15 Universitas di London Inggris yang Terbaik dan Populer Tahun 2022

By | Januari 15, 2022

London tak hanya menjadi tujuan wisata, namun juga menjadi tujuan mereka yang ingin melanjutkan kuliah. Ya, diantara begitu banyak kota di seluruh dunia London merupakan salah satu tujuan teramai untuk melanjutkan pendidikan. Banyak universitas di London yang memang berkualitas dan bergengsi seperti Cambridge dan Oxford.

Perlu diketahui, Inggris bagaikan rumah mewah yang diisi dengan banyak universitas bergengsi dan institusi berkualitas terbaik dunia dalam bidang akademik. Dan menariknya, banyak universitas di Inggris, beberapa yang terbaik kebetulan berada di ibukotanya, London.

Setidaknya ada lebih dari 20 universitas di London. Semuanya hadir dengan kelebihan dan bidang studinya masing-masing.

Mau tahu apa saja daftar universitas di London yang terbaik dan terpopuler? Simak terus artikel ini sampai habis.

Alasan harus kuliah di London

ikon london inggris
Gedung parlemen inggris via idxchannel.com

Di Inggris, London menjadi sebuah kota yang sangat ramai. Keindahannya pun tak perlu diragukan. Sehingga dijamin siapapun yang memutuskan untuk pergi ke London tentu akan langsung jatuh cinta. Selain itu dengan banyaknya universitas bergengsi di kota ini sudah jelas Anda akan banyak menemukan siswa internasional yang bersliweran.

Nah, jika Anda masih ragu untuk melanjutkan kuliah ke London atau tidak, maka beberapa alasan dibawah ini mungkin bisa membantu memantapkan niatan Anda.

1. Universitas terbaik di dunia

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di London atau Inggris, maka artinya Anda akan masuk ke lembaga/institusi terkenal dunia. Saat ini sudah ada 6 institusi di Global University Rangking yang dimiliki oleh kerajaan Inggris, dan dua diantaranya (Oxford dan Cambridge) mencetak skor masing-masing 100% untuk reputasi akademisnya.

Angka ini jelas sangat tinggi dan sangat baik sehingga London pun layak dijadikan sebagai tujuan pendidikan.

2. Memiliki kualifikasi dan gelar yang diakui Internasional

Siapapun yang melanjutkan pendidikan sarjana ataupun master di Inggris maka tentu saja dia akan memiliki nilai tambah dimata pemberi kerja seluruh dunia. Hal ini tentunya menjadi keunggulan tersendiri untuk Anda atas saingan (pelamar) lainnya.

3. Biaya yang murah

Jika dibandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Australia, biaya pendidikan di Inggris relative lebih murah. Selain biaya pendidikan yang relative murah, pengajuan visa untuk belajar di Inggris juga lebih murah dibandingkan Australia dan AS.

4. Populasi siswa terus berkembang

London memiliki banyak universitas yang artinya kemanapun Anda pergi maka Anda akan selalu bertemu dengan banyak orang. Dari tahun ke tahun populasi akan terus bertambah. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang naik tiap tahunnya. Dan hal ini terjadi disemua tingkat pendidikan.

5. Perawatan kesehatan gratis

Jika Anda belajar di Inggris selama minimal 6 bulan, Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan nasional yang sepenuhnya gratis. Untuk obat, Anda tetap harus membayarnya namun Anda hanya cukup membayar per itemnya maksimal kisaran £ 8.60. Meskipun berbayar, namun tentu saja ini tidak seberapa dengan biaya obat yang sebenarnya.

Nah, adanya kelebihan ini tentu menjadi angin segar bagi siswa-siswi yang kebingungan dengan urusan biaya kesehatan. Apalagi cuaca di UK yang ekstrim bisa jadi membuat kita gampang sakit di tahun-tahun awal ketika tubuh masih beradaptasi.

Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Mulai Populer di Indonesia Saat Ini

6. Peluang kerja

Dengan visa belajar, Anda juga bisa bekerja. Namun jenis pekerjaan disini yang dibolehkan untuk pelajar yakni pekerjaan dengan maksimal 20jam per minggu. Meski begitu jangan khawatir untuk urusan insentif. Inggris menetapkan upah minimum yang harus dibayar setiap minggunya untuk semua lini. Tentu ini adalah kabar baik bagi para mahasiswa yang juga bekerja paruh waktu. Tambahan uang jajan ini tentu bisa sedikit meringankan biaya hidup di London.

Selain memilih pekerjaan sendiri, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk magang di perusahaan besar yang telah bekerjasama dengan universitas pilihan Anda. Adapun beberapa perusahaan besar yang seringkali menjadi tempat magang yakni Rolls Royce, BBC, dan lain sebagainya.

7. Peringkat kepuasaan yang tinggi

Diantara berbagai negara didunia, Inggris menempati tingkat kepuasaan siswa tertinggi. Adapun angka yang diraih yakni 90% dari total 2.32 juta siswa menyatakan senang dengan apa yang mereka dapatkan.

Tentu saja angka ini merupakan angka yang sangat mengesankan. Dari angka ini bisa disimpulkan jika Inggris sangat direkomendasikan sebagai destinasi pendidikan luar negeri terbaik.

