Kuliah Jurusan Manajemen, Ini 15 Rekomendasi Kampusnya

By | Januari 27, 2022

Kuliah jurusan manajemen merupakan salah satu yang laris manis sekarang. Beberapa orang beranggapan jika lulus dari perguruan tinggi berjurusan bisnis manajemen maka dirinya akan lekas sukses.

Bahkan beberapa orang mengatakan jika semakin baik universitasnya maka kian besar pula kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di institusi besar seperti Goldman Sachs, JPMorgan, dan institusi investasi lainnya. Nah, setiap tahunnya beberapa perusahaan pendidikan merilis peringkat universitas terbaik di dunia dalam berbagai jurusan, salah satunya dalam bidang bisnis dan manajemen.

Lantas perguruan tinggi mana saja yang mendapatkan peringkat kuliah jurusan manajemen terbaik? Dibawah ini kami berikan 15 rekomendasi kuliah versi terbaik dunia dan terbaik di Asia. Nah, dari ke-15 rekomendasi tersebut mungkin salah satunya adalah pilihanmu.

10 Rekomendasi Kuliah Jurusan Manajemen Terbaik Dunia

THE (Times Higher Education) sebuah lembaga pemeringkatan pendidikan kembali merilis daftar universitas dunia terbaik lewat World University Ranking 2022. Nama sepuluh universitas terbaik telah rilis untuk WUR bidang bisnis dan ekonomi.

Dilansir dari laman timeshighereducation.com, pemeringkatan untuk bidang bisnis dan ekonomi ini berdasarkan dari 3 disiplin ilmu yakni bisnis dan manajemen, akuntasi dan keuangan serta ekonomi dan ekomonetrika.

Untuk bidang ini pemeringkatan dilakukan atas 795 universitas. Angka ini naik 3 angka dari tahun lalu yakni 792. Sedangkan penilaian yang digunakan masih tetap sama dengan tahun lalu yakni meliputi pengajaran, penelitian, volume, sitasi, international outlook, industry income.
Lantas universitas mana saja yang masuk 10 besar THE WUR 2022 bidang bisnis dan ekonomi? Berikut daftarnya:

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Kuliah Jurusan Manajemen Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT sejak dulu dikenal sebagai kampus dengan disiplin ilmu bidang sains dan teknologi terbaik. Namun ternyata kampus ini termasuk dalam jajaran terbaik untuk bidang bisnis manajeman. Bahkan di tahun ini THE WUR memasukkannya ke peringkat pertama.

2. Stanford University

Kuliah Jurusan Manajemen Stanford University
Stanford University

Stanford sudah menjadi salah satu tempat kuliah terbaik di Amerika Serikat. Hal ini dibuktikan banyaknya pemerolehan nobel sejak tahun 1952. Selain itu untuk bidang manajemen, Stanford merupakan tempat kuliah jurusan manajemen paling prestisius di Amerika Serikat.

3. University of Cambridge

Kuliah Jurusan Manajemen University of Cambridge
University of Cambridge

Judge Business sebagai sekolah bisnis dan manajemen milik Cambridge berhasil unggul dari kampus bergengsi lainnya seperti Oxford. Tentu ini menjadi pencapaian yang luar biasa untuk Cambridge.

bannerartikel
Baca Juga  15 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan di TNI dan Polisi

4. University of Oxford

Kuliah Jurusan Manajemen University of Oxford
University of Oxford

Inggris memang tempat terbaik untuk menempuh pendidikan, utamanya dalam bidang bisnis manajemen. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Oxford dan beberapa kampus di Inggris lainnya dalam berbagai versi pemeringkatan.

5. Harvard University

Kuliah Jurusan Manajemen Harvard University
Harvard University

Kampus kenamaan ini selalu masuk dalam daftar kampus dengan kuliah jurusan manajemen terbaik di dunia. Beberapa alumni dari Harvard yang telah berhasil yakni CEO JPMorgan Jamie Dimon, Bridgewater Capital Ray Dalio dan juga Pemdiri Bloomberg Michael Bloomberg.

6. University of California

University of California
University of California

Universitas yang bertempat di kota Berkeley ini berdiri pada tahun 1868 dan menjadi salah satu universitas riset publik di Amerika Serikat. Universitas California selain memiliki jurusan manajemen yang bagus, juga bagian dari universitas riset yang berafiliasi dengan universitas California.

7. The University of Chicago

The University of Chicago
The University of Chicago

Universitas swasta ini didirikan oleh seorang pengusaha minyak bernama John D. Terletak di danau Michigan dan juga Chicago Loop, universitas ini berhasil masuk dalam jajaran 10 besar terbaik kuliah jurusan manajemen.

