Model Ruang Kelas Yang Kreatif: Wujudkan Dengan 8 Trik Ini

By | Juli 25, 2022

Model ruang kelas yang kreatif bisa diciptakan dengan mudah. Adapun tujuan diciptakan ruang kelas yang menarik supaya siswa menjadi betah dan terpacu untuk mengeluarkan segala kreativitas yang ada. Sehingga nantinya segala bentuk pembelajaran dapat berjalan dengan lebih optimal.

Bayangkan saja ketika kita berada di dalam ruangan yang kosong atau monoton dengan berada di ruangan yang terdapat hiasan dan desain yang menarik, tentunya kita akan memilih di tempat yang kedua.

Hal tersebut dikarenakan memang manusia pada dasarnya adalah makhluk visual dimana otak manusia mayoritas terlibat dalam proses visual. Kemudian manusia juga menyukai keindahan yang mana bisa memberikan inspirasi dan membawa pada suasana hati yang lebih baik.

Model Ruang Kelas Yang Kreatif

Oiya trik yang dibahas disini tidak hanya bisa diterapkan dalam ruang kelas saja lho, tetapi juga bisa terapkan oleh Bapak atau Ibu di rumah.

Model Ruang Kelas Yang Kreatif

Lalu bagaimana sih trik untuk menciptakan ruang kelas yang memacu kreativitas? Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Memilih cat ruang kelas yang memacu kreativitas

Model ruang kelas yang kreatif  Ruang dengan tembok warna biru
Ruang dengan tembok warna biru

Langkah pertama menciptakan model ruang kelas yang kreatif yakni dengan memilih cat yang tepat untuk dinding. Dalam hal ini sebaiknya memilih warna pastel untuk dinding karena dalam psikologi warna, warna tersebut dapat memberikan ketenangan, kelembutan, dan memberikan pengaruh positif.

bannerartikel

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah warna pastel apa yang sebaiknya dipilih?. Menurut penelitian, jenis warna yang membangkitkan kreativitas yaitu warna biru. Oleh karena itu warna biru biasanya banyak dipakai pada lingkungan kerja yang berkaitan dengan dunia kreatif.

2. Pastikan ruang kelas terdapat ventilasi yang cukup

Model ruang kelas yang kreatif  Ventilasi ruangan
Ventilasi ruangan

Ventilasi merupakan lubang pada ruangan yang memungkinkan udara bisa keluar masuk. Ventilasi sangat penting supaya orang tetap nyaman berada disuatu ruangan karena oksigen dapat tercukupi dengan baik. Dampaknya adalah seseorang bisa berfikir dengan baik sehingga produktivitas meningkat.

Baca Juga  9 Tips Guru Muda Yang Baru Bekerja Agar Disukai Rekan Kerja Di Kantor

Bisa dibayangkan bila suatu ruangan kelas tidak terdapat ventilasi akan membuat siswa yang berada didalamnya akan merasa gerah, sulit berfikir, dan ruangan menjadi lembab.

3. Tempel kutipan atau kata-kata motivasi

Model ruang kelas yang kreatif  kutipan motivasi
kutipan motivasi

Kutipan atau kata-kata motivasi penting untuk ditempel dalam suatu kelas. Tujuannya adalah agar ketika siswa membaca dapat terinspirasi dan menambah semangat dalam belajar. Dalam memilih kutipan sebaiknya dipilih yang sesuai dengan usia siswa. Bila siswa masih berada di kelas kecil maka sebaiknya kutipan disertai gambar-gambar yang menarik.

4. Buat hiasan dinding atau aksen-aksen yang menarik

Model ruang kelas yang kreatif gantungan origami
gantungan origami

Hiasan dinding bisa ditambahkan supaya kreativitas siswa meningkat. Ada banyak hiasan yang bisa dibuat misalnya gambar pemandangan, bunga-bunga, pepohonan, ataupun hiasan yang digantung di kelas misalnya dibuat dengan teknik origami menggunakan kertas warna-warni.

5. Selalu jaga kebersihan ruang kelas

Model ruang kelas yang kreatif  anak duduk di kelas
anak duduk di kelas

Kebersihan sangat penting untuk mewujudkan ruang kelas yang kreatif. Ketika ruangan kelas bersih akan membuat siswa yang belajar menjadi nyaman. Misalnya saja lantai bersih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan misalnya saja permainan atau pembelajaran yang mengharuskan siswa duduk.

6. Buat papan impian atau cita-cita anak

papan cita-cita anak
papan cita-cita anak

Untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar, guru bisa membuat papan impian supaya anak terus termotivasi. Nantinya siswa diminta menuliskan cita-cita ketika dewasa dan ditempelkan dalam papan tersebut. Dengan begitu ketika anak melihat cita-cita yang telah ditulisnya akan membuat lebih semangat belajar.

7. Buat kotak saran di kelas

Kotak saran
Kotak saran

Kotak saran di kelas bisa menjadi tambahan untuk menciptakan lingkungan yang kreatif. Kotak ini bisa menampung saran atau keluh kesah siswa. Dengan begitu siswa akan terlatik mengemukakan ide atau pendapat kedalam suatu tulisan.
Nantinya saran yang terkumpul dan relevan juga bisa digunakan oleh guru untuk perbaikan pembelajaran kedepan agar menjadi lebih baik.

Baca Juga  7 Contoh Kegiatan Motorik Kasar untuk Anak TK Yang Bermanfaat

8. Tempel kalender interaktif kegiatan harian anak

Kalender interaktif
kalender interaktif

Kalender interaktif merupakan sebuah kalender yang berisi kegiatan yang dilakukan anak atau siswa setiap hari. Dalam kalender ini bisa digunakan untuk memacu jiwa kreatif anak dan menuliskan apa yang ingin dilakukan anak baik di sekolah ataupun di rumah.

Demikianlah trik untuk menciptakan ruang kelas yang kretaif untuk siswa. Bila ada cara lainnya silahkan anda tulis dalam komentar. Silahkan bagikan pula artikel ini pada orang yang membutuhkan informasi ini, terima kasih.

Tinggalkan Komentar