4 Pengertian Meme Menurut Ahli (Hingga Sejarah & Contohnya)

By | Juli 24, 2022

Pengertian meme menurut ahli berikut ini bisa menjadi tambahan referensi anda yang tertarik mengenai tren baru di jaman internet saat ini. Dalam tulisan ini di bagian akhir juga disertakan daftar Pustaka bila anda tertarik untuk membaca lebih dalam. Disini anda juga bisa mengenal lebih dalam mengenai sejarah atau asal usul istilah tersebut.

Sejarah Meme

Pengertian meme menurut ahli
ilustrasi meme

Istilah meme pertama kali diungkapkan oleh seorang ahli biologi bernama Richard Dawkins di tahun 1976 di dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Di buku tersebut ia menyebut meme untuk memberi nama pada replikator barunya.

Pengertian Meme Menurut Pendapat Para Ahli

Lalu apasih pengertian meme menurut para ahli? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Richard Dawkins (1976: 192) menjelaskan kata meme berasal dari Bahasa Yunani “mimeme”, yakni sebutan untuk satuan terkecil dari suatu budaya yang mirip seperti gen, dimana gen bisa berkembang atau memperbanyak diri satu tubuk ke tubuh yang lain melalui sperma ataupun telur, begitupun meme dapat berkembang dari satu pikiran ke pikiran yang lain lewat proses imitasi.

Dan Sperber (2013: 85), menjelaskan definisi meme yakni sebagai cultural replicator atau replikator kebudayaan serta mengistilahkan dalam kata representation atau representasi. Dan Sperber juga menjelaskan replikator merupakan suatu simbol dan asosiasi dalam pikiran manusia.

bannerartikel

Karen Schubert (2003) di dalam bukunya yang berjudul Bazar Goes Bizzare menjabarkan meme adalah sesuatu hal yang menjadi terkenal lewat Internet, diantaranya seperti gambar, video, ataupun orang. Mimema umumnya tercipta ketika ada seorang membuat ataupun mengupload sesuatu di Internet, serta menyebar dengan luas.

KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian meme adalah ide, gaya, atau perilaku yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam suatu budaya. Pengertian lainnya yakni cuplikan gambar dari acara film atau lainnya yang kemudian ditambahkan kata-kata untuk tujuan menghibur.

Baca Juga  21 Universitas Terbaik di Amerika Serikat Tahun 2022

Contoh meme terkenal di Indonesia

Pengertian meme menurut ahli meme lucu indonesia
Pengertian meme menurut ahli meme yang lucu di indonesia

Contoh meme terkenal dari luar negeri

meme dari luar negeri

Demikianlah pengertian meme menurut pendapat para ahli. Meme sekarang ini merupakan suatu budaya popular ditengah berkembangnya era internet saat ini. Banyak orang membuat atau membagikan meme dengan tujuan untuk menghibur atau tujuan lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini apabila anda rasa bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak lagi orang yang membutuhkan informasi ini, terima kasih.

Daftar Pustaka:

Dan Sperber Dalam Carlos Muricio Castano Diaz. 2013. Defining & Characterizing the Concept of Internet Meme. Copenhagen: University of Copenhagen.

Richard Dawkins. 1976. The Selfish Gene. New York: Oxford University Press.

Schubert, Karen. 2003. Bazaar goes bizarre”. USA Today. Diakses 2022-07-24.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/meme

Tinggalkan Komentar