Baca juga: Universitas yang membuka jurusan PGSD di Indonesia

10 Peringkat Universitas Inggris Terbaik Tahun 2022

universitas di London oxford
Oxford, salah satu universitas terbaik di dunia

Dalam memilih universitas, tentunya kita harus tahu terlebih dulu bagaimana kualitasnya. Tak hanya soalan peringkat akademiknya saja, namun juga soalan biaya, lokasi dan lain sebagainya. Ya, ketika memilih universitas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Beberapa diantaranya yakni:

1. Peringkat universitas

2. Peringkat mapel

3. Peringkat penelitian

4. Kepuasan siswa

5. Biaya Hidup

6. Lokasi

7. Persentase siswa internasional

Meski begitu, hal yang paling utama dalam pemilihan universitas yakni dari peringkatnya. Jadi, semakin tinggi peringkat sebuah universitas, artinya baik akademik ataupun fasilitasnya bisa dipastikan terbaik pula.

universitas di London cambridge
Cambridge, salah satu kampus populer di dunia

Dilansir dari laman studyin-uk.id, The Times dan Sunday Times Good University Guide membuat peringkat di tahun 2022 ini. Dan dari hasil peringkat tersebut, diantara 131 universitas di Inggris, banyak universitas di London yang masuk ke peringkat atas. Bahkan dalam 10 besar peringkat terbaik di Inggris, 6 diantaranya adalah universitas di London.

1. University of St Andrews

2. University of Oxford

3. University of Cambridge

4. Imperial College London

5. London School of Economics and Political Science

6. Durham University

7. University College London

8. University of Warwick

9. University of Bath

10. Loughborough University

Dari daftar rangking diatas bisa juga disimpulkan jika London menyumbang pendidikan terbaiknya untuk Inggris dan juga seluruh dunia.

15 Peringkat Universitas di London Terbaik Tahun 2022

universitas di London Imperial College London
Imperial College London

London sebagai ibu kota memiliki banyak universitas bergengsi. Dikutip dari The Times dan Sunday Times Good University Guide, dibawah ini urutan universitas di London yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Baca Juga  Kuliah berapa tahun? Ini Penjelasan dan Jumlah Semesternya

1. University of Cambridge

Ini adalah universitas bahasa Inggris tertua kedua di dunia. Nah, di London sendiri Cambridge merupakan salah satu universitas dengan jalur masuk yang sangat ketat.

2. Imperial College London

Didirikan oleh Pangeran Albert, perguruan tinggi riset di Inggris ini sengaja didirikan untuk menggiatkan pendidikan dalam bidang sains, seni, dan perdagangan.

3. London School of Economics and Political Science

Ini merupakan salah satu perguruan tinggi konstituen di London. Universitas ini didirikan sebagai universitas riset dalam bidang sosial. 

4. University College London

Terletak di London, universitas ini merupakan institusi negeri yang didirikan pada tahun 1826. Universitas ini memiliki sekitar 100 departemen/pusat pendidikan/lembaga dengan 11 konstituen fakultas. 

5. Loughborough University

Universitas ini terletak di sebelah utara London dan telah menjadi universitas semenjak 1966. Meskipun berada di luar kota London, namun jarak yang tidak begitu jauh dari pusat kota membuatnya tetap jadi pilihan.

6. King’s College London

Universitas ini memiliki basis penelitian. Dari tahun ke tahun universitas ini terus masuk dalam 10 besar peringkat universitas terbaik di dunia.

7. Royal Holloway University of London

Universitas ini bisa dibilang sebagai universitas penelitian kelas dunia. Royal Holloway didirikan sejak tahun 1990.

8. SOAS University of London

Ini adalah satu-satunya lembaga di Eropa yang memelajari studi Afrika, Timur Tengah dan Asia. Luar biasa bukan?

9. Queen Mary, University of London

Ini adalah perguruan tinggi multi-fakultas kelas dunia yang terbesar dan modern. Disini ada 4 fakultas yakni seni, teknik dan matematika, serta ilmu sosial.

10. Newcastle University London

Universitas ini pertama kali berdiri pada tahun 1834 sebagai sekolah kedokteran dan bedah.

11. Coventry University London

Terletak tidak jauh dari London, universitas ini menawarkan kesempatan untuk kuliah di pusat kota yang dikelilingi oleh banyak perusahaan. 

12. University of the Arts London

Universitas ini masuk peringkat kedua dunia versi QS World University tahun 2020. Bidang studinya lebih berfokus pada seni, fashin, desain, komunikasi

13. City, University of London

Universitas ini berdiri pada tahun 1834 dan menjadi salah satu yang paling diminati. Terletak di Islington, Londok Utara. 

14. Goldsmiths, University of London

Universitas ini didirikan oleh keluarga Goldsmiths pada tahun 1891. Lantas pada tahun 1901 namanyapun berganti menjadi University of London. 

15. St Mary’s University

Universitas ini terletak di Straberry Hill, London Barat Daya. Universitas ini diakui sebagai universitas Katolik Roma tertua karena berdiri sejak tahun 1850. 

Diatas merupakan daftar 15 universitas di London yang sangat direkomendasikan. Nah, setelah diatas mengulas terkait universitas di London dan alasan mengapa Anda harus ke melanjutkan pendidikan ke London, jadi masihkah Anda berfikir dua kali untuk melanjutkan pendidikan ke London? Jangan terlalu banyak berfikir, siapkan dokumen Anda dan segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan pengalaman tanpa batas.

Author: Krisnan

Pribadi yang menyukai dunia anak berkebutuhan khusus, olahraga, dan menulis.