusaknya organ atau syaraf di mata.

Namun untuk memastikannya bisa langsung konsultasi dengan berkunjung ke dokter spesialis mata yang ada di sekitar tempat tinggal anda supaya mengetahui kemungkinan apakah ada kemungkinan ketunanetraan yang dialami anak atau saudara anda bisa disembuhkan baik melalui pengobatan maupun operasi.

Bagaimana Bila Tidak Bisa Sembuh?

tunanetra bermain piano
Tunanetra bermain piano via ajc.com

Pada awalnya tentunya sulit untuk menerima keadaan memiliki anak yang mengalami tunanetra. Tetapi yang perlu diketahui bahwa mereka bisa berkembang dengan baik bila diberikan layanan atau pendidikan khusus sejak dini. Banyak penyandang hambatan penglihatan setelah sekolah baik di SLB maupun sekolah inklusi dimana mereka memiliki keterampilan untuk melanjutkan hidup secara mandiri.

Baca Juga  3 Anak Berkebutuhan Khusus yang Sukses

Baca Juga: Syarat menjadi guru SLB

Banyak pula dari mereka yang akhirnya melanjutkan ke perguruan tinggi. Ketika sudah selesai mereka dapat bekerja pada bidang profesi yang bergengsi. Seperti contohnya penulis memiliki teman tunanetra yang sekarang telah bekerja sebagai PNS di Provinsi Jawa Tengah, tentunya masih banyak juga contoh lainnya.

Demikian artikel mengenai apakah tunanetra (buta) bisa sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

2 thoughts on “Apakah Tunanetra Bisa Sembuh? Simak Ulasan Berikut Ini

  1. Pingback: Pengalaman Masuk Kuliah di Jurusan PLB Jalur Seleksi Mandiri (SM)

  2. Pingback: 5 Fakta Tentang Tunanetra Yang Perlu Anda Ketahui

Comments are closed.