20 Kampus Terbaik di Australia Tahun 2022

By | Januari 11, 2022

Australia selain menjadi destinasi tujuan wisata, juga menjadi tujuan pendidikan terfavorit para pelajar Indonesia. Selain memang karena dekat dengan Indonesia, Australia juga terkenal memiliki kualitas pendidikan yang sangat mumpuni. Tak hanya satu atau dua, ada banyak kampus terbaik di Australia yang bisa dipilih. Semuanya menawarkan jenjang pendidikan terbaik yang telah diakui di seluruh dunia.

Kampus Terbaik di Australia Versi The World University Rangking 2022

australia
Bendera Australia

Salah satu hal terpenting ketika memilih kampus yakni dengan memperhatikan peringkat atau rangkingnya. Rasanya sangat mubazir jika kita sudah jauh-jauh menempuh pendidikan namun akhirnya menyesal karena sebelumnya tidak tahu peringkat atau rangkingnya. Peringkat ini sendiri ditentukan oleh banyak indikator. Beberapa diantaranya seperti reputasi akademik, rasio mahasiswa, reputasi lulusan, fasilitas, gelar dosen pengajar, dan lain sebagainya.

Lantas dimana kita bisa mengetahui peringkat kampus terbaik di suatu negara? Untuk masalah peringkat universitas, ada sebuah lembaga yang bernama Times Higher Education yang baru-baru ini merilis daftar peringkat universitas di seluruh dunia. Dalam daftar tersebut melibatkan 99 negara dengan sekitar 1600 kampus seluruh dunia. Untuk penilaiannya sendiri meliputi 4 aspek yakni international outlook, knowledfe transfer, research dan teaching.

Beberapa nama kampus terbaik di Australia seperti University of Melbourne, Monash Uiversity, Australian National University dan University of Sydney seringkali bertengger di 100 besar kampus terbaik dunia. Namun selain nama-nama kampus tersebut, masih banyak lagi kampus yang juga perlu dipertimbangkan.

Nah, lalu apa saja kampus terbaik di Australia yang bisa Kamu jadikan sebagai tempat belajar? Berikut daftar 20 kampus terbaik di Australia versi THE World University Rankings 2022.

1. University of Melbourne

Kampus Terbaik di Australia University of Melbourne
University of Melbourne

Universitas ini termasuk universitas tertua kedua di Australia. Seperti namanya, universitas ini terletak di Melbourne, Victoria dengan kampus utamanya terletak bersebelahan dengan Parkville.

Kampus terbaik di Australia ini juga menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini dibuktikan dengan reputasi dan juga peringkat yang konsisten sebagai universitas riset intensif komprehensif.

Situs: unimelb.edu.au

2. Australian National University

Kampus Terbaik di Australia Australian National University
Australian National University

Universitas ini terletak di ibu kota Australia yakni Canberra. ANU memiliki 7 fakultas utama dengan beberapa institute yang bisa dipilih. ANU juga menjadi salah satu universitas ternama dunia yang paling diminati oleh para pelajar international.

Situs: anu.edu.au

3. Universitas Queensland

Kampus Terbaik di Australia: universitas Queensland
Universitas Queensland

Berlokasi di negara bagian Queensland, kampus terbaik di Australia yang berdiri tahun 1909 ini menjadi kampus tertua kelima di Australia, atau tertua pertama di Queensland. Memiliki pengajar yang terampil menjadikan universitas ini juga masuk dalam daftar terbaik dunia.

Baca Juga  17 Universitas Jurusan PGSD Terbaik Bagi Calon Guru SD

Situs: uq.edu.au

4. Monash Unversity

Kampus Terbaik di Australia Monash Unversity
Monash Unversity

Universitas ini merupakan salah satu yang terbesar di Australia. Universitas yang didirikan pada tahun 1958 ini memiliki kampus utama yang terletak di Clayton, Victoria. Monash University masuk dalam daftar Group of Eight dengan jumlah mahasiswa mencapai 62.000 dari 130 negara.

Situs: monash.edu

5. University of Sydney

University of Sydney
University of Sydney

Berada di Sydney, institusi ini selalu masuk 50 besar universitas terbaik dunia. Beragam pilihan program bidang studi juga ada disini.

Situs: sydney.edu.au

6. University of New South Wales (UNSW)

Kampus Terbaik di Australia University of New South Wales
University of New South Wales

UNSW merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Kensington Sydney. UNSW termasuk dalam universitas unggulan di Australia dan bahkan jadi yang pertama di Australia yang mendapatkan peringkat bintang 5 plus dari QS World University Rankings.

Situs: unsw.edu.au

7. University of Adelaide

University of Adelaide
University of Adelaide

Terletak di Adelaide, universitas yang berdiri tahun 1874 ini merupakan yang ketiga tertua di Australia. Ada lebih dari 200 gelar sarjana serta pasca sarjana yang ditawarkan oleh institusi ini. Selain itu beragam fasilitas canggih juga ada disini.

Situs: adelaide.edu.au

8. The University of Western Australia

The University of Western Australia
The University of Western Australia

Ini adalah kampus terbaik di Australia yang berdiri pada tahun 1911. Dari tahun berdirinya, The University of Western Australia menjadi yang tertua di kawasan Australia barat. Kampus utamanya terletak ibu kota negara bagian yakni Perth, sedangkan kampus keduanya terletak di Albany.

