Beranda Dunia Kampus 15 Universitas Yang Membuka Jurusan Desain Interior di Indonesia

Saat ini jurusan desain termasuk juga jurusan desain interior memiliki banyak peminat. Tentunya hal ini tak lepas dari kian tingginya kesadaran seseorang untuk memaksimalkan fungsi ruangan terbatas tanpa mengindahkan rasa nyaman. Dunia desain interior akan membuatmu belajar tentang perencanaan tata letak serta perancangan ruangan. Jadi tak hanya berkutat pada interior desain nya saja namun juga kepada nilai estetikanya.

Ketika hendak memasuki jurusan interior, beberapa orang beranggapan jika kita harus memiliki skill gambar. Memang beberapa kampus ada yang menerapkan syarat tersebut, namun tidak semuanya. Beberapa kampus tidak menerapkan aturan ini. Jadi jika skill menggambarmu biasa-biasa saja, Kamu tetap bisa masuk jurusan desain interior.

Nah, bagi Kamu yang sedang mengincar jurusan desain interior, sudahkah Kamu mendapat kampus yang tepat? Jika belum pada artikel dibawah ini Kami akan berikan beberapa rekomendasi kampus yang mungkin akan membantumu menentukan pilihan.

Desain Interior
Desain Interior

Universitas dengan Jurusan Desain Interior

Jurusan desain interior memiliki prospek kerja yang luas. Bisa bekerja sama dengan arsitek atau kontraktor, dekorior interior, pembuat furniture hingga bekerja secara mandiri dengan langsung merujuk ke klien. Untuk besaran gaji variatif mulai dari 2jutaan hingga 9jutaan atau bahkan bisa lebih jika mendapatkan proyek yang besar. Penghasilan inipun akan kian meningkat seiring dengan semakin profesionalnya Kamu dalam mengerjakan berbagai proyek.

Sekarang ini kebutuhan akan lulusan desain interior kian banyak. Jadi bisa dikatakan jika kelak lulusan desain interior akan memiliki masa depan yang cerah. Berikut beberapa universitas yang bisa dijadikan pilihan.

1. Universitas Kristen Petra

Jurusan Desain Interior Universitas Kristen petra
Universitas Kristen petra

Jurusan desain interior masuk dalam bagian Fakultas Seni dan Desain. Sejak tahun 1998, fakultas ini memang tengah menaungi 3 jurusan yakni Internationa Program in Digital Media, Desain Komunikasi Visual dan juga Desain Interior. Adapun untuk jurusan desain interior disini juga masih dipilah menjadi dua peminatan yakni Desain Interior dan Styling serta Desain Produk Interior.

2. Institut Teknologi Nasional Bandung

Jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional Bandung
Institut Teknologi Nasional Bandung

Dalam program studi desain interior nantinya Kamu akan belajar banyak ilmu terkait perancangan ruang interior beserta furniture didalamnya. Setelah itu penyusunan program dan pencitraan suasana ruang.

Lulusan Desain Interior Itenas diharapkan memiliki jiwa wirausaha dan juga kreativitas yang tinggi kedapannya. Diharapkan pula jika para alumni mampu membuat beragam karya baik itu sebagai asisten peneliti bidang desain interior, wirausaha bidang interior dan furniture, serta desainer muda.

3. Institut Seni Indonesia Denpasar

Institut Seni Indonesia Denpasar
Institut Seni Indonesia Denpasar

Jika Kamu ingin kuliah dengan banyak tempat liburan pelepas penat maka ISI Denpasar bisa jadi solusi. Jurusan desain interior di ISI Denpasar diajari untuk selalu tidak ragu dalam mengeksplorasi. Para mahasiswa juga belajar tentang kedisiplinan, menggambar, menguji, membuat model, teliti dan terampil.

4. Universitas Sebelas Maret

UNS
UNS

Prodi desain interior di UNS ini berada dibawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Peminat akan jurusan inipun juga kian meningkat tipa tahun. Tak heran mengingat prospek pekerjaan ini yang luas.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jurusan desain interior bisa ditemui di ISI Yogyakarta. Kuotanya dari tahun ke tahun juga kian ditingkatkan seiring peminatnya yang kian bertambah. Misalnya saja untuk tahun 2019 lalu yang hanya dibuka kuota 40 mahasiswa, namun pendaftar sudah sangat membludak yakni pada angka 356 orang.