8. Yale University

Yale University
Yale University

Universitas Yale merupakan institusi pendidikan tertua ketiga di Amerika Serikat. Universitas yang berdiri pada tahun 1701 ini terletak di New Haven, Connecticut.

9. London School of Economics and Political Science

London School of Economics and Political Science
London School of Economics and Political Science

Universitas ini dikenal dengan politisi dan ekonom yang top. Meski begitu ternyata sekolah ini juga memiliki jurusan bisnis dan manajemen yang tidak kalah saing dengan universitas lainnya. Bahkan seperempat hadiah nobel dalam bidang ekonomi diraih oleh kampus ini.

10. Duke University

Duke University
Duke University

Universitas yang berdiri tahun 1838 di Durham ini awalnya bernama Brown School atau Trinity College. Lantas kemudian baru dikenal sebagai universitas Duke pada tahun 1924. Duke University termasuk perguruan tinggi elite yang tersohor dengan kuliah jurusan manajemennya yang sangat hebat dan tak kalah saing dari universitas tersohor lainnya.

Baca Juga: Kampus terbaik di Australia

5 Rekomendasi Kuliah Jurusan Manajemen di Asia

Sebenarnya pendidikan di Asia juga tak kalah saing dari universitas tersohor di Eropa dan Amerika. Hal ini diungkapkan dalam Financial Times, sebuah majalah berita bisnis international terkemuka. Dalam postingannya, Financial Times merilis peringkat sekolah bisnis terbaik tiap tahunnya, tak terkecuali untuk universitas bisnis terbaik di kawasan Asia.

Baca Juga  Belum Banyak Tahu, Ini 7 Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan

1. INSEAD, Singapura

INSEAD, Singapura
INSEAD, Singapura

INSEAD berhasil mengalahkan beberapa kampus bergengsi seperti Harvard, Wharton dan Stanford. Ya, basis kampus ini yakni di Prancis, dan untuk kawasan Asia INSEAD membuka cabangnya di Singapura. Nah dengan ini tentu kuliah di tempat bergengsi jadi lebih mudah dan dekat kan? Selain itu biaya hidup juga lebih murah karena tak jauh dari rumah.

2. CEIBS (China Europe International Business School)

CEIBS (China Europe International Business School)
CEIBS (China Europe International Business School)

Sekolah ini menjadi salah satu sekolah bisnis terbaik di China dan di Asia. Berlokasi di Shanghai, CEIBS memberikan tawaran beasiswa untuk bisnis berperspektif global.

3. National University of Singapore Business School

National University of Singapore Business School
National University of Singapore Business School

Universitas ini sempat mengalahkan Cambridge dan Cornell University sehingga untuk urusan bisnis dan manajemen NUS bisa diandalkan. Untuk program bisnisnya saja NUS memiliki setidaknya 120 professor yang berasal dari 19 negara berbeda. Adapun untuk siswanya juga tak kalah beragam karena sekitar 60% siswa NUS merupakan pendatang dari luar Singapura seperti Belgia, Kanada, Vietnam, dan juga Jepang.

4. HKUST Business School

HKUST Business School
HKUST Business School

Berlokasi di Hongkong, universitas yang secara global mendapat peringkat 22 ini juga mendapatkan peringkat 4 di Asia, serta peringkat 1 di Hong Kong. HKUST Business School sangatlah diminati siswa pendatang, hal ini dibuktikan dari 90% siswa dalam program ini yakni siswa internasional yang berasal dari 15 negara atau lebih.

Kampus ini memiliki fokus utama dalam teknologi, namun untuk kuliah jurusan manajemen juga tak kalah saing.

5. Indian School of Business

Indian School of Business
Indian School of Business

Sekolah bisnis ini patut untuk dipertimbangkan. Indian School of Business memiliki akreditas 3 kali lipat yakni EQUIS, AMBA dan juga AACSB. Tak hanya itu Indian School of Business juga bermitra dengan beberapa sekolah bergengsi lain seperti Sloan School of Management MIT, London Business School dan The Wharton School.

Diatas adalah 5 rekomendasi kuliah jurusan manajemen di Asia yang tak kalah saing dari sekolah di kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Pada intinya memang peringkat sebuah kampus merupakan pertimbangan utama, namun pastikan pula jika Kamu juga memiliki tekad yang tinggi pula. Karena rasanya mubazir jika sudah melanjutkan sekolah hingga ke luar negeri namun tekad masih maju mundur.
Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu.

3 thoughts on “Kuliah Jurusan Manajemen, Ini 15 Rekomendasi Kampusnya

  1. Pingback: Belum Banyak Tahu, Ini 7 Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan

  2. Pingback: 5 Jurusan Yang Sering Dibutuhkan Mendaftar Perwira Karier TNI/POLRI

  3. Pingback: Panduan Lengkap Cara Daftar Kuliah di Luar Negeri

Tinggalkan Komentar