Situs: uwa.edu.au

9. University of Technology Sydney

University of Technology Sydney
University of Technology Sydney

Meski tergolong masih muda karena berdiri pada tahun 1988, universitas dengan 130 progam sarjana dan 180 program pascasarjananya mampu bersaing dengan kampus pendahulunya.

Situs: uts.edu.au

10. University of Canberra

University of Canberra
University of Canberra

Meski terbilang muda karena baru berumur 30 tahunan, universitas Canberra mampu bersaing dengan kampus terbaik di Australia lainnya. Awalnya universitas ini berdiri pada tahun 1967 dengan nama Canberra bernama Canberra College of Advance Education. Lantas pada tahun 1990 barulah mendapatkan status sebagai universitas.

Situs: canberra.edu.au

11. Macquarie Unversity

Macquarie Unversity
Macquarie Unversity

Didirikan pada tahun 1964, universitas ini menjadi terbesar ketiga di kawasan Sydney. Bagi kamu yang tertarik kulaih di australia maka kampus ini bisa jadi pilihan.

Situs: mq.edu.au

12. Queensland University of Technology

Queensland University of Technology
Queensland University of Technology

Kampus terbaik di Australia ini terkenal sebagai kampus untuk dunia nyata. Hal ini tak lain karena hubungan antara pengajaran dan industri yang sangat relevan. Kampus yang terletak di Brisbane ini juga menjadi salah satu kampus terbesar di Australia.

Situs: qut.edu.au

13. Griffith University

Griffith University
Griffith University

Universitas ini berlokasi di Queesland atau di pesisir timur Australia. Universitas ini berdiri sejak tahun 1971 dengan jurusan Asian Studies dan Environmental Science.

Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Mulai Populer di Indonesia Saat Ini

Situs: griffith.edu.au

14. La Trobe University

La Trobe University
La Trobe University

Kampus terbaik di Australia ini sudah terkenal sebagai research university sejak berdirinya.

Situs: latrobe.edu.au

Baca Juga: Universitas yang ada jurusan kedokteran di indonesia

15. University of Western Sydney

University of Western Sydney
University of Western Sydney

Dikenal dengan sebutan UWS, universitas ini selalu masuk dalam deretan 600 universitas dunia.

SItus: westernsydney.edu.au

16. University of Wollongong

University of Wollongong
University of Wollongong

Terletak sekitar 80km dari Sydney, universitas ini menjadi yang pertama mendapat gelar “Australian University of The Year”. Tak hanya sekali saja, namun gelaran ini juga selama 2 tahun berturut-turut.

Situs: uow.edu.au

17. Australian Catholic University

Australian Catholic University
Australian Catholic University

ACU adalah kampus terbaik di Australia dengan 7 kampus yang tersebar di penjuru Australia.

Situs: acu.edu.au

18. Curtin University

Curtin University
Curtin University

Curtin University merupakan kampus global dengan kampus yang tersebar di berbagai penjuru dunia seperti Singapore, Mauritius, Dubai, dll.

Situs: curtin.edu.au

19. Deakin university

Deakin university
Deakin university

Menjadi salah satu kampus terbaik di Australia, Deakin University memiliki 5 kampus dan juga 4 fakultas yang bisa dijadikan pilihan. Untuk masalah prestasi, prestasi dari Deakin University sudah diakui secara internasional. Hal ini pun dibuktikan dengan masuknya nama universitas ini dalam daftar kampus terbaik di Australia versi THE World University Ranking 2022.

Situs: deakin.edu.au

20. James Cook

James Cook
James Cook

Berlokasi di North Queensland, universitas ini menjadi yang tertua kedua di Queensland. Universitas ini menekankan konsep pendidikan beserta tenaga pendidik yang bermutu. Tak hanya itu seluruh jurusan juga berfokus pada karir dengan tujuan agar setiap lulusannya bisa siap bekerja.

Situs: jcu.edu.au

Itulah 20 kampus terbaik di Australia yang bisa Anda jadikan pilihan. Nah, kira-kira adakah pilihan Anda dalam daftar diatas? Sebelumnya perlu diketahui juga jika ada istilah Group of 8 ketika Anda hendak memutuskan melanjutkan studi ke Australia. Nah, apakah Group of 8? Grup 8 merupakan sebutan dari koalisi 8 kampus terbaik di Australia.

Delapan kampus tersebut antara lain The University of Sydney, The University of Melbourne, The Australian National University, Monash University, The University of Western Australia, The University of Queensland, The University of Adelaide, dan The University of New South Wales.

Jika dilihat dari peringkatnya, kedelapan kampus tersebut selalu masuk dalam jajaran 150 kampus terbaik dunia versi QS World University Rankings. Jadi tak heran juga jika delapan kampus ini selalu menjadi rujukan utama dari para pelajar baik dalam ataupun luar negeri.
Sudahkah Anda menentukan keputusan?.

Author: Krisnan

Pribadi yang menyukai dunia anak berkebutuhan khusus, olahraga, dan menulis.

One thought on “20 Kampus Terbaik di Australia Tahun 2022

  1. Pingback: 15 Universitas Terbaik di Belanda Tahun 2022 yang Bisa Kamu Pilih

Comments are closed.