6. Institut Teknologi Bandung

Jurusan Desain Interior ITB
ITB

Di awal berdirinya ITB, yakni pada tahun 1959, nama jurusan ini adalah Seni Interior dan Seni Lukis. Dulu peminat dari jurusan ini bisa dikatakan sangat sedikit. Namun seiring dengan banyaknya kebutuhan akan para ahli desain interior, maka jurusan inipun menjadi kian tinggi peminatnya. Jurusan ini berada dibawah naungan Departemen Perencanaan dan Seni Rupa.

7. Universitas Telkom

Universitas Telkom
Universitas Telkom

Universitas yang berada di Bandung ini memiliki jurusan desain interior yang patut untuk diperhitungkan. Bahkan hampir semua lulusan dari Universitas Telkom jurusan desain interior ini berhasil berkarya secara mandiri atau menjadi seorang creativepreneur.

Jurusan yang berada dibawah naungan Fakultas Industri Kreatif ini menerapkan Information Communication and Technology yang membuat lulusan dari universitas ini bisa bersaing secara global.

8. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha

Program studi desain interior selanjutnya bisa ditemui di Universitas Kristen Maranatha. Salah satu tujuan mereka yakni untuk mempersiapkan lulusan yang ahli dalam penguasaan desain interior dan memiliki karakter yang mandiri serta memiliki kelebihan sesuai bakat minatnya.

Baca Juga: Jurusan kuliah untuk anak SMK

9. Universitas Bina Nusantara

Jurusan Desain Interior Binus
Binus

Meskipun ini adalah sebuah kampus swasta, namun kualitas pendidikan dari Binus bisa disandingkan dengan kampus negeri lainnya. Bahkan Binus juga kerap masuk dalam jajaran universitas Indonesia terbaik versi THE WUR.

Desain interior juga merupakan bagian dari Universitas Binus. Tak hanya dibekali dengan kualitas pendidikan yang mumpuni, fasilitas disini juga sangat lengkap untuk menunjang pendidikan.

10. Universitas Trisakti

Trisakti
Trisakti

Desain interior berada di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Perkembangan desain interior di Unversitas Trisakti sama halnya dengan di kampus lainnya yang selalu mengikuti perkembangan industri kekinian.

11. Universitas Pelita Harapan

Pelita Harapan
Pelita Harapan

Para mahasiswa yang kuliah desain interior disini akan dimudahkan dengan lengkapnya fasilitas yang ada. Selain iu desain interior disini juga akan mendapatkan praktik digital seperti desain atau rancangan dengan Rhino, 3D Max dan CAD.

12. Universitas Indonesia

Jurusan Desain Interior UI
UI

Sebagai salah satu kampus bergengsi di Indonesia, UI juga memiliki kuliah jurusan bidang desain interior. Di Universitas Indonesia, jurusan tersebut dinamakan jurusan arsitektur interior. Jangan khawatirkan untuk masalah kurikulum atau fasilitas karena UI tentu saja memilikinya dan melengkapinya.

13. Institut Seni Indonesia Surakarta

Isi Surakarta
Isi Surakarta

Tak hanya ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta, ISI Surakarta juga memiliki program studi desain interior. Jadi tak perlu jauh ke Yogyakarta atau ke Denpasar, karena jika Kamu berada di kawasan Surakarta, lebih baik langsung kesini saja.

14. Institut Sepuluh November

Jurusan Desain Interior ITS surabaya
ITS surabaya

Jika Kamu berlokasi di kawasan Jawa Timur, Institute Sepuluh November siap menerima mahasiswa jurusan desain interior. Jurusan ini saat ini juga kian popular terbukti dari peminatnya yang bertambah dari tahun ke tahun.

15. Universitas Tarumanegara

Jurusan Desain Interior UNTAR
UNTAR

Dalam daftar 15 kampus di Indonesia yang membuka program studi desain interior, maka UNTAR adalah jawabannya. Berlokasi di Jakarta, bisa menjadi opsi bagi calon mahasiswa di sekitarannya untuk masuk kesini. Ya, daripada jauh-jauh maka lebih baik pilih yang dekat bukan?

Itulah deretan 15 kampus untuk kuliah desain interior yang bisa dipilih. Dari 15 kampus diatas apakah sudah menentukan mana yang hendak Kamu pilih? Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum menentukan pilihan, misalnya dari biaya sekolah, biaya hidup, tempat tinggal, dan kebutuhan-kebutuhan sekolah. Jika Kamu kesulitan dalam memutuskan, disarankan untuk berkonsultasi baik dengan guru, orangtua atau jasa konsultan pendidikan.

Kampus manapun yang Kamu pilih, semoga Kamu diterima di kampus impianmu tersebut.

Baca Juga  9 Inspirasi Foto Wisuda Outdoor: Unik dan Menarik
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search