Pengertian Globalisasi, Ciri, Contoh, Dampak Positif dan Negatif

By | September 23, 2022

Pengertian globalisasi adalah proses semakin menyatunya dunia yang ditandai dengan semakin tipisnya batas-batas negara, pertukaran budaya, teknologi, dan aspek lainnya sehingga setiap negara saling bergantung satu dengan lainnya.

Pada artikel ini dibahas mengenai pengertian globalisasi, kemudian ciri, contoh, hingga dampak positif dan negatif dari perkembangan jaman tersebut.

Pengertian globalisasi menurut para ahli

pengertian globalisasi
Globalisasi via unsplash

Sunarso, (2007: 221), pengertian Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem atau aturan baru yang berlaku untuk semua negara di dunia. Pada era ini sudah tidak mengenal batas wilayah, aturan lokal, regional, selanjutnya kebijakan Negara mulai menghilangkan aturan yang bisa mengurangi ruang gerak masuknya ide, nilai, pikiran ataupun gagasan.

Robertson (dalam sztompka, 2008:101) menjelaskan definisi globalisasi artinya adalah proses yang menghasilkan dunia tunggal. Pada era ini masyarakat di seluruh dunia saling terhubung dan saling bergantung di semua aspek kehidupan, baik ekonomi, politik, sosial, budaya dll.

Ciri-ciri globalisasi

Beberapa ciri-ciri dari globalisasi yakni:

1. Batas antar negara semakin tipis

2. Informasi mudah menyebar dengan cepat

3. Teknologi semakin canggih

4. Perdagangan semakin luas

5. Terjadinya pertukaran budaya

Contoh globalisasi

Contoh globalisasi di berbagai bidang diantaranya:

1. Contoh globalisasi di bidang ekonomi

Perdagangan antar negara dapat meningkatkan perekonomian suatu negara karena terjadinya kegiatan impor barang yang tidak ada disuatu negara dan ekspor barang berlebih di suatu negara ke negara yang membutuhkan sehingga terjadi kegiatan yang saling menguntungkan.

bannerartikel

2. Contoh globalisasi di bidang IPTEK

Saat ini muncul inovasi ataupun produk-produk yang sangat bermanfaat di berbagai bidang. Misalnya hadirnya smartphone mempermudah komunikasi, hadirnya teknologi bidang kesehatan, internet, dll yang sangat bermanfaat bagi manusia dan alam.

Baca Juga  16 Bentuk Kegiatan Latihan Koordinasi Sensomotorik

3. Contoh globalisasi di bidang politik

Semakin banyaknya dialog, perjanjian, konferensi, maupun kegiatan yang dilakukan antar negara di dunia untuk mencari solusi mengatasi permasalahan dunia. misalnya saja G20, G7, ASEAN, dll. Kemudian di era globalisasi sistem demokrasi juga berkembang dimana rakyat memiliki peran dalam memilih pemimpin pemerintahan. Demokrasi menggeser sistem yang dahulu banyak digunakan yakni kerajaan atau monarki.

4. Contoh globalisasi di bidang sosial

Di bidang sosial globalisasi menjadikan orang menjadi semakin mandiri berkat kemudahan teknologi yang ada. Dampaknya orang-orang menjadi lebih individualis dan bersosialisasi dengan orang lain semakin berkurang. Tentunya ini harus menjadi perhatian karena kita adalah makhluk sosial.

5. Contoh globalisasi di bidang budaya

Banyak budaya asing masik ke suatu negara misalnya saja saat ini budaya seperti KPOP yang menyebar ke seluruh dunia, film barat, kuliner, dll.

Dampak postif dan negatif globalisasi

Beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi secara umum diantaranya yakni:

Dampak positif:

1. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat

2. Informasi tersebar dengan cepat dan masif

3. Kualitas hidup menjadi semakin baik

4. Perekonomian semakin berkembang

5. Pergaulan semakin luas (antar negara)

6. Produk maupun jasa semakin beragam

Dampak negatif:

1. Budaya suatu bangsa semakin tergerus

2. Orang menjadi lebih individualis

3. Pola hidup semakin konsumtif

4. Keterampilan manusia banyak digantikan oleh robot

5. Pola perilaku manusia semakin bebas

Dampak globalisasi bagi Indonesia

Sunarso (2007: 226) menjabarkan secara lebih rinci dampak positif dan negatif globalisasi bagi Indonesia diantaranya yakni:

a. Indonesia lebih mudah untuk mendapatkan produk, jasa, maupun informasi yang dibutuhkan baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Motorik Halus Menurut Para Ahli

b. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak menjadi pasar yang menjanjikan bagi negara lain.

c. Globalisasi dengan isu demokratisasi dan HAM, tanpa sikap waspada masyarakat bisa termakan isu-isu yang tidak baik yang berkedok demokrasi, hak asasi dan kebebasan.

d. Globalisasi menjadi alat untu menyebarkan budaya asing kedalam wilayah Indonesia, tentunya kita harus bisa memilah mana yang baik dan buruk.

Apa yang harus dilakukan untuk menghadapi era globalisasi

Globalisasi adalah wujud dari perkembangan suatu jaman. Era ini tentunya tidak bisa dibendung atau dihindari. Namun yang terpenting adalah kita harus bisa menyaring dengan menerima hal-hal positif atau baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan, dan menghindari hal negatif yang bisa merugikan diri kita, orang lain, maupun Negara.

Poster tentang globalisasi

poster globalisasi
contoh poster globalisasi via broonet.com

Daftar pustaka:

Sztompka, Piotr. 2007. Sosiologi perubahan sosial. Jakarta : Prenada

Giddens, Anthony. 1982. New Rules of Sociological Method, London: Hutchincon Library.

Sunarso, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Sd Dan Mi Kelas IV. Sukoharjo: Graham Multi Grafika

Tinggalkan Komentar