5 Cara Cepat Menyusun Skripsi (Ketahui Trik Ini)

By | Juli 23, 2022

Cara cepat Menyusun skripsi ini bisa kamu terapkan supaya bisa segera wisuda. Skripsi merupakan tugas akhir berupa penelitian yang wajib disusun oleh mahasiswa di jenjang S1 atau strata satu. Skripsi juga merupakan syarat bagi seseorang sebelum dianugerahi gelar tertentu sesuai dengan jurusannya.

Supaya dalam menulis skripsi cepat selesai tentunya kita memerlukan usaha dan trik yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang berikut ini.

Cara Cepat Menyusun Skripsi

cara cepat menyusun skripsi
Menulis skripsi via www.timeshighereducation.com

Lalu apa saja trik cepat agar skripsi cepat selesai? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

1. Buat target & deadline

Target dan deadline sangat penting untuk kita tentukan dalam proses menulis skripsi. Fungsi dari target dan deadline ini ibarat rel supaya segala rencana kita tetap sesuai jalur yang telah ditentukan. Jangan sampai segala rencana yang kita inginkan tidak kunjung selesai tapi malah molor bahkan berantakan.

Target dan deadline ini bisa kita buat dalam selembar kertas berbentuk timeline untuk kemudian ditempel di kamar kost atau rumah. Di dalam lembar target dan deadline tersebut terdapat penjelasan misalnya judul skripsi selesai tanggal berapa, pengantar, BAB I, BAB II, BAB III dan selanjutnya hingga penutup.

bannerartikel

Pastikan kamu menulis rentang waktu dengan rinci dan buat target yang realistis dan masuk akal supaya nantinya tidak menjadi beban yang terlalu berat.

2. Temukan judul penelitian yang referensinya mudah ditemukan

Trik selanjutnya yakni ketika kita ingin memilih judul penelitian, pastikan memilih tema yang sudah banyak diteliti sebelumnya serta banyak referensi baik buku ataupun jurnal. Jangan sampai kita meneliti hal yang referensinya masih sangat jarang atau sedikit. Bukannya cepet selesai, nantinya waktu kita bisa terbuang banyak hanya untuk mencari sumber referensi.

Baca Juga  8 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Ahli

Untuk mengetahui jenis penelitian yang banyak referensinya, kamu bisa mengunjungi perpustakaan kampus. Disana kita bisa melihat rak kumpulan skripsi dan lihat judul-judul yang banyak diteliti.

3. Cari tahu jadwal dosen pembimbing

Setelah kamu mengetahui nama dosen pembimbing skripsi, pastikan untuk memperkenalkan diri dan meminta kontak beliau. Lebih baik lagi apabila kita mencari tahu jadwal dosen pembimbing skripsi supaya kita tahu posisi beliau pada hari-hari tertentu. Karena biasanya dosen memiliki aktivitas yang sibuk misal mengajar di kelas tertentu atau bahkan di fakultas lain.

Dengan mengetahui jadwal dosen, kita bisa langsung menuju lokasi dosen untuk keperluan misalnya tanda tangan atau keperluan lainnya. Apabila kita ingin melaksanakan bimbingan pastikan untuk menghubungi terlebih dahulu dengan WA atau telepon dengan tata Bahasa yang baik.

4. Temukan buku atau referensi langsung di internet

Trik supaya skripsi cepat selesai yakni mencari sumber buku di Internet. Kita bisa langsung mencari buku yang dibutuhkan di google book atau situs lainnya. Saat ini sudah banyak tersedia ebook yang ada di internet yang bisa kita baca.

Dengan begitu kita bisa menghemat waktu karena tidak harus pergi ke perpustakaan untuk mencari dan meminjam buku. Apabila di internet benar-benar terbatas maka opsi pergi ke perpustakaan bisa kita lakukan.

5. Luangkan waktu setiap hari untuk menulis

Cara cepat menyusun skripsi yang terakhir tentunya adalah meluangkan waktu untuk menulis. Pastikan setiap hari kita membuat progres. Jangan sampai satu haripun kita tidak produktif. Dengan konsisten menulis apa yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Demikianlah tips atau trik cepat menulis skripsi. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda. Bagikan juga artikel ini supaya dapat menjangkau lebih banyak lagi pembaca yang membutuhkan, terima kasih.

Baca Juga  20 Universitas Terbaik di Jerman Di Tahun 2022

Tinggalkan Komentar