10 Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

By | Januari 5, 2022

Universitas yang ada fakultas kedokteran berikut ini bisa menjadi tambahan referensi bagi anda yang memiliki keinginan menjadi seorang dokter. Kita tahu bahwa dokter merupakan pekerjaan yang mulia karena dapat menolong banyak orang yang mengalami sakit.

Terlebih di era modern saat ini semakin banyak penyakit baru yang bermunculan. Mulai dari penyakit yang diakibatkan gaya hidup hingga virus. Oleh sebab itu bidang kedokteran sangat dibutuhkan di lapangan. Maka tidak heran banyak orang yang ingin menjadi dokter.

Namun demikian untuk menjadi dokter tidaklah mudah. Perlu banyak proses serta tahapan belajar yang perlu dilalui. Apabila anda sudah mantap ingin masuk jurusan kedokteran, berikut ini mana-mana saja universitas terbaik di Indonesia yang membuka jurusan tersebut berdasarkan situs terkenal yang merangking perguruan tinggi terbaik.

Universitas yang ada fakultas kedokteran

1. Universitas Indonesia (UI)

UI, Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran
UI

Universitas Indonesia merupakan salah satu Universitas yang ada fakultas kedokteran. Kampus yang berstatus perguruan tinggi negeri ini tidak diragukan lagi memiliki kualitas yang baik, yang dibuktikan dengan masuk peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Apabila kamu bercita-cita ingin menjadi dokter, maka bisa mengambil jurusan ilmu kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau biasa disingkat FK UI.

Alamat: Jalan Salemba Raya, Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Situs: fk.ui.ac.id

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

UGM, Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran
UGM

Kampus terbaik berikutnya yang membuka jurusan Kedokteran yakni Universitas Gajah Mada. Universitas yang berada di Yogyakarta ini terdapat Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) yang didalamnya terdapat prodi kedokteran.

Disini kamu akan belajar berbagai ilmu yang mendukung untuk menjadi seorang dokter. Untuk itu bila kamu ingin menjadi dokter maka universitas ini bisa menjadi pilihan.

Alamat: Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY

Situs: fkkmk.ugm.ac.id

3. Universitas Brawijaya (UB)

universitas brawijaya
UB

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri dengan reputasi yang baik di Indonesia. Dalam kampus ini terdapat berbagai fakultas, salah satunya adalah fakultas kedokteran.

Baca Juga  Kuliah berapa tahun? Ini Penjelasan dan Jumlah Semesternya

Bagi kamu yang tinggal di daerah Jawa timur dan sekitarnya, perguruan tinggi ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kuliah kedokteran.

Alamat: Jalan Veteran, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Situs: fk.ub.ac.id

Baca Juga: Universitas terbaik yang membuka jurusan PGSD di Indonesia

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR
UNAIR

Universitas yang ada fakultas kedokteran di Indonesia lainnya ada UNAIR atau Universitas Airlangga. Kampus yang berada di Surabaya, Jawa Timur ini merupakan salah satu kampus terkenal di Indonesia.

Kampus ini penuh dengan sejarah dimana dahulu waktu jaman Belanda bernama STOVIA. Hingga kini kampus ini konsisten mencetak dokter-dokter profesional di Indonesia. Oleh karena itu bila anda ingin kuliah kedokteran maka bisa masuk fakultas kedokteran UNAIR.

Alamat: Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Situs: fk.unair.ac.id

5. Universitas Andalas (UNAND)

UNAND Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran
UNAND

Bagi anda yang bertempat tinggal di Sumatera dan ingin berkuliah di fakultas kedokteran, maka kamu bisa memilih Universitas Andalas. Kampus yang berada di Kota Padang ini terdapat prodi kedokteran yang mencetak dokter-dokter berkualitas dan siap mengabdi bagi Negara.

Alamat: Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Situs: fk.unand.ac.id

6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY
UMY

Apabila dari tadi kita membahas Universitas yang membuka fakultas kedokteran yang berstatus Negeri. Di Indonesia juga banyak kampus swasta yang membuka fakultas kedokteran, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau disingkat UMY.

Kampus ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin kuliah kedokteran tetapi di kampus swasta. Perlu diketahui juga bahwa UMY merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Yogyakarta.

Alamat: Geblagan, Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY.

Situs: fk.umy.ac.id

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII
UII

Universitas yang membuka jurusan kedokteran selanjutnya ada Universitas Islam Indonesia (UII). Perguruan tinggi swasta ini terletak di Yogyakarta, tepatnya berada di sisi utara yakni Jl Kaliurang.

Baca Juga  Gaya Belajar Balita, Ini Kenapa Balita Sering Melakukan Hal Aneh

Untuk mencapai kampus UII dari kota Jogja dapat diakses kurang lebih 15 hingga 30 menit. Bila kamu tertarik masuk kedokteran di kampus swasta, kampus ini juga bisa menjadi pertimbangan.

Alamat: Krawitan, Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Situs: fk.uii.ac.id

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS Universitas sebelas maret
UNS

Di daerah Surakarta terdapat salah satu Kampus populer di Indonesia yang juga terdapat fakultas kedokteran, namanya adalah Universitas Sebelas Maret atau biasa disingkat UNS. Kampus yang berada dekat sungai Bengawan Solo ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri yang terkenal di Indonesia.

Alamat: Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Situs: fk.uns.ac.id

9. Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP
UNDIP

Di Semarang terdapat perguruan tinggi Negeri yang membuka fakultas kedokteran yakni Universitas Diponegoro. Disini selain kamu bisa belajar untuk menjadi seorang dokter, kamu juga bisa menikmati keindahan Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah.

Alamat: Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Situs: fk.undip.ac.id

10. Universitas Gunadarma

Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran UG
UG

Di daftar terakhir artikel ini, kampus yang membuka jurusan Kedokteran ada Universitas Gunadarma. Kampus ini merupakan kampus swasta yang juga terkenal di Indonesia. Apabila kamu ingin menjadi dokter maka kampus ini bisa menjadi pilihan untuk mengejar cita-citamu.

Alamat: Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Situs: kedokteran.gunadarma.ac.id

Demikianlah universitas yang ada fakultas kedokteran di Indonesia. Sebetulnya masih banyak sekali kampus yang membuka fakultas ataupun prodi kedokteran di Indonesia. Namun penulis hanya menulis sebanyak sepuluh kampus. Untuk kampus lainnya silahkan bisa anda cari pada artikel lainnya.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah referensi anda. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya kepada orang lain, terima kasih.

Sumber: Webometrics

2 thoughts on “10 Universitas Yang Ada Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

  1. Pingback: 20 Kampus Terbaik di Australia Tahun 2022

  2. Pingback: Kuliah Jurusan IPS, Ini 15 Prodi Favorit Yang Bisa Dipilih

Comments are closed.