6 Cara Disukai Dosen Agar Dapat Nilai IPK Tinggi

By | Juli 2, 2022

Cara disukai dosen ini bisa mahasiswa terapkan supaya mendapatkan nilai IPK yang tinggi, sehingga kamu tidak perlu untuk mengulang mata kuliah. Dengan demikian kamu nantinya dapat lulus kuliah dengan tepat waktu.

Beberapa cara atau tips ini sangat sederhana dan bisa dilakukan tanpa kamu (mahasiswa) harus mendapatkan nilai terbaik dalam ujian. Cara ini penting untuk diketahui oleh mahasiswa baru sehingga bisa dilakukan sejak awal kuliah. Namun yang terpenting kamu harus konsisten dalam melakukan atau menerapkannya dalam perkuliahan.

cara disukai dosen
Dosen sedang mengajar via timeshighereducation.com

Lalu apa saja cara agar disukai dosen sehingga kamu bisa memperoleh nilai IPK yang tinggi?. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak dalam artikel ini hingga selesai.

Tips disenangi dosen

1. Sering bertanya mengenai materi yang disampaikan

Cara dusukai dosen yang pertama adalah kamu harus sering bertanya. Umumnya dalam paparan materi diakhir sebelum pembelajaran ditutup, dosen akan bertanya mengenai hal-hal yang belum jelas atau belum dipahami.

bannerartikel

Nah kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk langsung mengangkat tangan dan bertanya. Dengan bertanya nantinya kamu akan diihafal oleh dosen sehingga menjadi pertimbangan untuk memberi tambahan nilai kepada kamu. Apabila dosen tidak menawarkan untuk bertanya maka kamu bisa berinisiatif untuk langsung bertanya.

2. Aktif dalam diskusi

Dalam perkuliahan umumnya dosen akan memberikan sedikit paparan dan nantinya dilanjutkan dengan diskusi. Nah dalam kegiatan diskusi, kamu harus aktif misalnya bertanya maupun memberikan pendapat atau argumentasi. Dalam kegiatan diskusi dosen akan melihat keaktifan setiap mahasiswa dan menjadi pertimbangan dalam memberikan tambahan nilai bagi mahasiswa.

3. Berlaku sopan dan santun

Berlaku sopan dan santun merupakan etika mendasar dalam hal apapun. Dalam perkuliahan kita harus menghormati dosen karena beliau adalah guru kita. Kesalahan yang seringkali dilakukan mahasiswa adalah cara menghubungi dosen yang kurang sopan.

Baca Juga  4 Pengertian Meme Menurut Ahli (Hingga Sejarah & Contohnya)

Walaupun hanya dengan menggunakan WA tetapi kamu harus menyusun kata-kata dengan baik. Awali dengan salam, perkenalkan dirimu, mohon maaf sudah mengganggu, dan jangan lupa ucapan terima kasih. Jangan sampai kamu WA dosen seperti menghubungi teman.

4. Tertib mengikuti kelas

Absensi merupakan salah satu indikator dalam pemberian nilai. Pastikan kamu tertib untuk mengikuti jadwal kuliah. Kamu juga harus datang ke kelas dengan tepat waktu sesuai jadwal. Dengan tertib mengikuti perkuliahan dan absen yang penuh maka nilaimu juga akan lebih baik dibandingkan orang yang jarang masuk perkuliahan.

5. Mengumpulkan tugas tepat waktu

Mengumpulkan tugas tepat waktu adalah hal yang penting dalam memberikan kamu nilai yang tinggi atau rendah. Pastikan kamu tertib mengumpulkan tugas karena bila dosen tidak menemukan tugasmu maka dosen tentunya tidak akan ragu untuk tidak memberimu nilai. Tugas yang kamu kerjakan juga harus berkualitas, jangan mengumpulkan tugas yang apa adanya apalagi hanya copas.

6. Sering membantu dosen

Cara disukai dosen selanjutnya adalah sering membantu beliau. Kamu bisa menawarkan diri untuk membantu membawakan barang yang dibawa misalnya laptop atau tas ke kelas. Dengan begitu dosen akan hafal denganmu. Tentunya cara ini bisa menjadi salah satu upaya kamu agar disenangi dosen dan mendapat nilai IPK yang tinggi.

Demikianlah cara disukai dosen dan mendapat nilai IPK tinggi, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar